08 July 2007

Agar Blog Tampil Segar

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 1 Juli 2007)

Berbicara tentang Blog memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan jumlah pengguna internet yang ingin menggunakan Blog semakin hari semakin bertambah. Bukan hanya karena kepentingan, tetapi juga karena keingintahuan pada penggunaan Blog.


Karena hal tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UNIKA juga akan mengadakan pelatihan Blog untuk siswa SMA se-Jawa Tengah pada pertengahan Juli.
Salah satu yang menjadi pembahasan sesama pemilik Blog dan menarik untuk dicermati pada saat Anda memiliki Blog adalah desain atau tampilan grafis yang menghias halaman Blog agar tetap tampil segar dan menarik. Pada Blogspot atau Blogger.com, awalnya disediakan sekitar 16 (enam belas) desain dengan variasi mencapai 38 (tiga puluh delapan) tampilan. Namun jumlah tersebut masih dapat Anda tambahkan melalui modifikasi kode-kode penyusun desain yang telah ada.
Tetapi tidak semua orang paham dengan kode-kode XML yang menyusun tampilan Blog. Karena jumlah desain yang terbatas dan sudah umum digunakan, kemungkinan juga muncul keinginan dari pemilik Blog untuk melakukan penyegaran tampilan, dengan mencari variasi desain di luar koleksi yang telah disediakan Blogspot. Namun yang perlu diperhatikan, desain Blogspot versi lama dan versi baru cukup berbeda.
Pada Blogspot versi lama, Anda menggunakan kode-kode HTML untuk menyusun tampilan Blog. Sedangkan pada Blogspot versi baru, XML merupakan bahasa yang digunakan untuk menyusun tampilan. Para programmer umumnya memahami perbedaan itu. Namun bagi pemilik Blog yang bukan programmer, istilah-istilah di atas dapat dipakai sebagai wawasan saja.

Karena tersedia penyedia desain Blog yang gratis dan tidak memerlukan pemahaman akan pemrograman web. Penyedia koleksi desain Blogspot versi lama antara lain isnaini.com dan blogger-templates.blogspot.com. Sedangkan untuk koleksi desain Blogspot versi baru disediakan oleh www.finalsense.com dan blogger-templates.blogspot.com.
Apabila selama ini Anda menggunakan Blogspot versi lama, disarankan untuk segera berpindah ke versi yang baru. Selain karena fitur keamanan, desain yang tersedia di internet cukup variatif dan animatif. Sebagai buktinya, Anda dapat mencoba melihat satu-persatu desain yang ada di www.finalsense.com/services/blog_templates. Selanjutnya pilihlah salah satu dari koleksi desain yang ada.
Anda dapat memilihnya berdasarkan kelompok kategori, yaitu binatang, arsitektur, seni, kartun, komputer, game, musik, alam, dan lain sebagainya. Beberapa koleksi terbaru disediakan pada halaman depan. Pada contoh di bawah ini, koleksi yang dipilih bernomor 156 dan termasuk dalam kelompok desain berbasis alam. Pada kotak teks yang muncul di halaman tersebut tampak adanya kode-kode XML yang digunakan untuk menyusun tampilan desain.
Anda hanya perlu mem-blok semua kode tersebut dan Kopi dengan menggunakan Ctrl+C, atau menggunakan klik kanan mouse dan pilih menu Copy. Selanjutnya kembalilah ke halaman template Blogspot. Halaman ini dapat diakses setelah Anda login ke dalam www.blogger.com dengan menggunakan nama dan kata sandi yang Anda miliki.
Hapuslah semua kode lama dengan mem-blok semua kode lama dan tekan tombol Del. Selanjutnya kopilah kode-kode yang baru dengan menggunakan kombinasi Ctrl + V untuk menyalin kode dari situs penyedia desain ke kotak isian. Jangan lupa, tekan tombol “Save Template” untuk menyetujui perubahan template. Cukup mudah, bukan?

4 komentar:

Kohar Razak said...

pak kalo mau buat more-nya gimana ya

Adam Rusdie "AR22" said...

BOZ CARA PINDAH /MIGRASI DARI HTML KE XML GIMNA?JELASIN DUNK,BARU BLJAR NIH..TRIMZ

Ridwan Sanjaya said...

ada link-nya "Upgrade"nya koq..
Silahkan di cek di halaman layout

jerry said...

makasih mas infonya
kalau mau download aplikasi hp symbian terbaru
bisa kunjungi
http://symbian--applications.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...