09 April 2006

Marketing Melalui Blog, Kenapa Tidak

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 9 April 2006)

Pemanfaatan Blog tidak lagi terbatas pada kalangan individu semata. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft dan IBM telah memanfaatkan Blog untuk kepentingan bisnis mereka. Hal ini merupakan perkembangan positif dari fungsi Blog sekaligus membuktikan bahwa Blog tidak kalah dengan sebuah website.

Meskipun Blog atau Weblog juga merupakan salah satu bentuk website, seringkali dianggap sebagai situs yang tidak serius, bahkan tidak dianggap sebagai salah satu bentuk website.
Seperti yang telah dibahas pada rubrik Konek di Suara Merdeka Minggu edisi 5 Februari 2006, Blog merupakan salah satu bentuk website yang mudah dikuasai oleh pemula. Tanpa harus mengetahui pembuatan kode HTML, seorang pemula sudah dapat membuat situsnya sendiri.
Kemudahan ini bukan berarti mengecilkan nilai fungsi dan ilmu yang terkandung di dalamnya. Jika mau ditelusuri lebih jauh, banyak teknik yang perlu dipelajari untuk membuat sebuah Blog dapat dikenal oleh banyak orang. Bahkan menjadi media pemasaran yang handal.

Blog Marketing
Karena kemudahan yang diberikan Blog, seorang wirausaha dapat memulai aktivitas pemasarannya melalui internet sesegera mungkin. Ia tidak perlu menyewa seorang ahli pembuatan website atau ikut dalam kursus pembuatan website. Pembuatan Blog dapat dipelajarinya secara cepat dalam hitungan menit. Setelah itu, ia dapat mulai fokus pada aktivitas pemasaran.
Kemudahan dalam menampilkan gambar ke dalam Blog umumnya sangat menarik para pelaku bisnis untuk memulai penggunaan Blog dalam aktivitas marketing. Sebab salah satu hal yang paling diinginkan oleh mereka adalah dapat menampilkan gambar berbagai produk yang dimilikinya melalui halaman-halaman web yang dapat diakses secara luas melalui internet.
Bahkan jika diinginkan, klip video promosi produk juga dapat ditampilkan melalui blog tersebut. Sekali lagi, hal ini bisa dilakukan tanpa kemampuan teknik pembuatan website.
Kemudahan dan biaya yang rendah, atau bahkan hampir tidak ada, dapat sedikit meningkatkan kepercayaan diri para wirausaha dalam memulai menggunakan Blog untuk kepentingan bisnisnya.
Namun langkah-langkah apa yang dapat membuat konsumen percaya pada usaha Anda sekaligus produk yang Anda jual di Blog? Tanpa kepercayaan, situs usaha yang Anda buat baik Blog maupun non-Blog, hanyalah sebuah halaman profil perusahaan.

Kepercayaan Konsumen
Agar Anda dapat menyakinkan konsumen, Blog dapat diisi dengan berbagai komentar yang dikenal di dunia internet sebagai testimonial. Komentar ini dapat berasal dari berbagai tokoh daerah ataupun tingkat nasional. Komentar-komentar dari para tokoh yang berhubungan dengan bidang usaha Anda akan sangat banyak membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.
Selain itu, berbagai penghargaan yang pernah didapatkan oleh perusahaan Anda juga dapat ditampilkan ke dalam Blog. Penghargaan tersebut tidak harus berupa sertifikasi tingkat internasional sejenis ISO 9XXX. Foto penghargaan atau pengakuan di tingkat lokal dari pejabat atau tokoh lokal juga dapat membantu Anda dalam memperoleh pengakuan dari konsumen. Contohnya dapat Anda lihat di http://usahawan.multiply.com.
Kegiatan-kegiatan sosial yang pernah dilakukan oleh sebuah perusahaan dapat menimbulkan simpati pengunjung yang datang ke situs Anda, yang akhirnya ikut meningkatkan kepercayaan pengunjung atas profil usaha Anda. Di beberapa negera, kegiatan sosial mendapat perhatian yang cukup tinggi dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Maka tidak heran, publikasi kegiatan ini di dalam website juga tidak pernah ketinggalan.
Selain ketiga hal di atas, Anda juga dapat melakukan edukasi atau penyediaan informasi yang mendidik terhadap konsumen. Penyediaan artikel-artikel yang dapat membantu konsumen dalam memilih produk yang berhubungan dengan usaha Anda. Apabila konsumen merasa terpuaskan keinginannya dalam memperoleh informasi tersebut, hal ini dapat menciptakan ketertarikan konsumen terhadap perusahaan penyedia informasi tersebut.
Semakin banyak artikel yang disediakan di dalam situs tersebut, semakin populer situs tersebut di dalam mesin pencari. Apabila pengguna internet mencari informasi atau pengetahuan yang berhubungan dengan artikel yang Anda sediakan, maka mesin pencari juga akan menampilkan Blog yang Anda miliki. Hal ini disebabkan adanya artikel di dalam Blog Anda yang berkaitan dengan pencarian tersebut.

