02 April 2007

Mendulang Dolar Lewat Situs Pribadi

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 1 April 2007)

Ada saja bentuk kreatifitas Google dalam memasarkan produknya. Jika sebelumnya sponsor Google hanya dapat beriklan melalui situs pencariannya saja, saat ini iklan para sponsor tersebut bisa muncul dimana-mana. Di situs-situs non-Google, yang berhubungan dengan bidang yang dimiliki para sponsor, bisa menampilkan iklan tersebut.

Pemilik-pemilik situs tersebut bukan hanya tidak keberatan halaman-halaman websitenya dipenuhi oleh iklan dari Google, mereka bahkan berlomba-lomba untuk memasangnya di setiap website yang dimilikinya. Tentu saja hal ini bukan karena kebanggaan terhadap Google atau keisengan belaka, namun juga karena didasari oleh imbal balik dari Google.
Melalui program Adsense, setiap orang dapat menjadi wirausaha sebagai agen iklan bagi Google. Dengan menampilkan iklan dari sponsor Google, setiap pemilik situs mempunyai kesempatan untuk mendulang dolar jika ketentuannya terpenuhi, yaitu iklan tersebut dibuka oleh pengunjungnya.
Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke alamat https://www.google.com/adsense. Selanjutnya dengan langkah-langkah yang sudah tersusun di Adsense Setup, Anda akan diminta memilih jenis iklan beserta ukurannya. Pemilihan tersebut akan menghasilkan kode Javascript yang harus Anda letakkan di dalam halaman website atau Blog.
Program ini sebetulnya tidak berbeda dengan program affiliate banner yang sudah ada sebelumnya. Yang membedakan hanya terletak pada penyelenggaranya. Nama Google sebagai penyelenggara layanan di internet yang sudah terkenal menjadi jaminan tersendiri bagi pemilik situs. Kecil kemungkinan uang jasa yang sudah Anda peroleh hilang begitu saja karena perusahaan tersebut gulung tikar atau sebetulnya tidak pernah ada (fraud).
Jika kredit Anda telah mencapai seratus dolar atau lebih, Google akan segera mengirimkan dana tersebut dalam bentuk cek ke alamat Anda dan dapat dicairkan oleh salah satu bank swasta di dalam negeri. Namun untuk memperoleh uang seratus dolar bukanlah sesuatu yang mudah, terdapat teknik yang harus dikerjakan agar nilai tersebut dapat dicapai dengan cepat.

Tip
Teknik tersebut antara lain dengan membuat website yang menggunakan bahasa Inggris, Belanda, Jepang, Cina, Korea, Perancis, Jerman, atau bahasa lainnya yang sudah didukung oleh Google Adsense. Dengan begitu, iklan yang muncul akan sesuai dengan konten halaman yang menampilkan. Iklan menjadi tepat sasaran karena terkait dengan isi informasi pada halaman tersebut. Pengunjung akan lebih mudah tertarik untuk membuka iklan tersebut jika terdapat hubungan antara informasi yang ingin dicarinya.
Jika bahasa yang Anda gunakan adalah bahasa yang tidak didukung oleh Google Adsense, maka iklan yang muncul hanyalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat dari luar negeri tersebut bukan saja tidak menarik bagi sebagian orang, tetapi juga tidak terkait dengan isi informasi pada halaman itu. Pengunjung umumnya jarang membuka iklan yang tidak berhubungan dengan informasi yang dicarinya.
Selain itu, tidak banyak pengunjung dari dalam negeri yang membuka iklan yang muncul pada suatu website. Kebiasaan tersebut umumnya disebabkan oleh biaya akses internet yang berbanding lurus dengan waktu untuk membuka-buka website. Apabila pengunjung membuka iklan, maka waktunya akan lebih lama dan umumnya akan menyebabkan biaya akses menjadi lebih banyak.
Jangan lupa fokuskan konten website yang akan diisi pada bidang tertentu. Semakin fokus informasi di dalam suatu website, kecenderungan orang untuk datang kembali akan semakin besar untuk memperoleh informasi lain yang berkaitan. Isilah konten tersebut dengan informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga ketika pengguna internet menggunakan mesin pencari, situs Anda akan menjadi salah satu pilihan yang akan tampil di dalam daftar mesin pencari.

