10 October 2008

Berkirim Ucapan Lebaran dengan Video E-Card

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 5 Oktober 2008)

Hari raya Idul Fitri merupakan kesempatan yang baik untuk berkirim salam, saling bersilaturahmi dan memaafkan satu sama lain. Jika sebelumnya para pengguna internet berkirim kartu ucapan menggunakan template dari penyedia layanan, tahun inilah saatnya untuk berganti.

image

Kartu ucapan yang berasal dari penyedia layanan sudah tidak lagi spesial dan kreatif lagi di mata penerimanya. Jika satu sama lain menggunakan provider kartu elektronik yang sama, masing-masing orang mempunyai kemungkinan untuk menerima kartu yang sama.

Meskipun banyak penyedia layanan e-card yang telah menambahkan koleksi template dari tahun ke tahun, kartu yang dikirim tidak mencerminkan pribadi dari masing-masing pengirim.

Tahun ini, tentunya Anda tidak ingin berkirim kartu ucapan yang biasa-biasa lagi bukan? Tentunya akan lebih menarik jika kartu tersebut bisa dibuat berbeda satu dengan yang lain. Dengan teknologi yang lebih maju, Anda bisa berkirim kartu dengan menggunakan koleksi video masing-masing. Sehingga tampak lebih personal dan spesial.

Pembuatan video tersebut juga bisa dikerjakan tanpa kesulitan, apalagi dengan biaya yang mahal. Karena saat ini hampir semua orang bisa membuatnya sendiri melalui ponsel, kamera digital, webcam, maupun handycam pribadi.

Hasil rekaman dari masing-masing perangkat tersebut kemudian dapat digabungkan ke dalam e-card, untuk kemudian dikirim ke teman-teman Anda. Selain berbeda, kartu ini akan terasa lebih dekat karena tayangan yang Anda rekam khusus untuk mereka.


Penyedia Layanan

Kendati Lebaran jatuh 1 dan 2 Oktober, suasananya masih terasa sampai beberapa pekan ke depan. Jadi sekarang masih bisa berkirim ucapan. Untuk membuat e-card Lebaran dengan video sendiri, Anda bisa mengunjungi happybirthday.com, jalapenyo.com, atau ecard.flixn.com. Dari ketiga provider e-card tersebut, situs happybirthday.com dan jalapenyo.com yang paling mudah untuk digunakan.

Apabila ingin menggunakan layanan di happybirthday.com, Anda diharuskan untuk mengunggah file video yang akan digunakan ke dalam situs youtube.com terlebih dahulu. Sedangkan pada jalapenyo.com, mengharuskan Anda untuk mempunyai file video dalam format avi, mpg, mov, dan wmz.

Sebelum membuat kartu ucapan di happybirthday.com, terlebih dahulu unggahlah video dari dalam perangkat Anda ke dalam Youtube.com melalui http://www.youtube.com/login?next=/my_videos_upload.

Masukkan akun Youtube atau Google yang Anda miliki atau lakukan registrasi jika belum pernah mempunyai akun keduanya. Terdapat dua langkah untuk menyimpan hasil rekaman video ke dalam Youtube.com.

Setelah tersimpan, tersedia kode HTML yang dapat digunakan untuk menampilkan video di situs manapun. Salinlah kode HTML tersebut ke dalam kartu elektronik happybirthday.com. Selanjutnya tekanlah tombol Generate Card.

Melalui layanan tersebut, kartu ucapan lebaran yang Anda kirimkan akan tampil bersama video di dalamnya. Anda bisa saja menayangkan video anggota keluarga yang memberi salam, rekaman reuni Idul Fitri tahun sebelumnya, rekaman musik rohani, atau yang lain.

Dengan kartu tersebut, ucapan salam dan silaturahmi di hari lebaran akan tampak lebih menyentuh hati dan berbeda dengan kartu ucapan pada umumnya. (Ridwan Sanjaya, Dosen Ilmu Komputer UNIKA)

3 komentar:

faisol said...

terima kasih saya haturkan atas sharingnya...

selamat Idul Fitri 1429H... mohon maaf lahir & batin juga...

sebagai tambahan, saya membuat tulisan tentang "Idul Fitri, Kembali Fith-rah ataukah Kembali Fith-run?"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/10/idul-fitri-kembali-fith-rah-ataukah.html
(link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link tentang Muhasabah Idul Fitri)

semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin...

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

Ridwan Sanjaya said...

Terima kasih mas Faisol.
Semoga bisa saling mengisi.

Salam
Ridwan Sanjaya

kamusarea said...

memang keren juga ya pake video
apa lagi kita sambil baca puisi or nyanyi ya.jadi kata2plus video he he he...[asal jangan nyanyian gian aja akulah giant....]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...