16 February 2009

Ramai-Ramai Kampanye via Facebook

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 15 Februari 2009)

FACEBOOK memang sedang menanjak popularitasnya. Meskipun belum termasuk yang paling atas dalam hal layanan social networking, namun lambat laun mulai mengambil hati banyak orang dengan berbagai kemudahan dan fasilitas di dalamnya. Sampai saat ini rata-rata pengguna Facebook memang lebih banyak pada usia dewasa dan di atasnya.

ScreenshotDengan melihat pangsa pasar tersebut, agaknya tidak salah jika dilihat sebagai tempat kampanye yang menarik bagi beberapa calon anggota legislatif. Dengan perkiraan lebih dari satu juta pengguna Facebook di Indonesia yang telah mencapai usia di atas 18 tahun, diharapkan dapat menyebarkan pengaruh dan informasinya kepada komunitas lainnya meskipun belum bergabung ke dalam layanan tersebut.

Hal tersebut dikarenakan karakteristik mobilitas pengguna di Facebook umumnya tidaklah statis. Pencarian dan penambahan teman di dalam Facebook bukan hanya dilakukan atas inisiatif sendiri karena kepentingan reuni atau sejenisnya. Namun juga bisa disarankan oleh anggota lain yang merasa mengetahui adanya hubungan pertemanan sesama pengguna.

Bahkan di dalam kolom sebelah kanan tampilan Facebook juga dimunculkan foto-foto anggota Facebook yang diperkirakan mempunyai hubungan pertemanan. Sehingga memungkinkan terbentuk komunitas dan saling memberikan saran atau dukungan terhadap hobby, aktivitas, minat dan fanatisme terhadap artis, bidang ilmu, atau bahkan calon anggota legislatif!

Beberapa calon anggota legislatif seperti Hayono Isman, Eggi Sudjana, dan Johan Tedja Surya dari partai yang berbeda mulai tampak foto dan kampanyenya di sisi kanan halaman Facebook. Beberapa pengguna Facebook yang ada juga mulai memberikan dukungannya dengan menjadi supporter di dalam profil mereka melalui link “Became a Supporter”.

Selain menjaring supporter (pendukung), mereka juga dapat menampilkan foto-foto aktivitas pendukung kampanye. Bahkan mereka juga bisa saling memberikan tanda (tag) pada foto-foto yang ditampilkan. Dengan fasilitas penanda di dalam foto tersebut, akan menciptakan perasaan yang lebih dekat antara caleg dengan pendukungnya.

Memasang Kampanye di Facebook

Untuk memasang kampanye di dalam layanan ini sebetulnya cukup mudah. Anda dapat mengunjungi alamat http://www.facebook.com/ads/create. Di sana, terdapat 5 (lima) langkah dalam menentukan konten iklan, sasaran pengguna, dan budget dana yang dimiliki untuk berkampanye. Setiap langkah disajikan dalam tampilan yang terurut sehingga setiap orang dapat mengikutinya tanpa kesulitan.

Langkah pertama adalah menentukan halaman yang akan dibuka ketika iklan kampanye dipilih. Umumnya mereka menggunakan profil Facebook yang memungkinkan berinteraksi dengan para pendukung melalui alat-alat bantu yang ada di dalamnya.

Setelah itu, langkah yang kedua adalah menentukan judul iklan dan informasi di dalamnya. Jika memiliki gambar atau foto yang akan dimuat bersama iklan, Anda dapat mengaktifkannya melalui pilihan “Upload a Photo”. Kemudian pilih file gambar di dalam komputer dengan menggunakan tombol “Browse...”.

Selanjutnya pada langkah ketiga, pemasang iklan diminta untuk menentukan sasaran pengguna yang diharapkan melihat kampanye tersebut. Penentuan target ini sangat penting untuk memastikan iklan tampil di halaman pengguna yang tepat. Umumnya untuk kampanye, target tersebut dapat diatur berdasarkan negara pengguna (location) saja.

Namun jika menginginkan lebih spesifik, sasaran bisa diatur berdasar pada jenis kelamin (sex), usia (age), kata kunci yang terkait dengan profil pengguna (keywords), jenjang pendidikan (education), tempat kerja (wordplaces), status relasi dengan pasangan (relationship), atau bahkan minat terhadap lawan jenis (Interested in).

Pembayaran Iklan

Pada langkah keempat, setiap pemasang iklan diberikan dua pilihan dalam pembayaran iklannya. Yang pertama berdasarkan klik iklan dan yang kedua berdasarkan tampilan saja. Anda akan diminta menentukan budget iklan setiap harinya dengan nilai minimal 1 USD setiap harinya. Isian tersebut akan menentukan frekuensi tampilan iklan di dalam Facebook.

Selain itu, Anda juga diminta untuk mengisi nilai terbesar yang bisa Anda berikan pada saat iklan diklik. Isian nilai lelang tersebut akan menentukan prioritas tampilan iklan di dalam Facebook. Pada bagian terakhir, terdapat pilihan waktu tampilan iklan yaitu tampil setiap hari dengan dimulai pada saat ini atau pada tanggal tertentu saja. Pemantauan kinerja iklan dapat dilihat melalui http://www.facebook.com/ads/manage.

Setelah langkah keempat tuntas, Anda akan melihat tampilan iklan yang utuh beserta rangkuman iklan yang sudah dipilih. Di bawahnya terdapat mekanisme pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Di jaman sekarang, mekanisme ini tentunya sangat mudah bagi pemilik kartu kredit. Namun yang perlu diperhatikan, jangan melakukan transaksi ini di depan umum atau di tempat umum demi keamanan. Selamat berkampanye secara online!

2 komentar:

fahmie said...

Wah bagus banget pak,,,info nya..!

fachrizal said...

buku 'membuat bog dgn blogspot' sdh kubaca..dan aku bisa membuat blog lebih mantap lagi..trims ya, pak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...