12 komentar:

pepeng said...

belom pernah coba...tapi kpn2 aku coba deh....
tp,lbh asik jual tribal deh...dolar ngalir trs..hehhehehe....

pie,pak..kpn bisa kopdar ama anak2 loenpia..????

Ridwan Sanjaya said...

Hahaha... sekali tukang tribal tetap tukang tribal :-))
Anytime bisa kopdar, Peng... except sunday yach.. :-) Pastilah... sekali-sekali pengen ikut

william said...

halo Pak Ridwan,
aku barusan baca article di SM

kebetulan aku dah beberapa kali dpt cek dari google. lumayanlah apalagi ukuran mahasiswa... ;)
banyak temen2 yg bahkan cetak dollar sampai 4 digit/bulan

di indonesia community terbesarnya ada di http://adsense-id.com, nangkring di sono tiap hari...

semester depan udah mulai kuliah lagi nih pak... udah bosen di rumah terus...

salam

Carolus Rudito said...

bos, kalau mau ikutan google adsense mesti punya rekening bank?

Ridwan Sanjaya said...

Gak harus punya rekening, karena Google akan mengirimkan dalam bentuk cek. Hanya saja beberapa Bank ada yang mensyaratkan seseorang harus punya rekening untuk mencairkan. Kalo yang ini, perlu ditanyakan kepada Bank yang bersangkutan.

A Feminist Blog said...

Pak Ridwan,
Thanks banget atas artikel ini. Kebetulan waktu baca artikel ini di koran beberapa bulan lalu, pas waktu saya pengen nyoba daftarkan blog saya ke adsense.
Sekarang ... yah ... revenue tambahnya lambat banget, mungkin kurang pinter promosi ya? selain lewat milis, ninggalin comment ke blog orang-orang lain, apalagi ya Pak?
Btw, hari ini saya nyoba edit template menggunakan www.finalsense.com. Beberapa template yang tersedia ga bisa langsung dipakai, karena saya harus ubat dulu template ke template klasik. Setelah itu, gimana mengembalikannya ke template yang baru ya Pak? Tapi tetap dengan template baru dari finalsense.com?
Terima kasih sekali Pak atas jawabannya. Sorry nih ngerepotin. :)

Anonymous said...

aku mau nanya bagaimana jika kita register adsensenya dijerman sedang alamat penerima wesel adsense kita memakai alamat rumah di kudus, jawa tengah. katanya semakin jauh orang yang mengklik adsense kita dari tempat dimana kita register adsense,maka pendapatan kita semakin besar, benar ga tu pak?
terus aku denger lagi katanya kalo kita daftarkan website kita yang berasal dari blogger, kita ga akan mendapatkan kiriman uang yang kita hasilkan seblaiknya justru uang itu akan diambil semuanya atau sebagian oleh blogger, benar ga pak itu? trims ya
tolong saya direply di bank_diaz@yahoo.co.id thanks banget pak ya

adjie said...

Pak Ridwan, kok gak bilang2 sih,ternyata untuk bisa pasang adsense harus minimal 18 tahun? aku mo nyobain itu ditolak! huwh... :(
berarti akuwh masih harus nunggu 1 tahun lagi. hiks... :'(

Benni Setiawan said...

Pak Ridwan, saya dua kali mecoba mendaftar di adsense, tetapi sebanyak sua kali juga saya ditolak dan tidak diperkenankan untuk memakai adsense. Mohon masukannya dan bagaimana car membuat blog yang bagus. Blog saya bennisetiawan.blogspot.com
Terima kasih

h13ro said...

saya ada blog. saya sering kali mengajukan adsense ke google, tapi slalu di tolak,bahasa yg saya pakai inggris, halaman blog cukup banyak. kasih cara atau tips yg lebih ok donk, agar saya bisa ditrima. email: h13ro@yahoo.com
h13ro.blogspot.com
trima kasih!!

ari said...

Mas Ridwan thx banget saya bisa memulai belajar blogger dari bukunya mas Ridwan walaupun masih perlahan2. Oh iya mas skr Situs saya sudah di disetujui adsense. Memang susah tp harus sabar dan tetap semangat

manu said...

Nice blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...