27 February 2008

Mencari di Situs Pribadi

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 2 Maret 2008)

GOOGLE tidak hanya menyediakan alat bantu pencarian di dalam situs www.google.com semata, tapi juga bisa ditemukan di dalam masing-masing website atau blog pribadi. Sehingga tampilan situs bukan hanya menjadi tampak lengkap dari sisi teknis tetapi juga fungsional karena dapat membantu pengunjung dan pemilik.

Bantuan ini akan tampak semakin bermanfaat, terutama ketika sebuah situs berisi banyak konten dan informasinya selalu bertambah secara periodik. Pengunjung akan dengan mudah menemukan artikel atau informasi yang diinginkan melalui kotak pencarian Google yang disisipkan di dalam website tersebut, meskipun terletak pada indeks halaman yang tergolong besar.
Kemudahan ini bukan hanya membuat pengunjung tidak terburu-buru pergi dari sebuah situs, tetapi juga menimbulkan perasaan nyaman dalam menelusuri setiap informasi yang disediakan di dalam halaman demi halaman yang ada. Perasaan nyaman ini tentunya tidak akan tercipta apabila informasi yang dimaksudkan tidak kunjung ditemukan dengan menggunakan cara manual.
Yang menarik, kotak pencarian ini dapat dimodifikasi sendiri. Fungsinya dapat dikhususkan untuk pencarian lokal dengan menggunakan spesifikasi pencarian yang telah dirancang khusus. Anda tidak hanya dapat memfungsikan kotak pencarian untuk membantu mencari konten di dalam suatu website, tetapi juga memanfaatkan filter pencarian untuk menghindari hasil pencarian dari konten dewasa.


Menyisipkan Kode
Anda dapat menambahkan kotak pencarian Google ke dalam website atau blog melalui fasilitasnya yang diberi nama Google WebSearch. Alat bantu ini memang dikhususkan bagi pemilik website yang menginginkan adanya kotak pencarian dengan berbasis database Google.
Dengan begitu, setiap orang tidak perlu harus datang ke situs resmi Google untuk melakukan pencarian. Hal ini tentunya bukan hanya menjadi keuntungan bagi pemilik website, tetapi juga Google yang telah berhasil memunculkan ikon dan produknya di situs-situs lain.
Untuk memperoleh kode HTML yang menyusun kotak pencarian, Anda dapat mengakses http://www.googlesyndicatedsearch.com/searchcode.html. Selanjutnya klik kotak cek “I have read and agree to the Terms of Service” dan tekan tombol “Get the Free Search Code”.
Terdapat tiga pilihan kode penyusun kotak pencarian, yaitu kotak pencarian normal, kotak pencarian dengan filter konten dewasa, dan kotak pencarian dengan tambahan filter pencarian situs. (Google Free web search with site search). Pilihan ketiga ini merupakan fitur pencarian yang hanya membatasi proses pencarian pada situs Anda saja.
Untuk itu, pilihlah link yang ketiga yang sesuai dengan tujuan awal. Selanjutnya akan muncul kotak yang berisi kode-kode HTML untuk menampilkan kotak pencarian. Di dalam kotak tersebut, kode HTML yang disediakan masih harus diubah agar dapat berfungsi untuk situs web yang Anda miliki.
Perubahan tersebut antara lain pada kalimat “YOUR DOMAIN NAME” menjadi alamat situs Blog Anda, misalkan ridwansanjaya.blogspot.com. Ukuran (size) kotak pencarian juga dapat dimodifikasi melalui tag INPUT TYPE=text name=q yang semula 31 menjadi 25 atau angka yang lain. Jika diperlukan, Anda juga dapat menghilangkan gambar Google untuk menghemat ruang.
Selanjutnya, hasil perubahan tersebut dapat Anda salin ke dalam situs web atau template blog yang Anda miliki. Untuk melihat hasil dari modifikasi, Anda dapat mengunjungi ridwansanjaya.blogspot.com.

2 komentar:

Anonymous said...

wah..kebetulan banget saya memang ingin sekali menambahkan search engine google di blog..tp akhirnya baru kali ni tau caranya..
itu link nya udh bener? kok saya coba buka tidak bisa ya?
saya hanya ingin bisa menambahkan link ke google saja..tapi tdk bisa untuk mecari info berkaitan blog tersebut di blog saya...
(mksdnya, ketika mengetikan keyword, kita bisa mencari info tersebut di blog ato ke google..
mohon untuk lebih dijelaskan..

terimakasih..

agung-semarang
max_pearlboy@yahoo.com

Living at Citra Raya said...

sy masih awam dg blog apalagi bhs program. di buku most wanted kode html yg halaman 46 dg halaman 48 kok beda ya? dan ketika saya coba keduanya hasil yg tampil tdk sperti yg dibuku. kata2 www dan blog ini tidak kelihatan. knp ya??
tq

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...