05 February 2006

Blog, Bukan Sekedar Diary Online di Internet

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 5 Februari 2006)

Tahun lalu adalah tahun yang istimewa bagi dunia blog. Banyak kejadian yang menimbulkan kontroversi di internet lahir dari website yang dinamakan dengan blog. Munculnya berbagai kontroversi tersebut justru semakin menimbulkan keingintahuan pengguna awam tentang apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan Blog?

Masih ingatkah dengan kasus foto rekayasa presiden bersama salah satu artis di Indonesia? Kejadian tersebut sempat membuat seorang pemilik blog dari Yogyakarta diinterogasi oleh Polda DIY. Pasalnya foto rekayasa yang sempat dipasang di dalam blog miliknya dianggap sebagai bentuk pelecehan kepada presiden.
Meskipun akhirnya kasus tersebut dianggap selesai, namun hal ini sempat menggoncangkan dunia blog Indonesia. Bahkan di dalam pertemuan antara Presiden dengan masyarakat Indonesia di Bangkok, sempat terungkap pertanyaan yang berkaitan dengan kasus tersebut dari salah seorang peserta yang dijuluki sebagai Bapak Blog Indonesia. Presiden menjawab dengan bijak dan lebih menyarankan Polisi untuk menasehati pemilik blog tersebut daripada memperkarakannya.
Dengan adanya kejadian tersebut, banyak masyarakat awam kemudian bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan Blog? Apakah sama dengan situs-situs yang ada di internet dan seringkali digunakan untuk kepentingan yang salah?
Blog atau Weblog sebetulnya hanya merupakan salah satu bentuk website, yang juga dapat dilihat dengan menggunakan web browser pada umumnya. Awalnya blog diperkirakan hanya akan menjadi sebuah tren, namun akhirnya berkembang menjadi sebuah budaya tersendiri di kalangan pengguna internet. Budaya untuk menuliskan berbagai catatan di internet untuk diperlihatkan kepada publik ternyata disukai oleh banyak anak muda bahkan orang tua. Bukan hanya siswa sekolah menengah pertama saja, tetapi juga profesor yang tingkat pendidikannya lebih dari rata-rata.
Banyaknya jumlah pengguna blog tanpa mengenal batasan usia dan profesi ini salah satunya disebabkan oleh semakin meningkatnya jumlah penyedia layanan blog di internet. Selain banyak yang bersifat gratis, umumnya operasional blog cukup mudah. Anda tidak perlu membuat desain website sendiri karena semuanya telah disediakan oleh penyedia layanan. Berbagai contoh desain dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Sedangkan untuk menulis di dalam blog, telah disediakan fasilitas yang umumnya cukup mudah digunakan. Bahkan jika diperlukan, Anda dapat menambahkan foto ataupun alamat internet lainnya di dalam catatan yang Anda buat. Aktivitas tersebut dapat dilakukan tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman apapun. Semua pengguna yang tidak paham pemrograman internet sekalipun dapat dengan mudah memanfaatkan layanan ini.
Penyebab lainnya adalah kemampuan blog dalam menjembatani komunikasi antara pemilik dan pengunjung. Pengunjung blog dapat memberikan komentar balik, sanggahan, ataupun catatan tambahan di dalam blog yang Anda tulis. Semakin banyak komentar dari pengunjung, blog tersebut akan semakin populer. Hal ini menciptakan sensasi tersendiri bagi pemiliknya maupun pengunjung yang memberikan catatan ke dalam blog tersebut. Bahkan seringkali komunikasi ini dapat menghasilkan hubungan pertemanan di antara keduanya meskipun belum pernah bertemu secara nyata.
Maka tak heran, banyak situs mulai membuka layanan blog baru untuk ikut menjaring pangsa pasar yang diperkirakan akan selalu meningkat. Di Indonesia, Indosiar dan Boleh.com juga terjun ke dunia ini. Untuk menarik minat para pelanggannya, Indosiar bahkan menggelar jumpa fans di beberapa kota, termasuk Jawa Tengah, dengan mengundang tokoh blog dari Indonesia. Bahkan pada tahun ini pula, Blog Awards 2006 siap dikompetisikan untuk pengguna Blog di Indosiar. Ini membuktikan meningkatnya minat pengguna blog berusaha diimbangi oleh penyedia layanan.

