07 March 2010

Kontrol Presentasi dengan Ponsel

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 28 Februari 2010)
Salah seorang teman mengirimkan pesan singkat, menanyakan mengenai keberadaan dan harga presentation clicker atau remote control untuk presentasi.

logitech-presenterBeberapa perusahaan seperti Kensington, Logitech, dan Keyspan menyediakan alat untuk keperluan tersebut dengan harga 45 sampai dengan 60 USD atau berkisar 400.000 sampai 500.000 rupiah.
Di Indonesia, Anda juga bisa menemukan produk sejenis, Infiniter Laser Presenter atau Powersenter, dengan harga yang sedikit lebih murah dari merek di atas, berkisar 275.000 sampai dengan 399.000 rupiah.
Namun kontrol jangkauan yang diberikan cukup terbatas. Rata-rata dukungan yang bisa diberikan oleh alat-alat tersebut hanya berkisar 10 sampai 15 meter saja. Jika diganti dengan tetikus (mouse) tanpa kabel, jangkauan yang diberikan seringkali tidak melebihi kemampuan alat di atas.
Jika Anda sudah mempunyai ponsel yang dilengkapi dengan bluetooth, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan membeli alat-alat tersebut. Apalagi rata-rata ponsel saat ini telah dilengkapi dengan perangkat bluetooth di dalamnya.

Bluetooth Class 1
Anda hanya perlu memasang program yang dibutuhkan untuk bisa memfungsikan ponsel menjadi alat kontrol presentasi dari jarak jauh. Apabila perangkat bluetooth yang disertakan di dalam ponsel termasuk golongan Class 1, maka jangkauan bisa dimungkinkan mencapai 100 meter.
Salah satu ponsel yang dilengkapi dengan bluetooth Class 1 adalah Motorola RAZR V3. Anda bisa mengkombinasikan dengan Bluetooth Adapter USB yang menyertakan dukungan Class 1 di sisi komputer.
Penambahan perangkat tersebut dibutuhkan jika sebelumnya komputer tersebut tidak dilengkapi dengan Bluetooth Class 1. Namun harga perangkat bluetooth tersebut mencapai 140.000 sampai dengan 400.000 rupiah.
Terdapat beberapa program yang bisa Anda pilih untuk keperluan tersebut. Asalkan ponsel telah dilengkapi dengan dukungan Java, maka Anda segera bisa menggunakan ponsel sebagai alat kontrol presentasi melalui program-program tersebut.
Program Phone Remote Control atau dahulu diberi nama Bluetooth Remote Control merupakan program yang paling banyak digunakan saat ini. Program tersebut bisa diunduh melalui http://blueshareware.com/bluetooth_remote_control.asp.

Bisa dengan WiFi
prc_applications Pada versi yang terbaru, Phone Remote Control 5.2 telah menambahkan dukungannya atas perangkat WiFi. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengoperasikan tayangan presentasi dalam jangkauan 32 sampai 95 meter.
Hanya saja program ini merupakan shareware atau program yang bisa Anda gunakan dengan batasan tertentu tanpa perlu membayar. Pada versi percobaan ini, Anda dibatasi hanya bisa menjalankan beberapa klik saja. Apabila ingin memiliki versi lengkapnya, pembuatnya meminta bayaran senilai 12.95 USD.
Yang menarik, program ini bukan hanya melakukan kontrol terhadap presentasi Anda. Tetapi juga iTunes, WinAMP, Windows Media Player, File Manager, Screen Saver, sampai dengan mematikan komputer.
Bahkan Anda bisa melihat tampilan presentasi yang sedang Anda jalankan melalui layar ponsel. Tentunya, harga tersebut sebetulnya pantas dengan fasilitas sedahsyat itu. Apalagi jika Anda membutuhkan alat kontrol dengan jangkauan yang lebih melalui WiFi.

Program Gratis
mobilewitch-bluetooth-remote-control_01Namun jika Anda lebih menyukai perangkat lunak yang gratis, Mobilewitch Bluetooth Remote Control bisa dicoba. Program tersebut bisa diunduh tanpa biaya melalui http://www.mobilewitch.com.
Sedangkan untuk pengguna Linux bisa menggunakan program Any Remote yang bisa diunduh melalui http://anyremote.sourceforge.net/dload.html.
Pada dasarnya program-program tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian yang pertama harus dipasangkan ke dalam komputer dan bagian yang kedua harus dipasangkan ke dalam ponsel.
Kedua program tersebut akan berkomunikasi untuk menyampaikan perintah dari dalam ponsel ke komputer. Jika tersedia fasilitas untuk menayangkan hasil presentasi di ponsel, maka program di dalam komputer akan mengirimkan data ke progam di dalam ponsel. (Ridwan Sanjaya)

Link Terkait:
- E-Paper Suara Merdeka

1 komentar:

Uda Ridwan said...

mantap tu postingx......

lam knl dri ridwan.....
huhuy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...