09 July 2009

Facebook Chat di Dalam Ponsel

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 21 Juni 2009)

 

Dominasi Facebook diperkirakan akan masih bertahan dalam waktu yang lama. Apalagi dengan dibukanya akses Facebook melalui ponsel, baik melalui internet mobile maupun layanan pesan singkat. Setiap orang di negeri ini dari berbagai lapisan masyarakat dipercaya mempunyai minimal satu ponsel, ketimbang mempunyai satu komputer.

nimbuzz-facbook-and-myspace-chat

Dengan begitu, Facebook telah membuka dirinya untuk bisa diakses oleh hampir setiap orang di negeri ini melalui layanan tersebut. Bukan hanya terbatas oleh orang-orang yang mempunyai komputer dengan akses internet saja.

Tak heran, pengguna Facebook di negeri ini terus bertambah sampai melebihi 5 juta orang dalam waktu yang cukup singkat. Mengingat pada awal tahun 2009, hanya tercatat 1 juta orang pengguna saja.

Beberapa operator seluler tampaknya juga tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang terbuka dengan Facebook. Hal tersebut terlihat dari bertambahnya operator ponsel yang menggunakan Facebook sebagai ikon promosinya.

Selain itu, juga bertambahnya dukungan atas layanan Facebook SMS oleh operator ponsel di dalam negeri. Saat ini bukan hanya operator ponsel three saja yang memberikan layanan tersebut, namun juga Axis dan Telkomsel.

Keterbatasan

Meskipun layanan Facebook SMS telah berhasil menggantikan sebagian besar fitur yang ada di dalam Facebook, tampaknya masih ada beberapa fitur utama yang belum bisa diadaptasi, bahkan oleh Facebook Mobile sekalipun yang menggunakan akses internet bergerak.

Fitur tersebut adalah Facebook chat atau obrolan melalui Facebook. Fitur ini hanya bisa digunakan pada saat Anda mengakses Facebook melalui komputer yang terkoneksi internet. Hal ini terkait dengan keterbatasan browser web yang ada di dalam ponsel dan belum ada pengembang Facebook chat melalui SMS.

Namun bukan berarti kesempatan untuk memanfaatkan fitur tersebut di dalam ponsel tertutup sama sekali. Berkat keterbukaan dalam hal teknologi yang digunakan, salah satu pengembang layanan pesan instan telah berhasil mengadaptasi fitur tersebut ke dalam produknya.

Aplikasi gratis Nimbuzz, yang bisa diakses melalui komputer maupun ponsel, telah membuka kemungkinan bagi pengguna Facebook untuk bisa berkomunikasi dengan yang lain melalui ponsel masing-masing. Asalkan ponsel tersebut mendukung Java atau Symbian dan akses internet bergerak.

Pendaftaran

Yang perlu dilakukan pertama-tama adalah mendaftarkan diri Anda ke situs Nimbuzz yang ada di www.nimbuzz.com. Setelah pendaftaran selesai dan konfirmasi dikirimkan ke dalam ponsel, Anda bisa mengunduh aplikasi Nimbuzz yang sesuai dengan ponsel.

Kunjungilah alamat http://www.nimbuzz.com/id/mobile/ dan tekanlah tombol Get Nimbuzz Mobile! Setelah memasukkan nomor ponsel dan menerima SMS dari Nimbuzz, Anda bisa mengakses alamat http://get.nimbuzz.com untuk mulai mengunduh aplikasi tersebut.

Secara otomatis, Nimbuzz akan mendeteksi ponsel yang Anda gunakan dan memberikan aplikasi dengan platform yang sesuai dengan ponsel. Tunggulah proses pengunduhan dan instalasi aplikasi ke ponsel sampai dengan selesai.

Setelah itu, aktifkan akun Facebook melalui halaman Communities yang terdapat di dalam menu Settings. Apabila identitas pengguna dan kata sandi berhasil dimasukkan, maka Anda sudah bisa menggunakan Facebook Chat melalui ponsel mulai saat itu juga.

Biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan aplikasi ini tergantung dari banyaknya aktivitas obrolan dan status online teman bicara. Karena data yang ditransfer berbasis teks, biaya yang keluar tentunya tidak banyak, terutama jika Anda menggunakan paket internet bergerak berdasarkan volume pemakaian. (Ridwan Sanjaya)

7 komentar:

andieirfan said...

Pak Ridwan, Hape saya 2700 classic, kok belum tercantum di nimbuzz yah. (apa karena hape keluaran baru?) alias nimbuzz belum memasukkannya_ maybe. Terima Kasih

Ridwan Sanjaya said...

sepertinya 2700 classic support Java. Juga ada dukungan internet. Tinggal download aja, mas

andieirfan said...

Iya support Java pak. Tapi pas pemilihan tipe hape, belum tercantum.
(belum saya download). Terima Kasih pak Ridwan (kapan pulang ke Indonesia : udah pulang belum ya)

andieirfan said...

sudah saya download. Dan Bisa.
Saya kira harus di sesuaikan dengan jenis ponsel dan tipe ponsel, ternyata tidak. Saya download asal saja pak ridwan (pake tipe ponsel 2760) hehehe/ (2700 classic belum tercatat di pilihan ponsel)

Ridwan Sanjaya said...

umumnya untuk Java app, memang tidak terlalu sensitif dengan jenis ponsel. Sebaliknya untuk Symbian cukup sensitif.

ydhnenggala said...

kalau untuk chat facebook via sms, ada nggak ya...?! jadi ada fasilitas untuk hp gen1 gitu... :)

nas said...

Sayang skalie nimbuzz msh membatasi jumlah teman facebook yg muncul dikontak list yaitu hanya 400 teman jadi org yg mempunyai teman 400 keatas blum bsa melihat smua temannya yg sedang! online kapan ya batasan itu di hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...