24 August 2008

Tampilan Blogspot Makin Gress

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 24 Agustus 2008)

Sepertinya Google tidak pernah kehabisan inovasi untuk produk-produk yang dihasilkannya. Meskipun gratis, ada saja fitur-fitur baru yang ditambahkan ke dalamnya. Tidak ketinggalan dengan Blogspot atau Blogger.com, layanan Blog gratis yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Jika Anda melihat ke dalam layanan yang disediakan oleh Blogspot, tampaknya semua yang telah disediakan di sana sudah mencukupi semua kebutuhan pengguna Blog. Meskipun tidak berbayar, pengguna diberikan kebebasan untuk mengganti kode-kode penyusun tampilan Blog. Sehingga tampilan menjadi lebih bervariasi dan dapat digunakan untuk menggali potensi pendapatan.
Pengaturan tata letak asesori-asesori (widget) di dalam tampilan Blog juga dapat diatur dengan menggunakan fasilitas drag and drop. Untuk memindahkan posisi asesori, pemilik Blog hanya perlu menggeser-geser asesori dengan menggunakan mouse. Hal ini sangat memudahkan pengguna, baik pemula maupun mahir, untuk mengatur tata letak.

Mengganti Domain Blogspot
Bahkan kita juga diberikan kebebasan untuk mengganti domain blogspot.com menjadi domain co.cc, com, net, org, atau yang lain tanpa dikenai biaya tambahan. Contoh implementasi penggantian domain blogspot.com tersebut dapat dilihat di situs www.bukutips.co.cc dan blogridwan.sanjaya.org.
Dengan banyaknya fasilitas tersebut, apakah Google masih merasa perlu untuk mengembangkan lebih lanjut? Ternyata masih! Pada tanggal 11 Agustus yang lalu, Google merubah sedikit tampilan di pengaturan tata letak.
Jika semula untuk menambahkan asesoris, kita memilih link Add a Page Element atau Tambah Elemen Halaman, maka kini berubah menjadi Add Gadget atau Tambah Gadget. Penggunaan istilah Gadget ketimbang istilah widget yang sudah banyak digunakan oleh layanan blog lainnya, membuatnya menjadi terdengar lebih futuristik.
Selain perubahan istilah, Anda akan menemukan koleksi asesori-asesori tambahan ketika menekan link Add Gadget. Jika sebelumnya koleksi asesori hanya terbatas pada asesori-asesori dasar yang saat ini digolongkan di dalam kategori Gadget Basic, kini bertambah semakin banyak dan dikelompokkan ke dalam dua belas kategori!
Beberapa asesori yang disarankan masuk ke dalam kelompok Featured. Sedangkan asesori yang banyak digunakan Blogger masuk dalam kelompok Most Popular. Namun bagi mereka yang menginginkan untuk melihat asesori terbaru, dapat memilih kelompok Newest.

Kolaborasi Google
Semua gadget yang ditawarkan bukan produk dari Google semata. Kolaborasi antara Google dan penyedia gadget di seluruh dunia sangat terlihat di sini. Ada gadget untuk web counter, instan messenger, permainan, kata-kata mutiara, seni, saham, valas, emas, olahraga, dan masih banyak lagi.
Apakah hal ini berarti pengguna Blogspot harus belajar lagi? Ternyata tidak! Secara prinsip, operasionalnya masih sama dengan sebelumnya. Jika dulunya Anda menambahkan elemen halaman yang dipilih melalui tombol Add to Blog atau Tambahkan ke Blog, saat ini Anda bisa menambahkan dengan menggunakan tombol plus (+).
Saat ini Google sudah menyediakan tambahan asesoris yang luar biasa banyaknya. Anda hanya perlu memilih kategori asesori yang Anda inginkan dan menambahkan gadget yang diinginkan dengan menggunakan tombol plus (+).
Koleksi asesori yang cukup lengkap ini akan membuat Anda tidak perlu mencari-carinya kemana-mana.

39 komentar:

Andi Sugiarto said...

Ya, saya sudah lama enggak ke blogspot sejak punya .com sendiri. Artikel pak Ridwan sangat bermanfaat dan praktis, jadi gampang ngerjakannya.

Keep on the good work!!

anton said...

Pak..mau tanya nih.
Saya membuat blog, dan saya ingin mengubah tata letak disertai tambah Gadget, untuk tambah gadget kok nggak bisa disimpan/ditambahkan, kenapa pak ya?
Terima kasih atas jawabnya

Liliyana Waty Tandarto (Lili Metta) said...

Pak, saya punya blog:planetvege.blogspot.com. Bagaimana cara bikin tulisan hanya singkat di home lalu ada tulisan selanjutnya....(kita klik) juga bgmn cara taruh comment? Tq ya pak, buku Pemanfaat Blog Bapak sangat menolong saya membenahi bolg tsb.

