03 July 2008

Membuat Backup Artikel Blogspot

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 15 Juni 2008)

Beberapa
hari yang lalu, salah seorang teman tanpa sengaja menghapus blog yang selama ini dikelolanya. Meskipun sudah tersedia fasilitas untuk konfirmasi hapus blog, tanpa sadar dilewatinya karena sudah yakin. Alhasil, semua tulisan yang telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir lenyap tak berbekas. Lalu bagaimana mengembalikannya?


Jika sudah terjadi, memang agak sulit untuk mengembalikan semua artikel yang telah ditulis kembali utuh seperti semula. Seyogyanya perlu dilakukan langkah pencegahan dengan menyimpan semua konten blog ke dalam harddisk atau media penyimpanan lain secara periodik. Apabila sudah terjadi, langkah maksimal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan Google.

Ketika Anda mencari situs melalui Google, tersedia fitur Cached atau Tembolok yang menyimpan berbagai situs Anda pada masa lalu. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk menampilkan beberapa artikel blog yang sempat disimpan oleh Google. Meskipun tidak ada jaminan tampil semuanya, beberapa artikel dapat dikembalikan seperti semula dengan cara copy-paste.

Seringkali karena berbagai sebab, diperlukan pembuatan backup dari artikel dan komentar yang ada di dalam blog. Namun Blogspot tidak menyediakan fasilitas untuk melakukan hal itu.
Jika terjadi suatu hal, koleksi artikel di dalam blog yang jumlahnya sudah cukup banyak akan hilang dengan sia-sia. Padahal artikel blog merupakan aset yang berharga bagi Anda yang memanfaatkannya sebagai media dokumentasi dan sarana untuk mencari penghasilan melalui internet.

Rekomendasi
Terdapat beberapa cara untuk melakukan backup atau pengamanan terhadap artikel dan komentar yang ada di dalam Blogspot. Cara yang pertama adalah dengan menampilkan semua isi artikel di dalam web browser dan menyimpannya ke dalam harddisk.

Sedangkan cara kedua, dengan mengkopi semua artikel dan komentar dari Blogspot ke Wordpress.com melalui fasilitas impor dari Wordpress.com. Cara ketiga, dengan menggunakan fasilitas Cross-Posting yang disediakan oleh Multiply.com.

Cara keempat yang paling disarankan adalah dengan mengunakan software BloggerBackupSetup yang disediakan secara gratis di CodePlex.com melalui halaman http://www.codeplex.com/bloggerbackup/Release/ProjectReleases.aspx.

Meskipun sedikit lebih rumit, BloggerBackupSetup yang dibuat oleh gduncan411 ini bukan hanya bisa menyimpan semua konten di dalam Blogspot, tetapi juga bisa mengembalikannya ke dalam Blogspot.

Pertama-tama, unduhlah software yang disediakan oleh CodePlex.com dengan menggunakan klik mouse pada file “BloggerBackupSetup.10.9.23.zip”. Selanjutnya, simpanlah ke dalam harddisk dan tunggulah proses unduh dinyatakan selesai. Setelah proses pengunduhan selesai, ekstraklah file zip yang dihasilkan dan jalankan file setup.exe yang ada di dalamnya. Ikutilah proses instalasi sampai selesai agar program dapat segera dijalankan.

Selanjutnya, jalankan program Blogger Backup Utility pada menu dengan nama yang sama. Anda akan diminta untuk mengisikan alamat email yang biasanya digunakan untuk login ke dalam Blogger.com beserta kata sandinya.

Kemudian tekanlah tombol “Login into Blogger and Get Blogs”. Akan tampil daftar blog yang dimiliki oleh user tersebut beserta alamat Feednya dan user ID. Tekanlah tombol OK untuk menutup proses pembuatan daftar blog yang dimiliki oleh setiap user ID.

Proses

Pada tampilan utama software ini, pilihlah blog yang akan diamankan melalui opsi “Available blogs”. Pastikan beberapa opsi berikut ini telah ditentukan: lokasi penyimpanan (Save posts to folder), menimpa backup yang telah ada (Overwrite existing backups), menyimpan komentar (Save comments), format penyimpanan (Save posts as), batas artikel setiap file (Maximum posts per file), jumlah artikel terakhir yang akan di-backup (Get only the most recent), dan batasan tanggal yang akan di-backup (Only new posts since).