Jaringan Seluas-luasnya
Salah satu kehebatan Blog adalah kemampuan dalam membuat jaringan kontak antar sesama Blogger. Satu sama lain dapat mendaftarkan situs Blog-nya ke dalam situs Blog orang lain.
Semakin luas jaringan kontak yang ia buat, semakin tinggi peringkat (ranking) situs tersebut di dalam mesin pencari. Semakin tinggi peringkat di dalam mesin pencari, semakin mudah konsumen menemukan Blog Anda secara tidak sengaja. Urutan hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari salah satunya didasarkan pada peringkat tersebut.
Pertautan antar sesama Blog juga dapat menjadi aktivitas promosi dari mulut ke mulut. Hal ini juga dilakukan oleh “The Kampret Show” yang beralamatkan di http://thekampretshow.multiply.com dalam mempromosikan video kartun humor Indonesia yang ia produksi sendiri.
Setiap launching produk di dalam Blog, maka setiap orang yang berkaitan dengan daftar kontaknya akan ikut menerima informasi tersebut. Berbeda dengan spam, pengiriman informasi antar sesama Blogger yang tergabung ke dalam daftar kontak merupakan hal yang tidak melanggar etika.
Selain bergantung pada aktivitas mesin pencari dalam mendaftarkan berbagai situs di dunia secara otomatis, Anda juga dapat secara sengaja mendaftarkan alamat Blog yang Anda miliki ke dalam mesin pencari melalui mekanisme yang disediakan.
Untuk Google, Anda dapat mengakses alamat http://www.google.co.id/intl/id/add_url.html.
Sedangkan untuk Yahoo!, Anda dapat mengunjungi http://search.yahoo.com/info/submit.html.

Meskipun Blog telah dilengkapi dengan berbagai alat bantu yang dibutuhkan dalam pemasaran, akan menjadi sia-sia apabila tidak ada campur tangan dari kita. Agar pemasaran melalui Blog dapat efektif, wirausaha harus komitmen untuk meluangkan waktu, mencurahkan idenya dalam penulisan artikel Blog, dan memperluas jaringan kontak antar sesama pengguna Blog. Kerja keras dan kecerdikan kita dalam menggunakan Blog untuk aktivitas bisnis akan menghasilkan hubungan antar konsumen yang erat serta peningkatan peringkat dalam mesin pencari, reputasi Blog di dalam web, dan penjualan. Selamat memulai usaha di internet!

12 komentar:

pepeng said...

keren mas....wah bisa belajar sambil kerja nichhh

Ridwan Sanjaya said...

Mungkin agak bergeser dari fungsi Blog semula, tapi karena fungsinya yang hebat.. rasa-rasanya sayang kalau tidak digunakan untuk hal positif :-)

HaryonoAl2008inovasi said...

Luar biasa cara Anda menolong orang lain. Halus dan sopan. Terima kasih.

HaryonoAl2008inovasi said...

Marketing yang sangat bagus dan profesional. Congratulations
Mas Ridwan Sanjaya

Ridwan Sanjaya said...

Terima kasih, Pak Haryono
Sesama saling mengisi :-)

ipul said...

wah saya setuju bgt mas,karena dengan internet marketing bisa menjadikan kita orang yang berbeda.....

Artikel Internet said...

Wah.. sip gan belajar internet marketing memang dapat menghasilkan aset luar biasa, asalkan mau belajar dengan keras, kosisten dan fokus, trimakasih banyak mas shareY. salam spirit..!

yousuf said...

wah pemgen banyak belajar nih sama mas ridwan...

toko jati said...

terima kasih banyak Boz atas info nya, ini bermanfaat sekali bagi saya
www.tokojati.com

mebel jepara
mebel jati
jepara mebel
jati jepara
set kamar tidur jati
sofa jati mewah
pusat mebel jati jepara berkualitas
pusat mebel jati jepara berkualitas
pusat mebel jati jepara berkualitas

Meja Makan said...

terimakasih infonya

dave said...

Bermanfaat sekali, terima kasih

Cover Jok Mobil | Jok Mobil | Jok Mobil Murah

DigitalBrand said...

waw.. Keren Itu cara Kerja Marketing di blog, Bisa Dengan Memahami Ilmu Pengetahuan Donk.


Terima Kasih nya infonya sangat berguna

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...