12 October 2008

Tayangan TV dan Radio Berbasis Internet

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 12 Oktober 2008)

Ketika ditugaskan ke tempat yang jauh dari negeri sendiri, sering muncul perasaan rindu. Bukan hanya rindu terhadap keluarga, teman-teman, atau makanan yang hanya ada di sana. Namun juga rindu dengan suara radio yang selalu menyapa kita setiap hari. Juga berita-berita dari televisi yang dahulunya dengan mudah dilihat dengan sekali tekan tombol remote control.

imageUntungnya saat ini kita hidup di jaman yang serba maju. Dengan adanya satelit, televisi dan radio yang terkoneksi ke sana dapat diterima juga di negera lain melalui parabola. Namun bagaimana dengan mereka yang kesulitan atau tidak memungkinkan untuk memasang parabola di tempat tinggalnya?

Internet ternyata bisa menjadi solusinya! Saat ini banyak pihak yang telah menyediakan layanan live video streaming dan audio streaming untuk menerima televisi maupun radio dari Indonesia.

Pada saat ini, banyak stasiun radio yang telah menyediakan sendiri layanan audio streaming untuk mengatasi keterbatasan jangkauan pancar yang telah diatur dalam peraturan pemerintah. Hal ini memungkinkan siarannya dapat diterima di seluruh negeri maupun di luar negeri.

Untuk Semarang, radio yang telah menyediakan fasilitas ini adalah Gajahmada FM dan Rhema FM melalui alamat http://www.gajahmadafm.co.id:8000/live1.mp3 dan http://streaming.rhemaradio.com:5858 yang bisa diakses melalui perangkat lunak WinAmp dan sejenisnya.

Sedangkan bagi mereka yang menyukai akses melalui web, situs http://www.surfmusic.de/country/indonesia.html dapat dijadikan alternatif website untuk mendengarkan radio-radio di tanah air secara langsung.

Langganan

Namun kemudahan dalam mendengarkan radio melalui internet ternyata tidak banyak ditemukan di dalam layanan televisi. Tidak ada stasiun televisi Indonesia yang menyediakan sendiri fasilitas live video streaming untuk siaran-siarannya. Justru pihak-pihak ketiga yang menyediakan layanan tersebut.

Tri TV yang juga bekerjasama dengan SCTV menyediakan tiga paket langganan berkisar 5,99-9,99 USD per bulan bagi mereka yang menginginkan untuk melihat SCTV secara streaming, radio, maupun layanan Video On-Demand.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mau terikat dengan biaya bulanan, dapat mengunjungi http://www.imediabiz.tv. Saat ini, situs tersebut hanya menyediakan layanan untuk TransTV karena masalah pembiayaan. Kualitas layanan yang disajikan cukup bagus ketika diakses dari Bangkok.

Alternatif tidak berbayar lainnya juga bisa diperoleh melalui http://wwitv.com, http://www.binus-access.com/bee-watch, dan http://www.dennyshotspot.com. Pada wwitv.com, tersedia tujuh tautan yang dapat digunakan untuk mengakses Metro TV, RCTI, SCTV, Trans TV, TRI TV, program Liputan 6, dan program Voice of America.

Namun tayangan SCTV dan TRI TV sudah tidak bisa diakses lagi. Sedangkan tayangan TransTV justru mengarah ke Metro TV. Meskipun begitu, secara umum kualitas tayangan yang diberikan cukup bagus.

Program INDLINE

Selain menggunakan layanan berbasis web, tersedia layanan dari PT. Indonesia Lintas Net berupa program komunikasi dan multimedia yang bernama INDLINE. Nama program tersebut berasal singkatan dari nama perusahaan tersebut.

Dengan slogannya, One Application That Does It All, program ini menyediakan fasilitas kirim pesan seperti hanya Yahoo! Messenger, chat, e-mail client, e-mail multimedia, e-mail berupa suara dan video, pengiriman SMS, program word processor dan spreadsheet, organizer, serta sajian radio dan televisi secara streaming.

Tersedia dua tautan untuk melihat tayangan Metro TV dan Trans TV, serta tiga tautan untuk mendengarkan siaran dari Delta Radio, Female Radio, dan Prambors Radio. Dari sisi kualitas, INDLINE terbilang bagus dalam menayangkan Metro TV dan Trans TV secara langsung.

Dengan adanya program ini, Anda dapat berkomunikasi dalam berbagai cara sekaligus melihat tayangan dari stasiun televisi di Indonesia. Kerinduan para perantau di negeri orang terhadap Indonesia minimal dapat terobati melalui tayangan live tersebut. (Ridwan Sanjaya)

5 komentar:

fauzan said...

wah thanks ya mas infonya...
eh aku mau ngucapin makasih lagi. tadi aku beli bukunya yang berjudul most wanted blogging tips reloaded..
wah isinya bagus ya mas.. bolehkan aku sekalian review di blog aku..
mas tolong dong komentarin blog aku maklum nebie neh butuh saran dari ahlinya he...he...

Anonymous said...

mas, artikel ini saya copy-paste untuk tugas mata kuliah teknologi komunikasi. thanks b4
ahmadalwajih@gmail.com

henry ernanto said...

TV siaran indonesia Alternatif tidak berbayar lainnya juga bisa diperoleh melalui indoweb.tv dengan chanel yang lengkap dan masih plus chanel spt spacetone dll.

Arief brian said...

Om Ridwan orangnya emang the best yach !!! Hebat sekali,Arief kagum sama om.

Tolong om Ridwan kunjungi blog saya ya...Itu adlah suatu kehormatan bagi saya bila om mau ^_^

jeffrey said...

makasih mas untuk infonya.
btw,kasi tau dong,bagaimana sih caranya memperlebar sidebar di blogspot ?untuk sidebar kiri dan sidebar kanan

terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...