11 September 2005

Memindah Email Yahoo! ke Komputer Pribadi

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 11 September 2005)

Sedah sejak 24 April 2002, Yahoo.com menonaktifkan fasilitas POP3 bagi pengguna e-mail gratisnya. Padahal dengan adanya fasilitas tersebut, pengguna e-mail gratis dari Yahoo! dapat men-download surat-suratnya dari server Yahoo!Mail ke dalam komputer pribadinya, serta membaca e-mail secara offline dengan software pembaca e-mail (e-mail client) seperti Outlook Express, Microsoft Outlook, Eudora, Mozilla Mail dan lain-lain. Dengan diberhentikannya fasilitas tersebut, pengguna yang tetap ingin menggunakan fasilitas POP3 diharuskan untuk melakukan upgrade ke layanan Yahoo!Mail Plus. Jika tidak, pengguna terpaksa harus memeriksa dan membaca e-mailnya melalui web http://mail.yahoo.com. Untuk melakukan upgrade ke layanan tersebut, seorang pengguna perlu mengeluarkan biaya sebesar 19,99 USD atau berkisar 190 ribu rupiah untuk setiap tahunnya. Biaya yang sebetulnya tidak terlalu mahal apabila dibandingkan dengan fasilitas yang diperoleh, yaitu kapasitas e-mail sebesar 2 Gigabytes dan proteksi dari surat-surat sampah. Namun tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut. Apalagi jika pengguna Yahoo!Mail dapat mencari alternatif pengganti penyedia e-mail gratis dengan fasilitas POP3. Alhasil, sebagian pengguna Yahoo!Mail beramai-ramai pindah ke penyedia e-mail yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti Telkomnet, GMX, atau Gmail (Google Mail).
Namun bagi pengguna Yahoo!Mail yang tetap ingin bertahan karena alamat e-mailnya sudah terlanjur dikenali oleh banyak relasinya, juga mencari cara agar surat-suratnya dapat di-download lagi ke komputer pribadi mereka. Selain dengan membayar biaya tersebut, pengguna dapat menggunakan software pihak ketiga yang menjembatani antara software pembaca e-mail dengan server Yahoo!Mail. Beberapa software sejenis yang populer adalah Web2pop, YahooPOPs!, dan YPOPs. Jika menggunakan Web2pop, Anda dibatasi menikmati layanan download e-mail secara gratis selama 30 hari saja. Lebih dari waktu tersebut, Anda diminta untuk membayar sejumlah uang untuk pembelian software Web2pop. Berbeda dengan Web2pop yang tergolong dalam shareware, YahooPOPs! dan YPOPs dapat diperoleh tanpa harus membayar (freeware). Sayangnya, beberapa waktu yang lalu software YahooPOPs! sudah tidak dapat lagi di-download. Situs penyedia software tersebut menyatakan untuk sementara waktu mereka tidak menyediakan fasilitas download untuk YahooPOPs! Satu-satunya yang bisa diharapkan adalah menggunakan YPOPs! yang dapat di-download secara gratis dari http://yahoopops.sourceforge.net.
Menurut pemiliknya, YPOPs! yang dibuat untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac, tidak melanggar lisensi yang melekat pada Yahoo!Mail. Meskipun menjadi celah pemanfaatan POP3 bagi pengguna e-mail gratis Yahoo!Mail, program ini legal untuk digunakan. Program ini tidak melakukan perusakan apapun terhadap fasilitas POP3 yang disediakan Yahoo!Mail, tetapi hanya menjadi perantara antara website Yahoo!Mail dengan pengguna. Fungsi software yang mirip dengan jembatan atau pintu gerbang (gateway) dari komputer pribadi menuju ke website Yahoo!Mail tidak melanggar kesepakatan yang tertulis dalam pemanfaatan e-mail Yahoo! Bahkan dengan adanya software ini, justru dapat menjadi solusi dan celah bagi Anda untuk dapat men-download e-mail meskipun komputer berada di belakang proxy ataupun firewall.
Sampai saat ini, versi YPOPs! yang terbaru adalah 0.7.3 yang dikeluarkan pada 12 Maret 2005. Untuk versi Windows, ukuran file instalasi yang harus Anda download pada situs http://yahoopops.sourceforge.net adalah sebesar 1,29 Megabytes. Dengan langkah-langkah instalasi yang mudah, Anda dapat langsung memanfaatkannya tanpa proses registrasi apapun. Jika semula konfigurasi POP3 (untuk e-mail yang masuk) diisi dengan pop.mail.yahoo.com dan konfigurasi SMTP (untuk e-mail yang dikirim) diisi dengan smtp.mail.yahoo.com, maka dengan adanya YPOPs! isian tersebut diganti dengan 127.0.0.1 atau nomor IP dari komputer Anda sendiri (localhost). Pengisian tersebut mengindikasikan bahwa permintaan download e-mail tidak lagi menuju ke server Yahoo! secara langsung, namun digantikan oleh program YPOPs! Selanjutnya program YPOPs! yang akan memproses permintaan tersebut ke website Yahoo!Mail dan mengirimkannya kembali ke software pembaca e-mail.
Uniknya, YPOPs! dapat memilih folder yang akan di-download e-mailnya. Tersedia 2 (dua) pilihan folder yang akan di-download e-mailnya, yaitu Inbox dan Bulk (surat-surat sampah). Anda dapat memilih keduanya, salah satu saja atau bahkan tidak keduanya. Selain itu Anda dapat memilih surat yang di-download berdasarkan kategori e-mail yang belum pernah dibaca, e-mail yang ditandai (flagged), atau semua e-mail. Setelah proses download e-mail selesai, Anda juga dapat memerintahkan program untuk tidak menghapus e-mail yang di-download dari server Yahoo!Mail dan menandai e-mail tersebut sebagai e-mail yang sudah pernah dibaca. Selain itu, Anda juga dapat memerintahkan program untuk menghapus e-mail yang ada di folder Bulk ataupun Trash setelah proses download selesai. Dalam pengiriman e-mail, Anda juga dapat meminta program untuk menyimpan surat yang dikirim tersebut ke dalam folder “Sent Items” yang ada di server Yahoo! (Ridwan Sanjaya)

1 komentar:

Anonymous said...

Pak Ridwan yang baik, baru saja saya buat accout email baru di pup_489@yahoo.co.id yang menfasilitasi pop mail. Namun ketika saya gunakan untuk menarik surat di ponsel nokia 6230i saya diminta untuk memasukan sandi(password) dari pop.mail.yahoo.com, dan saya tidak mendapatkannya ketika mendaftar, apakah bapak bisa membantu saya agas saya dapat menarik surat di ponsel saya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...