28 May 2008

Perpustakaan Virtual dengan Fitur iPaper

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 25 Mei 2008)

Bagi Anda yang telah terbiasa memanfaatkan internet sebagai media dalam berbagi ilmu dan pengetahuan, tentunya pernah berpikir untuk melindungi karya pribadi Anda dari kopi ilegal. Tindakan pencegahan berupa penyimpanan dokumen dalam format PDF read-only, ternyata juga tidak menjamin keamanan dokumen dari cetak ilegal. Diperlukan fasilitas yang dapat menayangkan karya Anda secara online tanpa dapat dikopi ke dalam komputer pengunjung.

Sebetulnya fasilitas ini sudah sering ditemui di situs amazon.com dan digunakan untuk menampilkan isi buku sebelum konsumen melakukan pembelian. Selain itu, situs books.google.com juga menggunakannya untuk menampilkan isi buku dari berbagai perpustakaan universitas terkenal di negeri Paman Sam. Lalu bagaimana caranya jika kita menginginkan fasilitas serupa untuk menayangkan karya-karya pribadi? Dengan begitu, dapat tercipta perasaan aman ketika berbagi ilmu dan pengetahuan untuk sesama.
Fitur yang diberi nama iPaper di dalam situs scribd.com mempunyai cara kerja yang sama dengan fasilitas “Search Inside The Book” yang ada di amazon.com dan Google Books. Situs ini menyediakan fasilitas document streaming atau membaca dokumen seperti layaknya melihat video di dalam Youtube.com. Pengunjung hanya dapat membuka dan membaca semua isi dokumen namun tidak dapat diunduh.

Proses
Berbagai file juga dapat didukung oleh layanan ini, antara lain PDF, DOC, XLS, dan PPT. Untuk menggunakannya, pemilik dokumen hanya perlu masuk ke dalam situs scribd.com dan melakukan proses unggah (upload) melalui tombol “Click to Upload”. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan pemilihan dokumen yang akan ditayangkan.
Proses unggah akan ditampilkan di dalam kotak “Upload Queue”. Tunggulah sampai proses dinyatakan lengkap 100%. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) apabila telah melakukan pendaftaran. Namun jika belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya, isilah nama pengguna, kata sandi, dan alamat e-mail di dalam kotak “Join Scribd”. Kemudian tekanlah tombol Signup untuk memproses pendaftaran akun Scribd.
Apabila proses pendaftaran berhasil dilakukan, isilah informasi dokumen tersebut secara lengkap, baik judul (title), keterangan (description), maupun kata kunci (tags). Jangan lupa menekan tombol Publish untuk menyimpan dokumen ke dalam server. Setelah proses tersebut selesai, Anda akan diperlihatkan dokumen-dokumen yang telah disimpan ke server di dalam halaman My Documents.

Streaming
Pilihlah salah satu dokumen yang ingin ditampilkan dari daftar di All Documents. Tunggulah beberapa saat sampai proses loading dokumen selesai dan menampilkan halaman pertama. Kemudian tekanlah tombol Embed di atas dokumen dan kopi kode HTML yang muncul di dalam kotak isian “Embed This Document”. Jika diperlukan, Anda dapat menekan link “Advanced Options” untuk mengatur ukuran tampilan dokumen.
Salinlah kode tersebut di dalam artikel website atau Blog yang terkait dengan menggunakan klik kanan mouse dan pilih menu Paste, atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl+V. Begitu berhasil disimpan dan ditayangkan, Anda akan langsung melihat dokumen tersebut tampil di dalam situs. Contoh hasilnya dapat Anda lihat di situs artikeledukasi.blogspot.com.
Sama halnya seperti Youtube.com, dokumen tersebut ditampilkan secara streaming oleh Scribd.com sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kepemilikan dokumen. Selain itu, dokumen tersebut juga dapat ditayangkan di situs lain melalui mekanisme penyisipan kode HTML yang mirip dengan Youtube.com. Dengan begitu, dokumen dapat terdistribusi secara luas melalui internet namun kepemilikannya tetap di tangan Anda. Bahkan perpustakaan virtual-pun bisa dibangun dari sini.

5 komentar:

agus suhartono said...

Ralat Mas, dokumen bisa di-unduk kok. Lihat ling di toolbar.

"Pengunjung hanya dapat membuka dan membaca semua isi dokumen namun tidak dapat diunduh."

Ridwan Sanjaya said...

Fasilitas download bisa dimatikan jika diinginkan, mas Agus. Silahkan diatur bagian Permissions, Licenses di setiap dokumen.
Contoh setting bisa dilihat di :
http://bp1.blogger.com/_1QTequ7ETCU/SFMBRqBKj3I/AAAAAAAAAHA/G2MJQ1qJndw/s1600-h/iPaper01.jpg
Dari sana hilangkan tanda cek pada MS Word, Plain Text, dan PDF

Terima kasih

harianku said...

wah wah baru tau saya, coba tak jajal dulu :)

Anonymous said...

Mas gimana kalau saya mau terapkan untuk intern portal di perusahaan (hanya untuk kepentingan intern, tidak bisa akese ke luar atau ke dalam) ? bagaimana cara up loadnya ? apakah ada program sejenis ini yang bisa upload di intern portal ?

Tks a lot

Wahyu

Ridwan Sanjaya said...

Coba gunakan ATutor atau Moodle dan digabungkan dengan ePresence module

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...