17 January 2008

Membuat Website Tak Sulit Lagi

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 13 Januari 2008)

Sebagian besar pengguna internet masih melihat pembuatan sebuah website tergolong rumit. Kemampuan pemrograman dan pemahaman kode-kode HTML yang menyusun sebuah website sering dianggap sebagai hambatan yang cukup besar dalam membuat sebuah situs web.


Tak heran, Blog dengan segala kemudahannya mampu memikat banyak orang yang ingin memiliki sebuah situs sendiri. Meskipun demikian, membuat halaman demi halaman sebuah website tetap menjadi keinginan banyak orang yang ingin berbagi informasi, pengalaman, atau kepentingan lainnya.
Google sepertinya memahami keinginan tersebut melalui produk barunya yang bernama Google Page Creator. Sama seperti layanan Google lainnya, fasilitas ini diberikan secara gratis kepada Anda tanpa adanya syarat untuk mencantumkan iklan apapun. Hal ini berbeda dengan layanan sejenis lainnya, yang memaksa pemiliknya mencantumkan iklan dari penyedia layanan.

Dengan kapasitas 100 MB yang dimiliki oleh setiap akun, Anda tidak perlu takut untuk memaksimalkan kemampuan pembuatan desain website. Setiap pemilik akun Google Page Creator bahkan akan memperoleh sebuah alamat website yang bisa diakses secara langsung oleh pengguna internet di dunia melalui http://namasitus.googlepages.com.
Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak apapun untuk bisa membuat sebuah website di Google. Semuanya bisa dikerjakan secara langsung melalui browser web yang Anda miliki seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau lainnya. Bahkan tanpa keahlian dalam hal server web, Anda bisa mengunggah gambar-gambar ke server sekaligus menampilkannya.

Semudah Blog
Hampir sama dengan pengelolaan Blog di dalam Blogger.com, tersedia alat bantu untuk membuat halaman yang semudah software pengolah kata. Anda juga dapat mengganti desain melalui menu “Change look” yang ada di sudut kanan atas dari editor halaman dan melihat hasil dari pemilihan desain tersebut melalui menu “Preview”. Selain itu, menu “Change layout” juga akan memudahkan Anda untuk mengubah pengaturan tata letak halaman web.
Menariknya, Google menyediakan pilihan “Unpublish” jika Anda tidak menginginkan orang lain melihat website yang Anda buat. Bahkan apabila jendela browser web tiba-tiba tertutup secara tidak sengaja sebelum Anda sempat mempublikasikan halaman yang sedang dibuat, Google Page Creator juga dapat memulihkannya melalui fungsi penyimpanan otomatis yang ada.
Melalui halaman Page Manager, seorang pemilik akun dapat mengelola file-file halaman website beserta file-file pendukung yang sudah diunggah ke server web. Dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memudahkan dalam pembuatan website, tentunya Google Page Creator tentunya akan segera memikat hati penggunanya.

Produk Google Labs
Google Page Creator hanyalah merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari kerja anak-anak muda Google yang kreatif dan didukung oleh sistem perusahaan yang suportif. Melalui labs.google.com, Anda bisa melihat daftar berbagai hasil kreativitas mereka, selain Google Page Creator, yang sebetulnya sudah jauh dari layanan awal mesin pencari.
Jika hasil-hasil tersebut dinyatakan lolos, maka akan masuk ke dalam kelompok Graduates of Labs. Beberapa yang lolos tersebut dan menjadi terkenal antara lain Google Docs & Spreadsheets, Google Video, Google Maps, Google Desktop, dan Google News Alerts. Jumlah tersebut akan segera bertambah apabila layanan Google Mars, Google Web Accelerator, Google Suggest, dan Google Page Creator juga dinyatakan selesai dikembangkan.
Menurut David A. Vise dalam bukunya Kisah Sukses Google, produktivitas dalam menciptakan berbagai produk yang menarik di dunia maya ini tidak lepas dari kebijakan Google. Perusahaan ini memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk mengembangkan ide atau gagasan barunya pada satu hari dalam seminggu, tanpa harus dipusingkan oleh pekerjaan kantor masing-masing.

Buku terkait:
Website Praktis dengan Google Sites

4 komentar:

wahyu's said...

Salut buat anda yang mau berbagi dengan pemula seperti saya.Sejak semula saya terinspirasi oleh anda dan sudah mempunyai blog tapi saya kesulitan dengan tata letaknya.Terima kasih.

Eddy Yulianto said...

Terima kasih atas informasi yang Anda berikan......

sumanto said...

apakah pak ridwan mempunyai alamat web dengan menggunakan page creator, terima kasih

BolaNaga said...

Sekarang sudah banyak penyedia hosting gratisan yang sudah nyediakan fasilitas script membuat web/blog secara instan.. gak perlu menguasai pemprograman web...

BolaNaga
www.crypton97.us

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...