Ridwan Sanjaya said...

Untuk memberikan lanjutan artikel, Bu Lily bisa mempelajari "Membuat Blog dengan Blogspot Lanjutan" (ridwan.sanjaya.org/buku.bloglanjutan.html)

Liliyana Waty Tandarto (Lili Metta) said...

Pak, mengapa komentar tak mau muncul di blog planetvege.blogspot.com? Sedangkan ketika saya coba bikin blog baru komentar dan waktu posting oleh dan waktu keluar?
tq ya pak ats bantuannya. Bapak sudah membuat hidup Bapak berarti dengan banyak menolong orang

Liliyana Waty Tandarto (Lili Metta) said...

Pak, kami sudah cari ke Gramedia Sunter Mall jakarta dan juga ke Gng Agung tapi buku lanjutan karangan Bapak kosong, laris amat ya Pak, kapan bisa tersedia?

Ridwan Sanjaya said...

Buku lanjutan memang sempat kosong namun sudah dicetak ulang.
Saya kontak ke Elex Media via wisnu@elexmedia.co.id. Semoga segera bisa dijawab. Terima kasih.

Liliyana said...

Pak, kata2 diposting dan komentar tetap tak mau muncul di planetvege.blogspot.com saya walaupun sdh saya set komentar tampilkan dan psting baru ada komentar, juga sudah saya coba edit seperti saran bapak. Lalu tlg ty lg Pak di buku pemanfaatan bolg utk bisnis, hobby dan pendididkan kan ada artikle ttg pengunjung (globe berputar), lalu ketika kita klik here for detail ke geolocation keluar angka di samping peta, angka ini tidak sama tapi lebih kecil dgn jumlah di hal pengunjung blog kita, angka di samping peta hijau angka apa ya pak? tq

kamusarea said...

iya nih blogspot ngeganti tampilan
saya sempat bingung juga
tapi setelah terbiasa lumayan juga

satu yang disayangkan sampai sekarang saya masih belum ada menu add adsense nya kenapa ya?

Bintang Disurga said...

Selamat malam Pak Ridwan, saya sudah coba trik menambahkan widget translate seperti petunjuk dalam buku Bapak "membuat blog dengan blogspot halaman 155 ...5.3 Menyediakan penerjemah bahasa...saya sudah masuk ke www.toggletext.com............sepertinya web nya lagi error atau saya yang kurang faham....lalu saya coba aja ketik html seperti di buku Bapak...benar tombol translate nya nongol...tapi waktu saya klik ...malah menuju halaman togglettext.com....pesannya begini
The page you are requesting no longer exists on this server. Please return to www.toggletext.com and try again......maksud nya apa ya Pak Ridwan....oh ya minta info juga Pak Ridwan buku membuat blog dengan blogspot lanjutan bisa dipesan nggak ya pak..isinya ada fasilitas cara meletakkan komentar di bawah posting...soalnya saya sudah coba buat versi hakimtea...gagal teus..thanks ya pak

tadi saya coba di http://ujiilmublog.blogspot.com

web blog said...

makanya aku tambah sayang ama blogger

Anonymous said...

Weblog ini sangat luarbiasa!!!
salam kenal dari kami di
Serba Serbi Weblog

http://pusat-inspirasi.blogspot.com

Anonymous said...

pada akhirnya blogger secara berangsur2 akan mengadopsi wp. meski rada telat, tapi setidaknya akan memberikan kenyamanan bagi para user blogger. karena beberapa alasan, memang blogger lebih efisien, dan praktis ketimbang wp, apalagi jika sudah mengadopsi mesin wp. trims

Abednego said...

Beberapa waktu lalu saya ke toko buku Gramedia dan membeli buku "Most Wanted Blogging Tips" karangan anda.Saat itu saya hanya coba2 saja ternyata buku panduan anda memudahkan membuat blog pribadi saya.Meskipun belum sempurna tapi rasanya senang sekali bisa buat blog sendiri.Tampilan yg dibuku memang sedikit berbeda dgn Blogspot yg makin gress,tapi malah memudahkan saya.Please saran dan kritiknya pada blog saya abednego-positifthinking.blogspot.com

GBU

Liliyana W. Tandarto said...

Pak, saya pakai template http://finaltemp281.blogspot.com/ dari finalsense template 4 colums yg gbr strawberry,
tlg tanya jika saya mau upload header dan pattern editnya di mana?

Tks Pak.

Ridwan Sanjaya said...

Bu Lili,
Beberapa template seringkali sudah memasang gambarnya ke dalam kode XML, bukan sebagai bagian dari elemen. Jika link "edit" pada header setelah diklik tidak menampilkan gambar, cobalah untuk menimpanya dengan upload gambar. Jika tidak bisa, kode XML harus di-edit secara langsung melalui menu "Edit HTML"

Liliyana Waty Tandarto said...

