30 May 2002

Email Yahoo! pada Outlook Express

(Neotek Mei 2002 - Rubrik : NeoTutor)

Tidak banyak layanan email gratis yang menyediakan fasilitas POP3 untuk pelanggannya. Dengan adanya fasilitas tersebut, pemilik email dapat memindah atau meng-copy email yang ada di server ke dalam komputer pribadi. Untuk membaca email satu persatu, pengguna tidak perlu berlama-lama di depan komputer yang online ke internet. Dengan begitu, pulsa telepon yang makin mahal, dapat lebih dihemat.

Fasilitas POP3 sebetulnya bukan sesuatu yang baru. Sejak awal perkembangan internet di tanah air, beberapa layanan email gratis telah menyediakannya. Meskipun jumlahnya cukup terbatas. Namun pada saat itu, masih sedikit dari pengguna email gratis yang mempunyai komputer sendiri dengan koneksi internet. Sehingga fasilitas tersebut tidak banyak dimanfaatkan. Untuk melihat email yang masuk dan membacanya satu-persatu, mereka harus online setiap saat.

Keadaan menjadi berubah ketika pemilik email gratisan tersebut telah memiliki komputer yang mampu online setiap saat. Entah komputer pribadi atau fasilitas kantor. Mereka menginginkan untuk mengambil setiap email yang masuk ke server pada satu saat saja dan membacanya di saat yang senggang, tanpa harus selalu terkoneksi ke internet. Untuk bernostalgia dengan surat-surat lama, mereka tidak harus online terlebih dahulu. Cukup melihat di komputer, arsip-arsip tersebut dapat dibaca setiap waktu.

Setelah ditutupnya fasilitas POP3 bebas biaya milik Netaddress (www.usa.net) yang sudah menemani para netter pada awal perkembangannya, banyak pengguna email gratis mulai beralih ke Yahoo!Mail. Selain terkenal sebagai mesin pencari yang handal, kapasitas mailbox yang diberikan cukup besar. Dan yang lebih penting, fasilitas POP3 diberikan tanpa dipungut biaya! Pengguna hanya diberikan persyaratan untuk menerima iklan-iklan sponsor melalui email masing-masing. Asalkan menghemat pengeluaran, kenapa tidak ?

Aktifkan Fasilitas
Fasilitas POP3 dari Yahoo! tidak begitu saja dapat digunakan pengguna email. Untuk mengaktifkan layanan POP3, Anda terlebih dahulu harus login ke masing-masing account. Masukkan Yahoo! ID dan password seperti biasanya untuk masuk ke masing-masing account.

Setelah ID dan password dimasukkan dengan benar, akan ditampilkan menu di sebelah kiri layar. Pilih menu Options, sehingga akan tampil pilihan beberapa fasilitas seperti di bawah ini :

Klik pilihan POP Access & Forwarding. Melalui pilihan ini, Anda dapat melempar email yang diterima ke alamat email yang lain, atau memindahkannya ke komputer pribadi dengan men-download-nya melalui software email yang dimiliki. Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan seperti pada gambar di bawah ini :

Terdapat 2 langkah yang harus dilakukan agar tujuan untuk memindahkan email dari mailbox di Yahoo! ke harddisk komputer kita dapat berhasil. Pada Step 1, klik pilihan Web and POP Access. Jika Anda hanya menginginkan untuk melempar yang diterima ke alamat email yang lain, klik pilihan di bawahnya, Forward, dan isi alamat email tujuan.

Untuk Step 2, klik pilihan HTML Messages jika Anda menginginkan surat-surat yang masuk dapat membaca format HTML, sekaligus menampilkan gambar dan hyperlink. Pilihan Text messages only dapat Anda klik jika menginginkan surat yang masuk hanya berupa teks saja.

Setelah kedua langkah tersebut dipilih, tekan tombol Submit untuk melihat konfirmasi seting yang harus dicatat.

Pada gambar di atas terlihat tabel server settings yang menampilkan alamat server POP3, server SMTP, account atau alamat email yang Anda miliki, dan password yang sengaja tidak ditampilkan. Masing-masing seting mempunyai kegunaan pada software email klien yang Anda miliki.

Server POP3 merupakan pintu masuk surat yang datang ke komputer Anda. Tanpa adanya server POP3, Anda tidak dimungkinkan untuk mengambil atau memindah email yang ada di server ke komputer pribadi. Dengan kata lain, email hanya dapat dibaca melalui web dan Anda harus terkoneksi ke Internet setiap saat untuk membaca satu persatu email yang ada di server.

Sedangkan server SMTP digunakan untuk jalan keluar email yang dikirim dari komputer Anda. Namun, server SMTP yang ditampilkan dalam seting Yahoo! tidak terlalu penting untuk digunakan. Sebab masing-masing layanan jasa internet (ISP) telah memberikan server SMTP sendiri. Anda dapat memilih salah satu saja.

Pengaturan Outlook
Setelah layanan POP3 diaktifkan, langkah berikutnya adalah mengatur seting pada software klien email. Dalam hal ini, pilihan software adalah Outlook Express yang cukup banyak digunakan para netter.

