19 June 2005

Membuat Situs Pribadi di Internet

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 19 Juni 2005)

Bagi sebagian orang, menampilkan profile pribadinya di internet merupakan hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Selain khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan pada saat pembuatan, mereka juga tidak cukup mengetahui prosedur pemasangan situs pribadinya di internet. Padahal jika hal ini berhasil dilakukan, banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama jika Anda mempunyai berbagai aktivitas melalui internet. Dengan adanya website pribadi, Anda dapat memanfaatkannya untuk kepentingan membangun relasi. Selain itu, kepemilikan situs pribadi juga dapat membantu Anda pada saat melamar pekerjaan. Perusahaan yang memiliki koneksi internet dapat mengetahui informasi lebih jauh tentang diri Anda yang tidak dapat dijelaskan secara bebas pada berkas lamaran. Bahkan bagi sebagian pemilik website, situs pribadinya di internet telah dianggap sebagai “staf humas” yang dapat menjelaskan berbagai hal yang telah dilakukan.
Namun sayangnya potensi manfaat tersebut tidak diimbangi dengan informasi yang cukup tentang proses pembuatannya. Banyak orang beranggapan bahwa membuat website bukanlah pekerjaan yang mudah, dibutuhkan keahlian komputer dan teknik desain untuk membuat website dapat layak ditampilkan di internet. Sehingga bagi orang yang mempunyai cukup dana, pekerjaan pembuatan situs pribadinya tersebut akan diserahkan kepada konsultan TI dengan budget dana umumnya dimulai 500 ribu sampai dengan beberapa juta rupiah. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki cukup dana, besarnya dana tersebut membuat keinginan memiliki situs pribadi di internet semakin menjauh. Padahal anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Dengan dana yang mendekati gratis, Anda sebetulnya tetap bisa membuat dan menampilkan website pribadi. Bahkan tanpa pengetahuan desain grafis sekalipun, sebuah website tetap dapat Anda buat dengan mudah.

Tidak Sulit
Sebagai analogi, jika Anda tidak menguasai program desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw, bukan berarti Anda tidak bisa membuat sebuah lembar informasi atau pengumuman. Jika Anda terbiasa mengetik dengan Microsoft Word atau OpenOffice Writer, maka pengumuman tersebut tetap bisa Anda buat. Hal yang sama juga berlaku dengan pembuatan website. Jika Anda tidak menguasai software-software yang digunakan untuk membangun sebuah website, gunakan program untuk mengetik seperti Microsoft Word. Jika memungkinkan, gunakan Microsoft Frontpage yang khusus untuk pembuatan website, dengan cara kerja yang mirip dengan Microsoft Word. Anda cukup mengetik informasi yang ingin disampaikan dan menambahkan gambar jika diperlukan melalui menu yang tersedia. Semuanya tidak memerlukan keahlian khusus, hanya perlu membiasakan diri untuk mengetik dengan software tersebut. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan hasilnya ke dalam harddisk. Dalam proses penyimpanan tipe file yang Anda pilih adalah Web Page dengan akhiran htm atau html, bukan doc. Tipe file tersebut merupakan jenis dokumen yang bisa ditampilkan melalui browser internet, seperti Internet Explorer. File itulah yang kemudian akan kita copy ke internet, atau istilah yang umum dikenal adalah upload.
Banyak tempat atau web server di internet yang dapat menjadi lokasi penampungan untuk file-file tersebut. Ada yang berupa fasilitas gratis, namun ada pula yang berbayar dengan kontrak waktu tertentu. Salah satu fasilitas gratis dengan layanan yang lengkap dapat Anda temukan di http://geocities.yahoo.com. Selain tersedia alat bantu untuk upload yang sangat membantu pengguna awam, kapasitas harddisk yang diberikan untuk setiap website adalah 15 Megabyte. Ukuran yang cukup besar untuk sebuah website permulaan. Bagi pengguna yang belum pernah membuat website sebelumnya, Geocities menyediakan alat bantu pembuatan website yang diberi nama "Yahoo! PageWizards". Dengan adanya tools tersebut, Anda dapat mengatur desain dan tata letak web secara instan.
Untuk menggunakannya, Anda harus login terlebih dahulu. Namun jika Anda belum mempunyai account Yahoo!, lakukan “sign up” terlebih dahulu untuk layanan "Geocities Free Web hosting”. Setelah berhasil masuk, klik menu "Yahoo! PageWizards" dan lakukan empat langkah untuk mengatur tampilan situs yang Anda inginkan. Empat proses tersebut meliputi pengisian judul web dan informasi yang akan ditampilkan, memasukkan gambar, menambahkan menu, dan menampilkan informasi pemilik beserta e-mailnya. Dengan visualisasi yang jelas untuk setiap langkahnya, proses pembuatan website dengan alat bantu tersebut akan menjadi lebih mudah.
Sedangkan bagi pengguna yang telah mahir, disediakan dukungan PHP dan MySQL. PHP merupakan bahasa pemrograman untuk pembuatan website yang dinamis, sedangkan MySQL adalah database yang digunakan untuk menyimpan berbagai data dan bisa dihubungkan dengan PHP. Dengan dukungan sebesar itu dan nama besar yang dimiliki oleh Yahoo!, fasilitas ini sayang sekali jika disia-siakan. Proses pendaftarannya mirip seperti yang Anda lakukan pada saat pembuatan e-mail. Bahkan jika Anda telah memiliki account e-mail Yahoo!, proses pendaftaran akan menjadi lebih singkat. Alamat internet yang akan Anda miliki adalah http://geocities.yahoo.com/nama-anda.

