21 February 2007

Telepon Murah dengan VoIP Rakyat

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 18 Februari 2007)

Meskipun sering mendengar istilah VoIP atau Voice over Internet Protocol, banyak masyarakat awam belum paham betul maksud dan manfaatnya. Sebagian mungkin sudah tahu bahwa dengan menggunakan VoIP, biaya komunikasi dapat menjadi lebih ringan. Beberapa operator telepon bahkan berlomba-lomba mengeluarkan produk SLI dengan VoIP dengan biaya percakapan di bawah normal.

Penetapan harga yang cukup murah ini tentu saja menarik minat pengguna telepon dari kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan komunikasi dengan sanak-saudaranya di luar negeri, namun tidak terlalu mengutamakan kualitas suara. Jika dibandingkan dengan jalur komunikasi normal, kualitas suara yang dihasilkan oleh produk-produk komunikasi berbasis VoIP memang masih kalah. Namun dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet di Indonesia, kualitas suara yang dihasilkan akan semakin mendekati kualitas jalur komunikasi normal.
VoIP (vi-o-ai-pi) atau komunikasi suara yang memanfaatkan jalur internet merupakan metode untuk membawa sinyal analog yang biasa kita dengar melalui telepon ke jalur internet dengan mengkonversinya menjadi sinyal digital. Untuk membawa sinyal digital tersebut digunakan Internet Protocol (IP). Dengan menggunakan jalur internet, biaya percakapan dapat ditekan.
Setiap orang dapat dengan mudah membangun infrastruktur telekomunikasi ini, namun tidak setiap orang dapat menghubungkan jalur komunikasi tersebut ke telepon rumah atau telepon selular yang telah ada tanpa adanya lisensi dari pemerintah. Hanya perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang telah memperoleh lisensi, dilegalkan untuk menyelenggarakan layanan ini yang dapat menghubungkan jalur komunikasi VoIP ke dalam jalur telekomunikasi yang telah ada.


Menghemat Uang
Meskipun dengan kondisi yang terbatasi oleh aspek legalitas yang telah disampaikan di atas, beberapa praktisi yang bergerak melalui ICT Center Jakarta tetap memperjuangkan jalur telekomunikasi sendiri yang berbasis VoIP, dengan nama VoIP Rakyat. Dengan melakukan peering atau interkoneksi ke beberapa server di berbagai universitas, penyedia jasa layanan internet (ISP), dan perusahaan-perusahaan, diharapkan jalur komunikasi ini dapat menjadi alternatif komunikasi murah bagi rakyat dan industri yang menginginkan penghematan keuangan di sisi telekomunikasi.
Semakin besar komunitas pengguna VoIP Rakyat, semakin besar pula kemungkinan Anda berkomunikasi dengan setiap orang di lain kota bahkan di lain negara tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya internet yang telah dianggarkan sebelumnya. Apalagi saat ini akses internet merupakan hal yang umum di setiap universitas dan perusahaan di Indonesia.
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk bertelepon melalui VoIP Rakyat antara lain VoIP Rakyat Communicator, X-Lite, SJPhone, Ekiga, Idefisk, dan iaxLite. Beberapa softphone tersebut dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux, dan Macintosh. Semuanya dapat Anda download melalui http://voiprakyat.or.id/?inc=download.
Sedangkan perangkat keras yang dibutuhkan hanyalah seperangkat komputer yang selama ini digunakan untuk mengakses internet, ditambah headset untuk berbicara dan mendengar, menggantikan fungsi pesawat telepon. Bahkan jika diperlukan, dapat ditambahkan dengan kamera web untuk melihat lawan bicara Anda.
Selain komputer, Anda juga dapat menggunakan perangkat khusus VoIP yang sudah banyak dijual di pasaran oleh InfoAsia. Dengan perangkat ini, Anda dapat memanfaatkan komunikasi VoIP melalui perangkat telepon yang selama ini digunakan.
Setelah melakukan registrasi melalui http://www.voiprakyat.or.id, Anda akan memperoleh nomor telepon dan nickname yang harus disimpan ke dalam softphone yang telah dipilih. Nomor telepon VoIP Rakyat yang diperoleh menggunakan awalan 621881001 dan dilanjutkan dengan lima digit nomor di belakangnya. Untuk mengetahui pengguna VoIP Rakyat yang sedang aktif, Anda dapat melihatnya melalui http://www.voiprakyat.or.id/?inc=online_phones.

Akses ke Telepon Rumah
Saat ini, VoIP Rakyat lebih mengandalkan jumlah komunitas pengguna yang dibangun oleh pengguna jalur komunikasi itu sendiri. Komunikasi yang terjadi lebih terfokus pada sesama pengguna VoIP Rakyat, belum dapat tersambung ke telepon rumah. Berbagai percobaan dan perkembangan ke arah itu dapat diikuti di dalam Forum VoIP melalui http://www.voiprakyat.or.id/forum.
Namun jika sekarang ini Anda tetap menghendaki jalur VoIP yang digunakan dapat berkomunikasi dengan jalur telekomunikasi yang telah ada, terdapat cara legal yang dapat dipelajari dalam buku “VoIP Rakyat, Cikal Bakal Telkom Rakyat” yang ditulis oleh Onno W. Purbo. Melalui VoIP Discount, VoIP Cheap, dan IMAXindo, telepon VoIP yang Anda bangun dapat terhubung ke nomor-nomor telepon yang sudah ada. Bahkan dengan telepon selular yang memiliki fasilitas WiFi, Anda dapat menggunakan ponsel untuk menelepon tanpa biaya sama sekali.
Berbeda dengan Yahoo! Messenger atau software instant messenger lainnya yang servernya terletak di luar negeri, server VoIP Rakyat berada di dalam negeri dan terhubung langsung ke jaringan IIX (Indonesia Internet eXchange). Sehingga telekomunikasi dengan jalur ini tidak akan terganggu oleh keterbatasan bandwidth ke luar negeri. Kualitas suara akan jauh lebih baik dengan waktu tunda yang rendah, mendekati kualitas bertelepon biasa.
Jika Anda telah menggunakan komunikasi suara melalui Yahoo! Messenger, Google Talk, Skype, dan sejenisnya, alternatif ini patut dicoba untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus dan potensi telekomunikasi dengan biaya murah.

1 komentar:

MetroLife said...

untuk telepon ke nomor telepon PSTN atau sms ke GSM international atau sljj bisa pakai voipstunt , lowratevoip , untuk beli pulsanya melalui ATM BCA silakan kunjungi tokohemat.com untuk keteraga nlebih lanjut, terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...