08 October 2007

Pemasaran Melalui Blog


(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 30 September 2007)

Blog bukanlah teknologi yang asing bagi dunia bisnis saat ini. Bahkan sebagian pengusaha telah memanfaatkan Blog untuk media pemasarannya. Karena berbagai kelebihan yang terdapat di dalam Blog, dapat membuat pemasaran di dunia cyber menjadi lebih optimal.

Apabila seorang pemasar merasa mempunyai produk yang bagus dan disukai oleh banyak orang namun tidak dapat sukses dijual di pasaran, tentu akan membuatnya merasa frustasi. Solusinya tidak cukup dengan berbicara mengenai perilaku konsumen, tetapi mungkin harus turun memasarkan secara langsung dan berbicara dengan mereka mengenai pendapatnya terhadap produk Anda. Tetapi berbicara dengan konsumen mengenai produk Anda tidaklah semudah yang dibayangkan.
Namun dengan adanya Blog, pembicaraan antara marketing dan konsumen dapat terwujud secara alami, bahkan tanpa batas wilayah dan waktu. Setiap orang di bagian negeri ini dimungkinkan untuk dapat memberikan pendapat, saran, dan kritiknya mengenai produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, dimungkinkan tercipta komunikasi antar pemasar dengan konsumen.
Jika dikelola dengan baik, masukan-masukan yang bernilai tinggi bisa Anda peroleh dari sini. Ujung-ujungnya, mereka bisa saja menjadi seorang konsumen yang loyal dan mempunyai niat baik dalam menilai produk Anda agar lebih baik lagi. Apabila hal ini dilakukan oleh banyak konsumen yang mengunjungi Blog, tentunya efek positif yang diterima akan semakin besar.

Bukan Proses Sekejap
Namun proses ini tentunya tidak langsung dengan serta merta tercipta dalam sekejap. Butuh waktu dan perhatian yang cukup agar Blog yang dimiliki dapat bekerja sebagai media pemasaran yang maksimal. Meskipun tidak seperti magic yang dapat langsung terlihat hasilnya, efek pemasaran dengan menggunakan Blog diyakini dapat lebih cepat bekerja.
Kekuatan Blog yang terletak pada fasilitas komunikasi di dalamnya dan jalinan link antar Blog, akan menghasilkan dampak masal yang hampir sama dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Respon positif yang diberikan di dalam setiap posting dapat berfungsi seperti rekomendasi seorang teman yang dipercaya. Respon ini akan lebih efektif dibandingkan iklan televisi yang pintar sekalipun.
Sebagai media pemasaran yang relatif baru bagi dunia bisnis, Blog telah berhasil menembus batas-batas yang selama ini ada antara perusahaan dan konsumen melalui penyediaan fasilitas untuk berinteraksi dengan konsumen meskipun tidak bertemu secara fisik. Selain itu media ini juga dapat menjadi kantor penerangan bagi informasi dan keahlian yang natural.
Dan yang tak kalah penting dapat diperoleh masukan termasuk kritik yang berasal dari orang-orang yang paham betul dengan produk Anda atau konsumen, mengubah opini publik yang selama ini menjadi perhatian negatif, serta menyerhanakan dan memperkuat kerjasama antar orang-orang di dalam perusahaan.
Dibandingkan website yang telah umum digunakan perusahaan, perbedaan yang mencolok terletak pada tiga hal, yaitu aktivitas menulis, memperbarui, dan berkomunikasi. Pada website biasa, aktivitas yang lebih sering terjadi adalah komunikasi satu arah semata. Sedangkan kekuatan terbesar dari Blog adalah kemampuannya dalam berdialog dengan pembaca.
Dengan fasilitasnya, Blogger dapat menulis informasi baru sesering mungkin. Pembaca akan lebih sering berkunjung kembali ke situs Anda karena mereka menginginkan untuk mencari informasi terbaru. Efek positif dari aktivitas ini akan memicu peringkat di dalam peringkat mesin pencari. Hal ketiga, dalam hal berkomunikasi melalui komentar-komentar pembaca, akan menstimulasi respon dari pembaca dengan mudah.
Dengan kemudahannya dalam membuat dan memperbarui Blog, seorang marketing yang awam dengan teknologi web tetap dapat menggunakan dan tenggelam dalam keasyikan aktivitas blogging atau menulis Blog. Respon dan jumlah kunjungan sering menjadi stimulan mereka untuk sering-sering memeriksa situs yang dikelolanya.

