09 July 2008

Menggali Potensi Finansial Blog

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 8 Juli 2008)


Berbicara tentang Blog yang saat ini tengah digemari oleh banyak orang, seringkali tidak bisa lepas dari potensinya yang besar dalam hal pendapatan finansial. Google AdSense yang menjadi fenomena pendapatan online di Indonesia sejak tahun 2006 dianggap sebagai sumber pendanaan yang paling mudah dan menguntungkan.

Berbondong-bondong para pemilik web memasangkan kode AdSense di situsnya. Mereka berlomba-lomba untuk mendatangkan pengunjung ke situsnya, sehingga dapat menciptakan peluang untuk memperoleh dolar setiap kali iklan di-klik oleh pengunjung.

Informasi mengenai peluang ini terus menyebar, komunitas-komunitas bermunculan, sehingga akhirnya AdSense menjadi ladang bisnis yang luar biasa besar, menggiurkan, dicari-cari oleh banyak pengguna internet, dan seringkali menjadi sebab awal seseorang terjun ke dunia internet.

AdSense adalah hasil karya kreatif dan merupakan program periklanan yang ditawarkan oleh Google. Semua pemilik web diperbolehkan memasang iklan AdSense di situs mereka asalkan tidak melanggar perjanjian yang sudah ditetapkan oleh Google AdSense. Iklan yang ditampilkan adalah iklan-iklan dari para pemasang iklan yang terdaftar di Google Adwords.

Google Adwords merupakan layanan dari Google untuk menjaring iklan dari para pemasang iklan di seluruh dunia. Iklan tersebut akan ditampilkan di dalam halaman hasil pencarian Google, situs-situs rekanan Google, dan situs-situs yang bergabung ke Google AdSense

Para pemasang iklan di Adwords dapat mengatur kata kunci (keyword) yang menyebabkan iklannya tampil di sebuah website. Apabila isi dari situs Anda sesuai dengan kata kunci yang telah diatur oleh para pemasang iklan, maka iklan tersebut akan muncul di dalam situs Anda.

Apabila iklan tersebut di-klik oleh pengunjung situs Anda, maka si pemasang iklan akan membayar sejumlah uang kepada Google sesuai dengan besaran dana yang dia ajukan sebelumnya. Selanjutnya Google akan menyimpan sejumlah uang ke dalam akun Anda sebagai hasil jerih payah menarik pengunjung memilih iklan tersebut.

Melangkah Lebih Jauh

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada satu hal yang perlu ditekankan. Google AdSense bukanlah program cepat kaya seperti yang sekarang diasumsikan oleh banyak orang. Bukan kaya dalam satu malam, bukan pula mendapat ratusan dolar hanya dengan duduk depan komputer 10 menit sehari.

AdSense adalah bisnis yang sama dengan bisnis di dunia nyata! Sama seperti bisnis lain, perlu dedikasi yang tinggi untuk sukses di dunia ini. Penjelasan tersebut bukan untuk menakut-nakuti Anda, namun lebih semata-mata menghindari kesalahpahaman yang selama ini dibuat oleh banyak orang.

Banyak dari mereka kemudian mundur di tengah jalan setelah mengetahui bahwa ada yang perlu dipelajari, dipraktekkan, serta dibutuhkan ketekunan untuk mengelolanya. Agar tidak menjadi salah satu dari mereka, tulisan ini dibuka dengan fakta dan alasan yang sesuai dengan hasil yang akan Anda peroleh.

Namun optimislah, yakinlah dengan kerja keras hasil pasti akan dituai. Sudah banyak sekali para pemilik akun AdSense Indonesia yang berpendapatan rutin paling tidak 100 USD per bulan.

Anda bisa mampir ke forum adsense-id.com atau situs buku-adsense.blogspot.com untuk melihat dan membuktikan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk kalah sebelum bertanding. Belajar dan praktekan, niscaya penghasilan rutin dari Google AdSense bisa anda raih.

Yang Harus Dilakukan

Jika Anda bukanlah orang yang mahir membuat web, Blog dapat menjadi pilihan yang mudah. Pertama-tama, buatlah terlebih dahulu akun Blog di www.blogger.com. Blogger.com atau sering disebut sebagai Blogspot merupakan layanan Blog gratis yang memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam memasang iklan dari Google AdSense. Layanan Blog gratis yang lain tidak memungkinkan untuk hal tersebut.

Selanjutnya mulailah menulis berbagai hal yang Anda sukai. Jika dimungkinkan, tulislah dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca oleh pengunjung dari seluruh dunia. Jika perlu, Anda bisa menggunakan dwi bahasa dalam satu artikel untuk mempermudah pengunjung Indonesia dan manca negara.

Selanjutnya promosikan Blog Anda ke pengguna internet di seluruh dunia melalui Google, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya. Anda dapat mencoba http://www.google.com/addurl/ untuk mendaftarkan situs Anda ke dalam Google dan https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit untuk Yahoo!.