Setelah semua opsi ditentukan, tekanlah tombol Backup Posts untuk melakukan pengamanan blog yang telah dipilih sebelumnya. Progress bar di bagian kiri bawah akan tampil untuk memperlihatkan proses yang sedang terjadi.

Setelah proses selesai, akan tampil sejumlah judul artikel yang berhasil diamankan di sisi kanan program. File yang dihasilkan dapat dilihat di dalam subfolder “Blogger Backup” yang terletak di dalam folder My Documents.

Apabila suatu saat diperlukan, Anda dapat memulihkan backup yang dibuat dan menyimpannya ke dalam Blog dengan menggunakan tombol Restore Posts. Selanjutnya pilihlah file yang akan di-restore dan masukkan user ID beserta passwordnya untuk memproses penyimpanan artikel yang telah diaman ke dalam blog. Tekanlah tombol OK untuk memulai proses. Proses penyimpanan ke dalam blog akan tampak pada progress bar yang terletak di kiri bawah program. Jika proses selesai, maka akan muncul status “Done” di sebelah progress bar.

Setelah itu, Anda dapat melihat kembali ke dalam blog. Artikel-artikel yang telah di-backup dan di-restore akan muncul di dalam tampilan blog Anda. Apabila terjadi restore beberapa kali, maka artikel juga akan muncul beberapa kali di dalam blog. Untuk menghilangkan posting yang kembar, Anda dapat menghapusnya melalui menu Edit Posting di dalam akun Blogger. Cukup mudah, bukan? Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran lagi apabila terjadi masalah di dalam blog Anda.

12 komentar:

Anonymous said...

artikel keren gini kok nggak ada yg komentarin !!!
PERTAMAX

Mantaps om... pokoknya mantap de..

dukonbesar said...

akhirnya ...,
ketemu juga cara terbaik buat backup blog ku. maklum baru belajar copt sana copt sini ...

makasih banyak bos ...

Unknown said...

edisi yang muncul dikoran yang ada tampilan cekknya ndak ada diblog dimana ya mau melihat alamatnya ya

Ridwan Sanjaya said...

Mas Sumanto, Anda bisa kunjungi http://buku-adsense.blogspot.com. Untuk artikel koran, dalam waktu dekat akan diposting ke sini. Terima kasih.

Anonymous said...

Benar, artikel bagus gini, sdh sepantasnya dapat apresiasi. Thanks banget Pak, semoga sehat selalu sehingga bisa nolong kita2 terus.
Tlg tanya pak ya, saya sdh backup, tapi gambar2nya kog gak tersimpan, pdhl artikel saya banyak gambarnya, dan gambarnya yg lebih banyak berbicara.

lili
planetvege.blogspot.com

Anonymous said...

Pak, tlg tanya, semalam saya rubah template dari blogspot ke finalsense, kenapa di template finalsense ini tak ada sign in seperti di blogger?bgmn cara sign ini?Trmh kasih

lili
www.newvegeplanet.co.cc

Ridwan Sanjaya said...

Karena Navbar nya hilang.
Anda bisa cari kode #navbar di dalam template dan menghilangkan tanda # disampingnya
Untuk login tetap bisa melalui www.blogger.com

IDHANGDOANG said...

makasih banyak. bila anda ingin berlangganan berita sepak bola dapat mengunjungi blog saya untuk bertukar pikiran

Anonymous said...

Ma kasih mas Ridwan untuk infonya :-)

Anonymous said...

Heheheh thank's Mas Ridwan..berkat buku baru nya saya bisa ganti template jadi lebih keren..(walaupun cuma baca sambil berdiri di toko buku..hahahaha). gampang diaplikasiin..
neh hasilnya HTTP://abuginda.blogspot.com

Anesthesia Freak said...

Bagus informasinya..

masrukin said...

makasih boz atas informasinya....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...