11 March 2008

Buku Baru (masih) Tentang Blog

Buku ini merupakan pembahasan lanjutan dari buku “Membuat Blog dengan Blogspot” yang sebelumnya telah diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo Jakarta. Sebetulnya, tidak ada rencana untuk membuat sekuel buku yang berjudul "Membuat Blog dengan Blogspot Lanjutan". Namun setelah adanya beberapa e-mail dari pembaca yang menginginkan adanya pembahasan lanjut mengenai Blogspot, maka muncul semangat yang besar untuk menulis buku lanjutannya.

Apalagi ada yang menginformasikan bahwa stok buku ini sempat kosong di semua daerah selama bulan Nopember-Desember 2007. Bagi seorang penulis, informasi ini tentunya mempunyai arti yang sangat dalam. Buku yang disusunnya ternyata tidak sia-sia. Artinya, banyak orang dapat menerima dan memperoleh manfaat dari konten buku tersebut. Terima kasih pembaca! :-)

Untuk itulah, buku sekuel kedua ini kemudian disusun agar dapat memenuhi keinginan pembaca dalam mengetahui fasilitas dan kemampuan Blog lebih jauh lagi. Apabila buku sebelumnya menekankan pada pembuatan dan pengelolaan Blog secara mudah melalui Blogspot dengan berbagai fasilitas standar yang disediakan, maka buku ini lebih menekankan pada beberapa topik lanjutan, seperti menampilkan video pribadi dari ponsel ke dalam blog, menambahkan foto-foto pribadi dalam bentuk slide ke dalam blog, dan menjalankan musik sebagai latar belakang.

Selain itu terdapat pembahasan mengenai cara membagi tampilan artikel dan menambahkan hyperlink “Selanjutnya...” untuk melihat lanjutan artikel, memodifikasi sendiri template Blog, menambahkan shopping cart untuk keperluan bisnis, dan mendaftarkan Blog ke dalam mesin pencari.

Dengan disertai oleh penjelasan yang mudah dan sistematis, baik pemula, pelajar, maupun praktisi diharapkan dapat dengan mudah mengikuti setiap pembahasan yang disampaikan di dalam buku ini. Pokok pembahasan yang ada di dalamnya antara lain Menampilkan Koleksi Pribadi (Video, Foto, dan Musik), Modifikasi Tampilan Blog Tingkat Lanjut, Memanfaatkan Blog Menjadi Toko Online, Pendaftaran Blog ke Mesin Pencari, dan Strategi Meningkatkan Popularitas Website.



Link Pemesanan:
BukuKita.com...
BukaBuku.com...
PasarTradisional.com...

Buku Terkait:
Membuat Blog dengan Blogspot
Most Wanted Blogging Tips

16 komentar:

Ollie said...

Congratulation bukunya :) Good book... saya sudah beli dan baca!

Arief Wahyudi said...

Congratulation untuk bukunya:) saya udah beli dan baca bukunya, sekarang saya sedang coba praktekan cara untuk membagi halaman posting saya, saya udah berhasil mengedit HMTL templete saya & bisa keluar read morenya, cuma waktu saya coba untuk membagi posting itu menjadi dua bagian kok ngak bisa ya, tulisan read morenya justru bisa keluar hanya di akhir artikel, jadi artikelnya tetap tidak terbagi, saya udah ulangi beberapa kali dengan penempatan code tags ditempat berbeda, tapi tetap tidak mau. tolong solusinya dong, thanks sebelumnya:)

Ridwan Sanjaya said...

Terima kasih atas apresiasinya, mbak Ollie dan Mas Arief.

Mas Arief, coba periksa lokasi <span class=”fullpost”> dan </span> yang mangapit sebagian artikel.

mardies said...

Kereeen. Bukunya oke-oke tuh. Teman saya punya yang ini.

Nugraha said...

Saya adalah penggemar tulisan anda, hari sabtu kemarin saya beli 2 buku anda sekaligus, yaitu Membuat Blog dengan Blogspot dan lanjutannya. Sebagian besar saya mengerti isinya, cuma di bagian akhir buku lanjutannya,yang membahas "Translate" ke dalam bahasa asing menggunakan, kok tidak bisa ? Sewaktu saya masuk ke situsnya, waktu preview, isi blog saya sudah bisa berubah bahasanya, tetapi sewaktu scriptnya saya masukkan ke blog saya, kok tampilannya lain ? Kayak yang di teruskan ke situs mana gitu. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Ridwan Sanjaya said...