Untuk membuat betah pengunjung, tambahkan beberapa asesoris Blog atau sering disebut sebagai widget ke dalam sisi Blog. Salah satu widget yang umumnya dibutuhkan adalah kotak pesan atau shoutbox untuk meninggalkan pesan, berkomentar, ataupun memberikan kritik dan saran. Asesoris jam, kalender, dan pencatat jumlah pengunjung (web counter) juga umumnya dipasang untuk memperindah tampilan Blog.

Setelah semuanya disiapkan, Anda dapat mendaftarkan diri ke Google AdSense, baik melalui http://adsense.google.com maupun melalui fasilitas penambahan elemen halaman yang terdapat di dalam menu Tata Letak atau Layout. Anda akan memperoleh kode JavaScript yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan di dalam Blog Anda.

Tidak Harus Dikunjungi

Karena Blog menyediakan teknologi RSS atau Really Simple Syndication, artikel yang Anda tulis di dalamnya bisa dibaca oleh orang lain tanpa harus mengunjungi situs pemiliknya. Anda bisa menggunakan ponsel, PDA, atau aplikasi desktop untuk membaca artikel-artikel di dalam Blog tanpa harus membuka situs tersebut. RSS merupakan format dokumen untuk bertukar konten yang menggunakan kode-kode XML.

Selain RSS, Anda juga dapat menggunakan Atom yang berfungsi sama namun lebih baru namun belum digunakan secara luas. Sama halnya dengan RSS, Atom juga merupakan format dokumen untuk bertukar konten yang menggunakan kode-kode XML.

Dengan menggunakan Aggregator atau pembaca dokumen RSS/Atom, sebagian informasi di dalam Blog bahkan dapat digabungkan ke dalam situs lain. Sebagai contohnya, Anda dapat melihat berita-berita dari situs web media massa tertentu di dalam http://bukutips2.blogspot.com dan http://id.yahoo.com.

Apabila sebagian informasi tersebut di-klik, maka halaman web akan berpindah ke halaman pemilik informasi tersebut. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan popularitas dan jumlah kunjungan ke situs Anda. Semakin banyak pengunjung, apalagi dari mancanegara, semakin terbuka peluang iklan-iklan yang ada di dalam Blog dipilih.

Semakin banyak iklan di-klik oleh pengunjung, maka semakin besar peluang untuk memperoleh dolar dari Google AdSense. Asalkan jujur dalam menjalankan usaha ini, pendapatan tersebut akan dapat Anda nikmati dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Sudah tidak sabar mendapatkan Dolar dari AdSense?

25 komentar:

Education Baby and blog said...

mas emang bener kalau adsense susah dapat dollarnya, bagaimana agar para pengunjung blog kita klik iklan adsense kita.mohon pencerahan

retno said...

surprised dengan artikel ansense Bapak setelah sebelumnya -mungkin kesan saya saja- seolah Anda 'mengindar' bila ditanya tentang adsense dalam forum tanya jawab ttg blog(yang baru saya ikuti 2 kali). Lebih asyik lagi bila Anda menggelar macam workshop atau apalah yang tentunya bisa bikin kita2 ini kecipratan pinter sekaligus dollar(he3). Sekalian tanya, nih. Saya memiliki blog. yg satu kalau sign in pakai yahoo, satunya lagi pakai google. Tapi kalau pas saya buka mail pakai google kalau mau sign in blog yang pakai mail yahoo koq tidak bisa kenapa, ya Pak? Dan bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih sebelumnya.

Ridwan Sanjaya said...

Hehehe kesan Mbak Retno benar :-)
Anggapan AdSense sebagai cara cepat kaya dan mudah kaya seringkali menjadi beban bagi saya ketika bercerita tentang AdSense.

Namun sejak teman-teman, ditambah dukungan dari Elex Media dan Telkom Speedy meyakinkan bahwa masyarakat kita membutuhkan informasi secara detil dan bertanggung jawab, maka jadilah artikel ini :-)

Pada minggu ke-2 Agustus 2008, akan terbit buku "Meningkatkan Finansial Dosen, Guru dan Mahasiswa dengan Blogspot dan AdSense" yang akan diikuti dengan workshop. Rencana pertama, workshop akan diadakan di Yogyakarta dan Semarang.
Silahkan menunggu informasinya. Atau booking ke Pak Dimas - Elex Media Yogyakarta melalui email customer_elex@yahoo.co.id

Terima kasih

usri said...

untuk mendapatkan klik yang hebat drp pengunjung web kita perlu promote hari2 web kita...Tq.

lovepassword said...

@Pada minggu ke-2 Agustus 2008, akan terbit buku "Meningkatkan Finansial Dosen, Guru dan Mahasiswa dengan Blogspot dan AdSense" yang akan diikuti dengan workshop. Rencana pertama, workshop akan diadakan di Yogyakarta dan Semarang.

