27 May 2007

Menambah Asesoris pada Blog

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 20 Mei 2007)

Keinginan untuk mempercantik Blog sebetulnya merupakan naluri alami dari pemiliknya. Selain karena unsur citra diri, juga karena keinginan untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya jumlah pengunjung ke situs Blognya. Semakin tinggi frekuensi pengunjung yang datang, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik Blog.

Namun tidak semua orang paham dengan kode-kode HTML yang merupakan bahasa penyusun tampilan sebuah Blog. Dan tidak semua Blog memperbolehkan pemiliknya untuk memodifikasi isi tampilan Blog. Hanya beberapa penyedia Blog yang menyediakan fasilitas untuk menambah asesoris ke dalam Blog secara bebas, antara lain Blogger.com dan Blog Friendster.com
Berbeda dengan Blogger.com yang menyediakan menu untuk mengubah tampilan, Blog Friendster tidak menyediakan secara khusus fasilitas tersebut. Namun terdapat jalan alternatif untuk menambahkan asesoris di dalam Friendster melalui fasilitas TypeLists yang akan dibahas pada akhir artikel ini.

Kemudahan Blogger.com
Pada versi yang baru, Blogger.com bahkan menambahkan fasilitas untuk merubah tampilan dengan menggunakan alat bantu yang tidak memerlukan kemampuan pemahaman kode-kode HTML secara mendalam. Dengan alat bantu tersebut, pemilik Blog dapat dengan mudah menambahkan kode-kode HTML/Javascript yang dihasilkan oleh situs-situs penyedia asesoris Blog.
Dengan begitu, Anda hanya perlu meng-copy kode HTML/Javascript dari situs tersebut dan mem-paste kode tersebut pada kotak input yang telah disediakan oleh Blogger.com. Asalkan cukup rajin dalam mencari asesoris yang dibutuhkan oleh Blog, siapapun dapat menambahkan elemen-elemen yang menarik ke dalam Blognya.
Sedangkan tata letak dari setiap asesoris di dalam Blog dapat diatur dengan fasilitas drag-and-drop seperti yang sering Anda temukan pada aplikasi-aplikasi berbasis desktop. Pemilik Blog cukup memilih kotak elemen yang akan dipindah dengan mouse dan menggesernya ke posisi yang baru. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan sub judul pada setiap elemen tersebut.

Menambah Shoutbox
Shoutbox merupakan salah satu asesoris yang paling umum ditampilkan di dalam Blog. Asesoris ini digunakan untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berkomentar secara bebas. Penyedia shoutbox gratis di internet, antara lain www.oggix.com, www.shutmix.com, dan www.myshoutbox.com.
Umumnya, proses untuk memperoleh asesoris tersebut cukup mudah. Sebagai contohnya, untuk memperoleh shoutbox dari oggix.com, Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan melakukan registrasi di sana. Setelah registrasi selesai, Anda akan diminta login dan memilih menu “Install ShoutBox”. Selanjutnya pilih “HTML Code” untuk memilih jenis dan tampilan shoutbox.
Setelah proses di atas selesai, Oggix.com akan menampilkan kode Javascript untuk menampilkan shoutbox yang telah Anda pilih. Blok kode tersebut dengan mouse dan salinlah dengan menggunakan Ctrl+C.
Jika Anda pemilik Blogger.com, masukkan kode Javascript melalui tabulasi Template dan pilih link “Page Elements”. Selanjutnya klik “Add a Page Element” yang ada di dalam layar desain template.
Kemudian Anda dapat memilih link “Add to Blog” pada kelompok HTML/Javascript di jendela “Choose a New Page Element”. Pemilihan tersebut akan memunculkan tampilan baru yang akan Anda gunakan untuk melekatkan kode-kode Javascript yang Anda peroleh sebelumnya dengan menggunakan Ctrl+V.
Jika tidak diperlukan, kotak isian “Title” dapat dikosongkan agar sub judul dari elemen tersebut tidak ditampilkan. Tekan tombol “Save Changes” untuk menyimpannya. Ketika kembali ke halaman tata letak, jangan lupa untuk menekan tombol Save. Dengan begitu, ketika Anda melihat ulang tampilan Blog, shoutbox sudah muncul di salah satu sudut halaman.
Beberapa asesoris lainnya yang dapat Anda tambahkan untuk mempercantik Blog antara lain web counter, video, kalender, jam, cuaca, berita dari situs lain, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya dapat Anda temukan di clocklink.com, rightstats.com, amazingcounters.com, weatheronline.co.uk, dan wunderground.com. Dengan cara yang hampir sama dengan sebelumnya, Anda dapat menambahkan asesoris-asesoris tersebut ke dalam Blog.

