03 March 2007

Microsoft Office di Dalam Web

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 25 Februari 2007)

Pernahkah Anda membayangkan program yang selama ini Anda gunakan untuk mengetik di kantor dapat ditemukan di internet? Untuk menjalankannya, Anda hanya cukup menggunakan web browser, tanpa perlu menginstal program tersebut. Bahkan semua dokumen dapat disimpan di sana, tanpa perlu menghabiskan kapasitas harddisk di komputer Anda. Sehingga pekerjaan tidak lagi terikat pada lokasi.

Hanya saja, program tersebut bukanlah aplikasi kantor buatan Microsoft melainkan milik Google, sang raja mesin pencari di Internet, Zoho.com, dan Ajax13. Ketiganya menyediakan aplikasi kantor yang didesain mirip dengan Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Begitu pula dengan fungsi-fungsi yang ada di dalamnya.
Google menyediakan dua aplikasi Office, yaitu Google Docs dan SpreadSheet, yang dapat dijalankan melalui docs.google.com dan spreadsheet.google.com. Dengan Google Docs, Anda dapat mengetik, mengatur format huruf, dan spell-checking seperti halnya Microsoft Word. Anda juga dapat mengelola dokumen yang dibuat dengan format OpenOffice, RTF, HTML atau teks biasa. Yang menarik, pengguna dapat menyimpannya ke dalam berbagai macam format dokumen, termasuk PDF, tanpa perlu adanya software tambahan.
Sedangkan Google Spreadsheet memungkinkan Anda untuk mengelola dokumen yang dibuat dengan Microsoft Excel serta menyimpannya di server Google. Bahkan Anda juga dapat menentukan user yang dapat mengubah ataupun hanya melihat isi dokumen, termasuk menampilkannya ke dalam Blog.
Untuk memanfaatkan semua itu, tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya perlu mendaftarkan diri dengan email yang disediakan oleh Google. Fitur Javascript di dalam web browser merupakan salah satu syarat yang perlu diaktifkan untuk dapat menjalankan kedua aplikasi Office tersebut. Keduanya menggunakan teknologi Ajax (Asynchronous JavaScript + XML) dalam memproses semua komunikasi antara pengguna dan server Google sehingga aksesnya menjadi lebih cepat.
Bagi pengguna internet broadband, hampir tidak terasa adanya perbedaan kecepatan proses antara aplikasi Office yang dijalankan di komputer dan di internet. Karena Ajax mampu meminimalkan proses antara komputer pengguna dan server. Hanya data yang diperlukan saja, yang akan diminta oleh web browser ke server.

Selain Google, Zoho.com juga menyediakan aplikasi serupa, yaitu Zoho Writer dan Zoho Sheet. Masih ditambah dengan aplikasi Zoho Show untuk kepentingan presentasi seperti halnya Microsoft PowerPoint, dan Zoho Virtual Office (Zohovo), yang memungkinkan Anda bekerja layaknya di komputer sendiri.
Zohovo menyediakan aplikasi sejenis Windows Explorer untuk mengatur file dan aplikasi sejenis Microsoft Outlook untuk mengelola email dan daftar janji. Sehingga Anda serasa berada di komputer lokal, meskipun berada di luar negeri sekalipun. Semua aplikasi tersebut dapat Anda akses melalui www.zoho.com.
Tidak kalah dengan Google dan Zoho, Ajax13 juga menyediakan ajaxWrite, ajaxXLS, dan ajaxPresents, serta ajaxSketch untuk membuat sketsa dan ajaxTunes untuk mendengarkan musik. Kelima aplikasi tersebut dapat Anda akses melalui www.ajax13.com.

1 komentar:

jeffrey said...

wahhh,seingat saya,saya baru tau informasi seperti ini,thanks pak ridwan untuk info-info ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...