Mas Nugraha, fasilitas tersebut memang menggunakan bantuan pihak ketiga. Sehingga ketika tombol Translate ditekan, akan muncul jendela dari pihak ketiga yang menerjemahkan isi Blog.

ujang said...

saya selalui ikuti buku terbaru mas ridwan...tapi sayang bukunya tidak dilengkapi CD untuk mempermudah pembuatan blog......

Ridwan Sanjaya said...

Terima kasih mas Ujang atas apresiasinya. Memang untuk buku-buku Blog tidak disertakan CD. Namun disediakan Blog pembanding yang digunakan untuk membantu dalam menerapkan contoh-contoh di dalam buku. Blog-blog tersebut adalah:
1. http://keziapatricia.blogspot.com/
2. http://keziaversidua.blogspot.com/
3. http://bukutips.blogspot.com/

dukonbesar said...

Lam kenal Mas ...

Baru nih blajar ngeblog, dari bukunya mas yg itu dan "MOST WANTED" juga ...

Tapi, msh bingung pasang link "READ MORE" ....
Pernah jadi, tapi munculnya diakhir artikel. jadi dihapus lagi deh ..

Mohon sarannya buat blog ku yg baru berumur 1 bulan

MQ said...

makasih tipsnya di Y.A

nugraha said...

Saya adalah penggemar tulisan anda, hari sabtu kemarin saya beli 2 buku anda sekaligus, yaitu Membuat Blog dengan Blogspot dan lanjutannya. Sebagian besar saya mengerti isinya, cuma di bagian akhir buku lanjutannya,yang membahas "Translate" ke dalam bahasa asing menggunakan, kok tidak bisa ? Sewaktu saya masuk ke situsnya, waktu preview, isi blog saya sudah bisa berubah bahasanya, tetapi sewaktu scriptnya saya masukkan ke blog saya, kok tampilannya lain ? Kayak yang di teruskan ke situs mana gitu. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

icemanblogger said...

Selamat sore mas Ridwan, saya kebetulan blogger baru hasil karya anda, sampai saat ini saya baru baca 3 buku anda, yang terakhir masih saya baca adalah most wanted... dan belum "habis", jika saya boleh tanya, saya akan mengajukan 2 pertanyaan saja, boleh kan?. pertama: saya yang masih burem html ini kepingin penjelasan apa dan bagaimana sih "ping" itu?, kedua tentang widget, bisakah ukuran-nya diperkecil seperti punya mas ridwan? (di blognya maksudnya) trus satulagi cara "ngilangin link oggix di kotak shoutbox gimana? (jadinya 3 pertanyaan ya mas?). Ok thanks for everything, may god bless u

totok suharto said...

Pak Ridwan, saya termasuk penggemar buku2 bapa tentang blogspot dan sudah baca sampai tingkat lanjut.
Saya sebagai pemula sedang bikin blog sederhana suatu perkumpulan pensiunan, dan ingin memposting bentuk tabel seperti laporan keuangan, dsb, bagaimana caranya bisa masuk Blog? terimakasih

iceman blogger said...

Halo lagi mas Ridwan, ada pertanyaan lagi nih, walaupun yang dulu belum terjawab, tapi saya harap ini ada jawabannya..(semoga), gini mas Ridwan, berhubung saya sudah katam baca most wanted-nya, saya jadi pengen punya banner ber-link, cuma kemana ya saya nge-link-kan nya? boleh gak saya nge-link-kan ke blognya mas Ridwan? kalo boleh maka segera saya buat gambar banner-nya, walaupun nantinya gak secantik banner-banner yang mas Ridwan punya. Terima kasih atas segala ilmunya.

dominikus said...

congrat Mas Ridwan, aku juga penulis buku komputer seperti Anda. kebetulan juga saya sedang menulis buku tentang blog yg diterbitin Elek, kebetulan ada 2 buku yg sedang dibuat ngebahs blog. Kunjungi web saya di www.mata-maya.com

Aang Permana AP said...

maaf nih mas ikut nimbrung, sya tertarik untuk mempelajari lebih dalm mengenai blog tapi sya sangat sulit untuk menemukan pnduannya, apakah buku yang mas tulis bisa membantu saya menjadi blogger yang handal. saya kurang bisa mengenai HTML teutama membuat menu bar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...