Blog Friendster
Sedangkan untuk menambahkan asesoris di dalam Blog Friendster perlu jalan yang lebih panjang dari Blogger.com. Setelah Anda login, pilihlah menu Blogs. Selanjutnya tekan tombol “My Blog Home” yang umumnya terletak di sebelah foto Anda. Pilih tabulasi TypeLists dan masukkan nama shoutbox pada kotak isian “List name” di kolom “Create a new TypeLists”.
Kemudian tekan tombol Add pada kotak URL dan isilah kotak isian “Name”. Lakukan paste atau gunakan Ctrl+V agar kode Javascript yang diperoleh dari oggix.com dapat masuk ke kotak isian “One-Line Bio”. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol “Save and Update”.
Agar shoutbox dapat tampil di dalam Blog, Anda harus mengaktifkannya telebih dahulu melalui tabulasi Blogs. Selanjutnya pilih link “Edit Design” dan klik menu Content. Aktifkan daftar “Your TypeLists” dengan menggunakan klik mouse. Selanjutnya simpan dengan menekan tombol “Save Changes”. Ketika Anda melihat ulang Blog Friendster, shoutbox sudah muncul bagian bawah tampilan.

27 komentar:

Anonymous said...

makasih.... berguna pada blog friendster. tahu cara ganti template blog friendster???
aku di http://raksasmita.blogs.friendster.com/desiran_jiwa/

reality said...

matur tengkyu, ilmu barunya mas.sekarang mau try n error dulu

aduystic said...

suwun boss!!

yus said...

wah kalo saya lebih suka pake wordpress karena bisa pake domain sendiri tanpa embel2 xxx.wordpress.com dengan cara cari hostingan gratis di internet. selain itu isa di modif sesuka hati.

Arish 8-3-1 said...

Ciip...Ciiip...

Thx banget yw Mz Ridwan!!!

Ridwan Sanjaya said...

Mas Yus,
Blogspot juga bisa koq dikasih alamat sendiri :-)
Silahkan akses www.co.cc yang memberikan URL gratis. Bukan hanya URL Forwarding tapi juga Free DNS yang bisa diintegrasikan ke Blogspot.

Contoh lainnya adalah blog ini yang bisa diakses melalui http://blogridwan.sanjaya.org

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di buku "Most Wanted Blogspot Tips #2" :-)

vano_smkn 2 tansel said...

tengkyu bgt ya mas,,,tipsnya berguna bgt buat q yang msh balita soal blogger..!

Anonymous said...

Bang Ridwan ... Thanks ya
atas bukunya,
(CARA MUDAH MEMBUAT BLOG SENDIRI)
membantu posting pengumuman kelulusan murid di sekolah saya
http://smkpgri34jkt.blogspot.com

topenghitam said...

OM, ajari donx cari pasang kalender di blog,. thanks

Anonymous said...

kalau di wordpress bisa nggak kita nambah shourbox itu, mas

Ridwan Sanjaya said...

Bisa juga. Bisa melalui widget Text, mas.

iwo's blog said...

makasih banyak mas...atas tips nya...useful banget...apalagi buat aku yang pemula ini...

Diponegoro Adventure said...

Harus saya akui, saya melirik blogger karena anda.

Terima kasih atas ilmunya.

jeffrey said...

saya mendapatkan informasi bahwa shoutbox bisa di jadikan salah satu cara untuk menyebarkan virus pada blog yang memasang shoutbox,apa ini benar ?

indah said...

terima kasih mas. saya baru menemukan ilmu blog di sini.

Cerita Koe... said...

terima kasih atas infonya. stelah sy coba smua... sy lbh suka pake shoutmix. sbnrnya oggix sama lucunya am shoutmix, tp kalo oggix koq ad link sponsornya ya :). kan kalo shoutmix bebas dari link sponsor :)

John said...

TERIMA KASIH

The New Movie Information said...

thanks buat tipnya bro..
mudah mudahan berhasil di blog ag
http://dimovie.blogspot.com

uswah said...

makasi infonya, bermanfaat banged untuk aku yang pemula

Sigit Prayogo said...

Aku mau nyobain shoutmix nya bro...
Nice info.. Thanx...
Tolong review blog ku ya

CD EBAY said...

Tanks infonya

achfa said...

OK2 BAGUS BWT MEMPERCANTIK BLOG GUE....HEHEHEHEHE...THANKS.

achfa said...

thank you very much...

Anonymous said...

Mas, sepertinya ada postingan bloger yang mirip banget sama postingan ini. Numpang nitop linknya yach, kalau tidak salah ne link bloger tersebut: http://sahabatriswanto.blogspot.com/2008/08/menambah-asesoris-pada-blog.html

Lukisan Murah said...

Berkunjung Malam,,mau cari info yg bermanfaat,, salam kenal :)

marwan said...

mas ridwan,,thnx informasinya,,sangat bermanfaat..
numpang tanya,,domain gratis seperti www.co.cc sudah tidak bisa diakses lagi di blogger ya? mohon petunjuknya..
blog saya http://sevenkamera.blogspot.com/

Ridwan Sanjaya said...

masih bisa, Pak...
tapi sekrang ada tambahan CNAME yang harus dimasukkan... Anda bisa coba .tk juga lhoh

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...