Klik Account pada menu Tools. Pilihan ini digunakan untuk setiap kali penambahan alamat email yang ingin anda download melalui Outlook Express. Software ini memang mampu menangani banyak account sekaligus dalam satu kali download.

Klik pilihan mail pada tombol Add, untuk menambah daftar account selain yang sudah ada pada daftar di sebelah kiri.

Setelah itu, pengaturan account baru dimulai dengan mengisi nama lengkap yang akan tampil pada setiap email yang dikirim melalui alamat tersebut. Isikan nama yang Anda kehendaki pada kotak pengisian di bawah ini. Tekan tombol Next setelah pengisian selesai dilakukan.

Kemudian tulis alamat email yang digunakan untuk account ini. Alamat email yang Anda tulis merupakan alamat tujuan dari lawan bicara Anda ketika hendak membalas kembali (reply). Tekan tombol Next untuk melanjutkan pengisian.

Langkah berikutnya adalah mengisikan server POP3 dan SMTP yang telah diberikan pada saat Anda mengaktifkan fasilitas tersebut dari situs Yahoo!Mail. Isian tersebut harus sesuai dengan seting yang tampil pada tabel server settings. Klik tombol Next untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Berikutnya adalah mengisi account name dan password. Account name diisi dengan Yahoo!ID, sedangkan password diisi dengan password yang Anda gunakan pada Yahoo!ID. Klik remember password jika Anda tidak menginginkan untuk mengisi password lagi pada setiap pengecekan dan pengiriman email. Namun, langkah untuk tidak me-klik kotak remember password bisa jadi merupakan langkah aman untuk berjaga-jaga dari keusilan orang lain. Klik tombol next untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Setelah semua pengisian selesai, maka akan tampil pesan bahwa semua pengisian telah lengkap dilakukan. Tekan tombol Finish untuk menyelesaikan langkah-langkah pembuatan account baru. Namun masih ada beberapa langkah lagi untuk membuat account tersebut dapat bekerja dengan baik.

Account baru akan ditampilkan dengan nama yang sama dengan server POP3. Tekan tombol properties yang ada di sebelah kanan window, untuk mengubah tampilan tersebut dan seting lainnya.

Ubah mail account dengan nama yang Anda inginkan. Untuk tidak membingungkan, mail account dapat disesuaikan dengan nama depan dari alamat email yang digunakan. Tekan tombol Apply untuk menyimpan seting tersebut.

Selanjutnya, klik mouse pada tab Servers untuk menampilkan seting yang dibutuhkan server. Dalam Outgoing Mail Server terdapat kotak My server requires authentication yang digunakan untuk melakukan pengecekan ulang password ketika email dikirimkan. Pilihan ini perlu jika server menerapkan double security, yaitu pada saat menerima dan mengirimkan email. Klik kotak tersebut untuk mengaktifkannya. Karena Yahoo! mengharuskan untuk pengecekan ulang password pada saat pengiriman email. Tekan tombol Apply untuk menyimpan seting tersebut.

Setelah langkah tersebut, maka account sudah dapat digunakan. Namun ada satu hal lagi yang menarik sebelum kita menyudahi pengaturan properties. Klik tab Advanced sehingga tampil pengaturan untuk delivery email. Pada bagian delivery, Anda dapat me-klik kotak Leave a copy a messages on server jika Anda menginginkan email yang di-download tetap ada di server.
Dengan begitu, email tidak serta merta dihapus server ketika sudah terambil software email. Email tersebut tetap dapat dijadikan sebagai arsip ketika harddisk mengalami masalah di kemudian hari. Namun pilihan ini tidak diharuskan, karena dengan membiarkan email tetap di server akan memperkecil sisa space untuk email yang akan datang. Tekan tombol OK untuk menyudahi pengaturan properties.

Dengan begitu selesai sudah semua pengaturan yang harus dilakukan agar email Anda di Yahoo! dapat dipindah ke komputer pribadi. Untuk selanjutnya, pengecekan email dapat dilakukan melalui Outlook Express dengan menekan tombol Send and Receive. Setelah selesai, koneksi internet bisa diputus untuk kemudian Anda dapat membaca email satu persatu dengan santai. Pulsa telepon yang makin tinggi (atau ditinggikan??) harus disiasati agar tidak memperkecil manfaat teknologi yang diciptakan.

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua!

4 komentar:

Dhana said...

pak ridwan , koq di menu option di yahoomail gak ada POP Access & Forwarding ya ? aku dari dulu pengen ngaktifin outlook ekpress tapi gak bisa bisa terus , mohon pencerahan neh

Anonymous said...

pak ridwan, klo email sudah berpindah ke outlook dan folder incoming yahoo kosong, tetapi kita ingin mencopy lagi agar email tetap ada di yahoo bagaimana caranya. mohon penjelasan pak Ridwan

Eljunar said...

Pak Ridwan,kemarin settingnya udah selesai sampai import email dr server ke hardisk juga, tp klo ingin melihat email dr outlook expres ato mengembalikan email ke server lg gmn caranya? tolong,,,

Ridwan Sanjaya said...

kalo ingin tetap ada di server, atur settingnya di OE untuk tidak dihapus dari server / bikin copy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...