Mulai dari 5000 rupiah
Sedangkan untuk fasilitas berbayar, biaya yang harus Anda keluarkan mulai dari 5000 rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah untuk setiap bulannya. Umumnya pembedaan harga dilakukan untuk setiap kapasitas harddisk yang diberikan, bandwidth, dan dukungan atas program-program tertentu. Untuk permulaan, Anda dapat memilih layanan yang paling murah. Apabila dibutuhkan, layanan tersebut dapat di-upgrade ke harga yang lebih tinggi. Cukup banyak penyedia jasa seperti ini yang dapat Anda temukan di Indonesia, antara lain http://www.gegar.com, http://www.cakraweb.com, dan masih banyak lagi. Meskipun seringkali kecepatan, fasilitas, dan kemudahan yang diberikan masih kalah dengan fasilitas gratis, website yang Anda pasang di internet dijamin bebas dari gangguan iklan dari penyedia jasa. Selain itu alamat internet yang dipilih dapat sesuai dengan keinginan Anda, misalkan www.nama-anda.com. Disamping mudah diingat, alamat tersebut juga mewakili gengsi sebuah website.
Dalam hal proses pemasangan di internet, saat ini cukup banyak penyedia jasa web hosting yang telah memberikan kemudahan. Selain fasilitas FTP (File Transfer Protocol), beberapa diantaranya telah menyediakan fasilitas cPanel untuk proses upload melalui web. Bagi pengguna awam, fasilitas ini sangat membantu. Tidak diperlukan pengetahuan yang khusus untuk dapat mengoperasikan cPanel. Anda hanya perlu mencoba dan membiasakan diri dengan fasilitas tersebut. Namun jika kedua fasilitas tersebut tetap dirasa menyulitkan, umumnya pihak penyedia jasa juga dapat membantu meng-copy file ke internet melalui CDROM yang Anda kirimkan ataupun pengiriman file melalui e-mail. Namun agar Anda bisa lebih mandiri dalam meng-update informasi profile pribadi, disarankan untuk meminta pelatihan secara langsung ataupun melalui e-mail tentang cara operasional layanan yang tersedia.
Jika Anda terbiasa mengelola situs pribadi dengan baik, fungsi website sebagai “staf humas” yang menginformasikan berbagai aktivitas Anda tentunya akan dapat tercapai. Selain menarik relasi, berbagai peluang bisnis mungkin saja dapat berawal dari sini.

3 komentar:

netofa said...

baru ketemu disini..pengalaman yang tidak jauh berbeda cuma teba-tipis buku pelajarannya.Salut!

netofa
http://www.kikimain.net

Parakanca said...

trimakasih atas masukannya, saya jadi pingin membuat situs mas..

NovinAND@r said...

Semakin tertarik untuk membuka situs, mohon diperkaya lagi informasinya.

Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...