18 May 2011

Selamatkan Data Ponsel

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 15 Mei 2011)

Screenshot02new Seharian, Doni uring-uringan sejak hasil back-up gambar atau foto di CD miliknya ternyata tidak bisa dibuka. Padahal dia sudah terlanjur menghapus file aslinya dari dalam media penyimpanan BlackBerry. Kekecewaan terasa begitu mendalam mengingat gambar-gambar tersebut sangat penting baginya.

Permasalahan semacam itu sering ditemukan pada banyak pengguna ponsel, bukan hanya BlackBerry. Karena terburu-buru, kita sering lupa mengecek apakah file back-up benar-benar tidak bermasalah sebelum menghapus file asli.

Fungsi ponsel sebagai media komunikasi sekaligus penyimpanan semakin meningkat. Dari waktu ke waktu terus dikembangkan fasilitas yang disesuaikan dengan pengguna. Kapasitas kartu penyimpanan juga semakin besar.

Banyak dari pengguna yang memanfaatkan ponsel untuk menyimpan tulisan-tulisan, foto-foto yang diambil melalui ponsel, atau rekaman tertentu. Namun seringkali tanpa sengaja karena salah tekan atau lain hal, dokumen-dokumen tersebut terhapus dari ponsel.

Padahal dokumen tersebut belum dibuat cadangan sebelumnya atau rusak cadangan yang dibuat, seperti kasus Doni. Untuk membuat dari awal, bukan hanya persoalan makan waktu, tenaga, dan pikiran saja, tetapi juga momentum yang tidak mungkin diciptakan kembali.

Lalu apakah dokumen-dokumen yang sudah terhapus tersebut bisa dipulihkan kembali? Selama Anda mempunyai jalur untuk mengakses kartu penyimpanan melalui komputer, data tersebut kemungkinan dapat dipulihkan kembali.

Kartu penyimpanan di dalam ponsel dapat diakses dari komputer melalui kabel data yang menghubungkan ponsel ke komputer. Selain itu, Anda dapat melepaskan kartu penyimpanan dari dalam ponsel dan membacanya di dalam komputer melalui slot pembaca kartu jika disediakan.

Software Pendukung

Jika Anda sudah menemukan cara untuk membaca kartu penyimpanan, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh software pendukung untuk membatalkan aktivitas penghapusan. Salah satu software yang dapat diunduh secara gratis adalah Glary Utilities Freeware.

Software tersebut dapat diunduh dari http://www.glarysoft.com/products/utilities/glary-undelete/ untuk diinstal ke dalam komputer Anda. Setelah file tersebut selesai diunduh, lakukan instalasi sampai dengan selesai.

Jika Anda menggunakan kabel data untuk membaca kartu penyimpanan di dalam ponsel, pada saat menghubungkan ponsel ke dalam komputer Anda akan muncul pertanyaan mengenai penggunaan Mass Storage. Jawablah pertanyaan tersebut dengan Yes.

Kemudian jalankan Glary Undelete melalui menu Programs dan pilih lokasi yang menjadi target untuk dipulihkan. Umumnya tempat penyimpanan di dalam ponsel menggunakan nama drive yang terakhir.

Setelah itu, Anda bisa mulai menemukan dokumen-dokumen yang terhapus dengan menekan tombol Search. Setiap dokumen yang ingin dipulihkan kembali, harus diberi tanda cek.

Screenshot03 Anda bisa memperhatikan status masing-masing dokumen, sebelum memulihkan dokumen tersebut. Jika status sudah tertimpa (Overwritten) dan jelek (Poor), sangat kecil kemungkinannya untuk dikembalikan.

Sebaiknya pilihlah dokumen-dokumen dengan status yang masih bagus (Very Good) untuk mendapatkan hasil pemulihan yang diinginkan. Jika memang terpaksa, kondisi menengah (Medium) bisa dicoba untuk dipulihkan meskipun tidak bisa diharapkan keutuhan dan kualitas dokumennya.

Setelah selesai memberikan tanda cek, Anda dapat menekan tombol Restore untuk menyetujui proses pemulihan dokumen yang sudah dipilih. Selanjutnya Anda akan melihat dokumen-dokumen tersebut muncul kembali di dalam komputer. (Ridwan Sanjaya)

---ooo----ooo---

solusi-dahsyat-blackberry Dapatkan buku “Solusi Dahsyat Permasalahan BlackBerry” yang mengupas beberapa solusi, antara lain memulihkan file terhapus dari BlackBerry, memulihkan BlackBerry yang selalu restart, menyalin daftar kontak dari ponsel lama, menangani BlackBerry yang hilang, mengatasi BlackBerry yang lambat, mengembalikan notifikasi Facebook dan BBM yang bermasalah, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut, klik link ini...

4 komentar:

informasi@slim.com said...

Hallo Mr.Ridwan Sanjaya, I'm very interested with your Blog, and I always read your book about making a blog, thank you so much

Ridwan Sanjaya said...

You're welcome... Thank you for your appreciation.

Mustika Hayati said...

halo pak ridwan.
saya ingin mengucapkan terimakasih karena setelah saya membaca buku panduan blog anda, saya banyak terinspirasi dan lebih bersemangat dalam mengembangkan blog baru saya.
meskipun masih tahap pemula.

www.choccopost.blogspot.com

Jessica said...

Info yang menarik pak ridwan. akan segera saya praktekkan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...