Humas Bagi Perusahaan
Keberadaan Blog mampu memberikan manfaat kepada mereka yang bergerak di bidang pemasaran. Sebab manfaat Blog bagi para pemasar adalah dapat menjadi humas yang menginformasikan berita, rencana, dan info-info yang terkait dengan dukungan kepada konsumen. Jika hati-hati, informasi-informasi tersebut dapat membawa persepsi konsumen ke arah positif, terutama terkait dengan keahlian perusahaan pada produk yang dijual.
Selain itu, setiap catatan dan komentar di dalam artikel yang ditulis juga dapat menciptakan ketertarikan konsumen untuk mengetahui lebih jauh atas produk yang ditawarkan. Meskipun bukan iklan, cara ini mempunyai efek yang sama dalam menarik perhatian dari konsumen.
Seringkali, aktivitas pembelian dapat terjadi karena artikel dan respon yang muncul di dalam Blog. Aktivitas tersebut merupakan reaksi dari kepercayaan atas komunikasi yang terjadi, pembuktian atas respon-respon yang masuk, atau suatu bentuk kedekatan karena terjadi komunikasi yang alami antara perusahaan dan konsumen.
Bahkan apabila terjadi suatu hal yang salah, Blog juga dapat menjadi tukang reparasi yang dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Permintaan maaf dan solusi yang diberikan di dalam respon konsumen dapat menimpulkan simpati kepada perusahaan. Sehingga mereka tidak jera apabila terjadi permasalahan dengan perusahaan.
Namun agar Blog dapat berfungsi maksimal, Anda juga harus mengkomunikasikan keberadaan Blog melalui kartu nama perusahaan, leaflet, spanduk yang digunakan dalam pemasaran, maupun file-file presentasi yang digunakan di berbagai seminar. Tujuannya agar konsumen mempunyai pandangan yang jelas ketika mereka mempunyai ketertarikan atau masalah dengan produk Anda.
Selain itu, jangan lupa untuk terus memperbarui Blog dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk, pemahaman produk, atau cerita lain yang berhubungan. Pemasaran dengan Blog akan menjadi efektif apabila artikel mengenai produk disertai dengan product knowledge atau pengetahuan akan produk yang terkait sehingga dapat menciptakan manfaat bagi pengunjung.
Seringkali Blog dibiarkan seperti website statis yang hanya memuat informasi-informasi pokok saja. Padahal dengan adanya proses update, konsumen akan berpikir untuk kembali ke blog tersebut dengan tujuan mencari info yang lain dan mereka mempunyai berbagai pilihan membeli terhadap produk yang Anda tawarkan melalui artikel.
Lakukan interaksi dengan konsumen seketika ketika mereka memberikan respon melalui komentar, shoutbox (kotak bicara), atau media yang lain. Reaksi cepat yang perusahaan berikan dapat memberikan kedekatan bagi mereka yang belum mengenal Anda sekalipun. Citra positif ini akan berdampak bagi jalannya pemasaran terhadap produk yang Anda tawarkan.

3 komentar:

Anonymous said...

sepakat. seperti yang telah saya lakukan sekarang in.
salam kenal
:)

R. Lilik Siswanto said...

Heemmmmmmmmmmm.....
menarik sekali, dan sangat pantas untuk langsung saya ditindaklanjuti,
terima kasih Mas Ridwan...
saya tunggu artikel-artikel Anda yang lain,

O... ya,
saking kesengsemnya saya dengan artikel-artikel Anda,
maka untuk memudahkan saya 'ngonek' ke blog Anda, dan agar saya tidak ketinggalan info terbaru dari Anda,
sehingga saya masukkan di link-karan blog saya,

Salam,

R. Lilik Siswanto
http://leksismenulis.blogspot.com

arif said...

setuju, seperti saya ini ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...