Memangnya yang butuh Finansial cuma Dosen, Guru dan Mahasiswa saja yah ? Hi Hi Hi....-

Salam Ya. Saya suka buku anda.
Hi Hi hi lagi....-

Anda sudah sering bikin workshop soal blog di Semarang ya ? Kok aku gak tahu ya ? Wah kurang publikasi tuh.

SALAM Mas Ridwan

Ridwan Sanjaya said...

@LovePassword
Penulisan "Dosen, Guru dan Mahasiswa" di dalam judul tersebut terkait dengan latar belakang penulisan (ada di bab 1) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam buku tersebut :-) Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh pembaca di luar dosen, guru, dan mahasiswa :-)

Terima kasih untuk masukan publikasi workshop. Saya akan sampaikan ke panitia penyelenggara :-)

Thanks

Ryan Eka Cahaya said...

Bagus sekali ya

simple idea is a good action said...

hmm nice blog... mampir ke blog saya kl pas lewat..ak suguhin pisang bakar
Thanks

arief said...

bos.....Q mw minta tolong nie, ko sampe detik ini ko Lum dapat balas ya sama adsense padahal dah lama banget Q daftarin........nie ad:http:// www.chaplien77.blogspot.com

andi said...

Wah menarik sekali buku "Meningkatkan Finansial Dosen, Guru dan Mahasiswa dengan Blogspot dan AdSense". Bisakah buku ini di pesen untuk masyarakan di luar pulau jawa dan pembayarannya melalui apa? tks

Ridwan Sanjaya said...

Pak Andi,
Dijadwalkan terbit 27 Agustus 2008. Untuk pemesanan, silahkan akses http://elexmedia.multiply.com/calendar/item/10110

Terima kasih

asih said...

Malam Mas Ridwan,
Bolehkah saya rangkum dan translate artikel Anda ini ke English untuk posting Blog saya?

Ridwan Sanjaya said...

Silahkan dirangkum, mbak Asih. Namun tetap mencantumkan sumbernya tho? ;-)

HUMAN KNOWLEDGE BELONG TO THE WORLD said...

makasih mas....


saya bisa banyak tau tentang komputer karena bantuan mas...


sekali lagi thankyou ya....

Yoga said...

Makasih pak atas infonya. Saya juga masih baru di dunia blog dan lagi nyoba belajar bisnis online. Belum ke google adsense. Soalnya musti lancar kan bahasa Inggrisnya?

rareahak said...

mas Ridwan sama kaya mbak Asih mau minta ijin nyomot artikel mas buat nambah postingan saya, maklum masih newbie jadi masih comot sana sini buat nambah postingan dan berbagi buat sesama newbie...
makasih sebelumnya btw koq di linksnya ada SMU 1 Demak ya...
emang mas alumni sana?

Ridwan Sanjaya said...

Silahkan mas. Namun tetap mencantumkan sumbernya lho :-)

Saya alumni SMUN 1 Demak :-)
Anda juga ya?

ryarif said...

salam kenal
saya arif
saya punya situs dan ada adsens nya
pertanya anya
gimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung di situs saya
mohon penjelasan.
trimakasih

R Wansya said...

Pak Ridwan, kapan ke solo? saya punya rencana bikin seminar plus workshop, pemanfaatan blog untuk bisnis, hobi, dan pendidikan. seperti buku yang bapak tulis.

januari 2009 di uns solo. rencananya pak ridwan jadi pematerinya, bisa kan pak?

oya...bisa bantu link pendanaannya?atau pak ridwan punya saran buat kepanitiaan,biar acaranya bisa berjalan lancar. terima kasih sebelumnya

emawati said...

Mas, thx yah untuk buku blogspotnya, aku dah pake dan alhamdulilah sudah bisa diaplikasikan. Lumbayan sudah ada sedikit dollar walau masih tersendat-sendat. Mas tolong dibantu apakah dalam 1 account adsense saya boleh menyertakan 2 situs blog/URL ? Terima kasih

Ridwan Sanjaya said...

@Emawati : Bisa dan harus...

fery said...

mas ridwan sanjaya, bagaimana jika blog yang mempunyai toko online? apa juga bisa daftar adsense

Ridwan Sanjaya said...

bisa saja, asalkan Google menyetujui permohonan Anda

Rahasia Orang Kaya said...

Ikut komentar Pak Ridwan...
Iya Pak... kalau saya amat-amati banyak orang yang mencari resep cepat kaya di internet. Salah satunya dengan adsense. Padahal tidak ada resep kaya instan apapun didunia ini, semua butuh proses dan mindset yang tepat untuk mejadi kaya baik dr dunia online maupun dr dunia offline.

junx-crix said...

maksih bos....dari panduan dan artikel yang saya baca sedikit demi sedikit bertambah masukan buat saya.
dengan Ridho Allah swt,jika ada waktu mohon berkenan datang ke blog saya yang masih nol besar.semoga Allah membalas kebaikan agan .terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...