Pak, kalau di pratinjau gbr starwberry dan formatnya headernya sama persis dgn yg di finalsense 4 kolom tapi setelah disave, di blognya tetap tak mau keluar gambar headernya. Apa yg perlu diedit ya pak?

Terima kasih Pak sdh meluangkan waktu membantu

Lili
www.newvegeplanet.co.cc

Ahmad Zaky said...

oh begitu ya kalo punya blog yang gratisan.

Ridwan Sanjaya said...

Hehehe... blog gratisan atau berbayar yang penting adalah fungsinya :-)

Rosikhin said...

ya, jadi gak perlu nambahin kode HTML dari penyedia lain. Karena sekarang pun sudah cukup banyak widget di blogspot.
jadi makin GRESSS!!!

praktikum tik said...

Maf pak saya mau tanya... ada ga sie penjelasan keterangan untuk memvariasian gadget yang diluar blogspot itu sendiri...
Teman saya ada yang menambahkan program TV di dalamnya, bagaimana caranya kah itu???

Nose Indra said...

Wah infonya menarik.. Makasih bwt infonya!

Alan said...

pak..gimana caranya kita untuk menambah gatget di blognya kita sendiri.
thank

Alan said...

pak..
gimana caranya untuk menambah gadged diblognya kita
masalahnya saya baru punya blog nich jadi masih bingung..
thank...

Ridwan Sanjaya said...

Gunakan Add Gadget atau Tambah Gadget di halaman Layout atau Tata Letak, mas

Ridwan Sanjaya said...

Gak perlu bingung, mas :-) Silahkan baca buku Membuat Blog dengan Blogspot :-)

cooldecool said...

Buat para pemula kaya saya, jadi lebih gampang untuk customize..

dudun said...

terima kasih atas infonya, caranya untuk menjadi org gimana?
sekalian bagi yang ingin berjualan pulsa all operator di sini tempatnya http://cutecellular.blogspot.com/

Ridwan Sanjaya said...

Mas Dudun, silahkan baca buku Most Wanted Blogging Tips RELOADED atau buku Cara Kilat Mempunyai Website Sendiri.

mbahe54 said...

terima kasih artikel sangat berguna bagi saya yang baru belajar ngeblog

Acme People Search Engine said...

Hebat Mas Ridwan,blonya sangat menarik.isinya usefull seperti buku yganda tulis,kebetulan baru tahu jd baru beli satu neeh(step by step blogspot).Kenapa blogku koq ga bisa diakses Search engine pdhal sdh didaftarin dan sudah di ping/pingomatic...tolong penjelasannya dong mas..
Ridwan> http://ridwan-serch.blogspot.com

Ridwan Sanjaya said...

Coba tukar menukar link dengan teman-teman blogger lainnya. Trus, jangan lupa sering tulis artikel dengan tag-tag yang eye-catching :)

Acme People Search Engine said...

Mas Ridwan,postingnya keren abiss...maksud saya contentnya bagus-bagus....
Mas,saya kan newbie dan baru ngeblog sebulan ini...mau nanya nich,kalo pasang banner sponsor di blog kita gimana yach,copy pastenya kemana...di widget atau edit html??
terima kasih lho mas kalo mau bantuin newbie seperti saya,dan alam sukses selalu yach?

Ridwan>http://ridwan-search.blogspot.com

Ridwan Sanjaya said...

Bisa dua-duanya.

internet indonesia said...

blogger emang markotop

Keyword Populer 2011 said...

Agan yang satu ini benar2 mantap, gak ada bosennya Berbagi Ilmu, Makasih Gan Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang otak atik tampilan Blog. Tampilan Blog Agan Keren banget, simple dan Rapih.

Mohon bantuannya review Blog baru saya Ya Gan yang lagi saya Otak-atik nih, Mampir ke sini Ya Gan http://janganbugil.co.cc

Mohon bantuannya Reviewnya dari Agan Master...

Ridwan Sanjaya said...

Novi (semoga tidak salah), Blognya bagus koq... informatif dan punya potensi untuk earning online. Mungkin masukan satu hal saja, related tagnya perlu diatur tampilannya agar lebih cantik ^_^

Hp Cartridge Refill said...

Blognya Keren, Gmna Gan Caranya Bisa Bikin Blog Sekeren ini, Aku mau donk diajarin, Tampilan Blog Ku Jelek Nih Reviewin donk gan http://hpcartridgerefills.com Tolong ya Agan Master...

Salam Kenal,

Novie

Joyo Plencing said...

sip..mtrnwn ilmune mas bro...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...