09 April 2008

Update Blog Secara Offline

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 23 Maret 2008)

Bagi seorang Blogger, seringkali keinginan untuk curhat atau menuliskan suatu ide muncul begitu saja tanpa mengenal tempat dan waktu. Namun ketiadaan koneksi internet kadangkala menjadi hambatan untuk mencurahkan kalimat demi kalimatnya ke dalam media tersebut.

Komputer atau laptop yang digunakan untuk menampung tulisan secara offline,sebelum dipublikasi ke Blog, juga dirasa tidak efektif. Umumnya, pemilik Blog harus menata ulang tulisannya ketika tulisan tersebut dipindah dari komputer ke dalam Blog. Sedangkan untuk menggunakan koneksi internet melalui telepon seluler bukan hanya bermasalah pada biaya yang lebih besar, tetapi juga oleh perangkat tambahan penghubung ponsel ke komputer.
Beberapa waktu yang lalu, Microsoft Word 2007 telah memberikan tambahan fitur untuk penggunanya agar bisa mempublikasikan artikel yang diketiknya ke dalam Blog setelah tersedia koneksi internet. Namun karena tidak semua Blog dapat didukung, terutama Blogger.com versi baru, maka penggunaan program ini tidak meluas.
Bahkan Blogger.com juga telah menciptakan program yang dapat disisipkan ke dalam Microsoft Word agar setiap artikel yang diketik di dalam software tersebut dapat langsung disimpan ke dalam server Blogger.com. Sama halnya dengan Microsoft Word 2007, fasilitas ini juga tidak banyak digunakan karena hanya berfungsi di Blogger.com versi klasik.

Kompatibel
Tetapi harapan muncul kembali pada akhir tahun 2007. Melalui situs blognya di http://windowslivewriter.spaces.live.com, Microsoft melepas produk Windows Live Writer 2008 yang sebelumnya telah diunduh oleh lebih dari 1,5 juta pengguna pada saat versi Beta.
Produk ini merupakan program untuk publikasi Blog yang berjalan di desktop. Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan program ini, Anda harus menggunakan sistem operasi minimum Microsoft Windows XP SP2, atau Windows Vista. Sedangkan Windows XP Professional x64 Edition tidak didukung oleh Windows Live Writer.
Blogger dapat menuliskan artikelnya tanpa koneksi internet, untuk kemudian dipublikasikan ke Blog yang dimiliki setelah tersedia koneksi internet. Kelebihan produk ini antara lain kemampuan WYSIWYG (What You See Is What You Get), publikasi foto dan peta.
Selain itu, output yang dihasilkan kompatibel dengan berbagai penyedia Blog antara lain Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah bermanfaat, adanya kemampuan pemeriksaan penulisan kosa kata pada artikel berbahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol.
Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh program yang disediakan oleh Microsoft melalui http://get.live.com/writer/overview. Tekanlah tombol “Get it free” untuk memulai proses download program bantu yang berukuran 2,3 MB. Setelah proses instalasi selesai dijalankan, masukkan konfigurasi akun sesuai dengan aturan masing-masing penyedia Blog.
Setelah itu, Anda dapat bebas menulis artikel, memasukkan gambar, video, peta, ataupun tabel di ruang kerja Microsoft Live Writer. Apabila telah tersedia koneksi internet, artikel tersebut dapat langsung ditampilkan ke internet melalui tombol Publish. Hasil yang ditampilkan akan sama dengan yang diketik melalui program tersebut. Contoh hasil publikasinya dapat dilihat pada artikel “Percobaan” yang ada di http://bukutips.blogspot.com.

10 komentar:

Redha Herdianto said...

wah thanks banget atas info-nya. Selama ini saya cuma memakai layanan dari Firefox, yakni scribefire, utk nge-blog dari rumah. dan pake koneksi CDMA krn lebih murah dan mudah.

klo ada yg bisa offline, ya sudah mending pake ini aja. thanks anyway....

welly said...

dah pernah cb tp kok gagal ya?/

elind_upi said...

makasih infonya, saya jg berencana pake software ini, tp blm tau kompatible gak ma blogger versi baru. setelah dapet pencerahan dari anda saya mengerti. skali lagi terima kasih.
salam kenal
kunjungi saya di ruhandi.blogspot.com

Ridwan Sanjaya said...

mas Welly dan Elind, Software ini kompatibel koq dengan Blogger versi baru. Lancar. Kalau Blogger versi lama, butuh approval lagi di dalam Edit Posting.

afif said...

aku udah pake live writer dengan blogspot. apakah bisa di pake bareng dengan wordpress

Ridwan Sanjaya said...

Bisa mas...

lika liku anak desa said...

makasih atas infonya mas, saya rasa ini berguna sekali .. sebab ini yang aku cari cari ... makasih mas

Maitink said...

kemarin sya baru beli buku Anda yang membahas juga soal windows live writer.
Tapi masalahnya os di komp sya XP SP3.
Apakah ada solusinya pak?
Terima kasih

Ridwan Sanjaya said...

Tinggal diinstal saja. Memang komputernya sudah sesuai dengan kebutuhannya koq

Pixell said...

tks infonya sob.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...