Gagasan Baru
Bagi sebagian besar kalangan ABG, blog seringkali hanya berfungsi sebagai diary online yang dipublikasikan di internet. Berbeda dengan diary konvensional yang isinya justru tidak dibuka untuk umum, para pemilik blog justru menginginkan orang lain untuk mengetahui berbagai hal yang ditulisnya. Tulisan dan komentar-komentarnya di dalam blog mereka tidak jauh bergeser dari kehidupan sehari-hari remaja. Begitu pula tanggapan-tanggapan yang masuk ke dalam blog mereka. Bagi mereka, yang terpenting adalah bisa menjalin komunikasi seluas-luasnya dengan para sahabatnya di dunia maya.
Namun bagi kalangan yang lebih dewasa, blog juga menjadi tempat merefeksikan diri. Meskipun kadangkala refleksi diri sebagian orang diungkapkan secara berlebihan di dalam blog, namun tidak jarang opini, gagasan, atau ide-ide baru justru tercipta melalui media ini. Karena sifatnya bebas, pemilik blog dapat mengungkapkan berbagai pendapatnya. Komentar dan sanggahan dari pengunjung blog seringkali dapat menstimulasi pemilik untuk lebih menajamkan opininya. Berbagai opini yang disuarakan akan semakin lebih unik dan lebih cerdas dalam pengungkapannya. Menurut Rebecca Blood, hal ini dapat menjadi terapi jiwa tersendiri bagi pemilik dan pengunjung blog.
Melalui media blog ini pula seringkali dapat Anda temukan berbagai sanggahan atas pernyataan beberapa pakar di media massa. Jika sanggahan-sanggahan tersebut bisa dibaca oleh pakar yang bersangkutan, tentunya akan semakin meningkatkan daya analisis dan pemecahan terhadap suatu masalah.
Namun jika tidak dikemas dengan bijaksana, komentar-komentar di dalam blog akan menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Hal inilah yang menyebabkan munculnya pandangan negatif pada penggunaan blog. Meskipun sebetulnya blog sendiri bukanlah hal yang negatif.
Bahkan bagi sebagian orang, blog dapat meningkatkan gairah hidup. Karena menunggu orang lain memberikan komentar dan sanggahan pada keesokan harinya serta mengisi lagi tulisan dalam blog adalah hal yang menarik bagi banyak pemilik blog.
“Blog mampu menstimulasi saya ketika bangun pagi”, kata Rebecca Blood dalam wawancaranya dengan David Weinberger yang dipublikasi dalam situsnya, http://www.rebeccablood.net/bloggerson/davidweinberger.html.


Penyedia Layanan Blog
Jika Anda berminat untuk mencoba layanan blog, Anda dapat mendaftarkan diri ke beberapa penyedia layanan blog secara gratis. Namun dalam memilih blog, terdapat beberapa faktor yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain adalah kecepatan akses yang membuat Anda dan pengunjung tidak kesulitan dalam mengakses blog tersebut. Selain itu, banyaknya pilihan dalam hal desain tampilan juga perlu dijadikan pertimbangan agar blog Anda selalu menarik untuk dikunjungi. Dan yang tidak kalah penting, blog tersebut harus mudah untuk digunakan. Sedangkan fitur tambahan yang lain dapat dijadikan sebagai salah satu pendukung keputusan Anda.
Beberapa penyedia layanan blog gratis dapat Anda temukan di Friendster (friendsterblogs.friendster.com), Microsoft Network (spaces.msn.com), Google Blogger (www.blogger.com), Yahoo! (360.yahoo.com), Blogspot (www.blogspot.com), Multiply (multiply.com), dan masih banyak lagi. Sedangkan layanan blog yang berbasis di Indonesia dapat temukan di situs Indosiar (blog.indosiar.com) dan situs Boleh.com (blog.boleh.com).
Namun bagi yang telah memiliki web server sendiri, Anda dapat menginstalasi blog sendiri dengan menggunakan paket software yang ada, antara lain Movable Type, WordPress, dan TextPattern. Ketiga software untuk membangun blog tersebut dapat didownload melalui www.movabletype.org, www.wordpress.org, dan www.textpattern.com. Dibandingkan dengan dua software yang lain, Wordpress dapat dikatakan lebih unggul karena gratis, open source, dan dapat berjalan di berbagai platform. Perbandingan fitur antara ketiga software tersebut dapat Anda lihat melalui http://www.sitepoint.com/article/blog-software-smackdown-review.

6 komentar:

moh@n said...

baca artikelnya jadi pengen banget bikin blog. berkali-kali bikin blog baru, tapi karena kumat-kumatan. tiap kali blog lama ditinggalin ganti yang baru lagi. salam kenal buat pak dosen, lain waktu bisa minta diajaran dong

Ridwan Sanjaya said...

Salam kenal mas Anhar..
Kalo gajah meninggalkan gading, Netter meninggalkan blog hehehe :-)
Kapanpun mau tanya2 silahkan, mas..

abah-isan said...

Salam kenal Kang Ridwan..
Saya ngiler liat blognya Kang Ridwan.. Apa bisa bikin step-step untuk mempercantik blog..
Saya lieur (pusing) kalo baca buku panduan .. njimeet

hary said...

salam kenal mas Ridwan. Makasih, saya jadi bisa belajar banyak tentang buat blog. Terutama untuk nambah-nambah yang kurang.

noor_adinugroho said...

salam knla mas!!!
saya mau tanya cara mendesain blog??
secara mendetail.........
karena saya mo mbuat blog

Febri Hanifan said...

salam kenal,saya febri. Saya baru aja bikin blog en coba2 daftar di affiliates gitu...kalo artikelnya sebaian da tulis sendiri ada yang edit2 alias copy sebagian dari situs lain, kalo kayak gitu gak papa mas? ....saya tunggu advise2nya ya...www.ifanqueen.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...