02 April 2007

Leluasa IM dengan Gaim

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 18 Maret 2007)

Masih ingat Meebo.com? Sebuah aplikasi instant messaging (IM) berbasis web yang mampu mengelola account Yahoo! Messenger, Google Talk, MSN, AIM, ICQ, dan Jabber secara bersamaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menjalankan berbagai jenis perangkat lunak IM untuk bercakap-cakap menggunakan keenam account tersebut.

Karena berbasis web, pengguna dapat dengan mudah menggunakannya hanya dengan sebuah program browser web. Sehingga tidak diperlukan instalasi keenam jenis IM di dalam komputer pengguna. Meskipun praktis, Meebo.com masih memiliki keterbatasan dalam hal transfer dokumen. Pengguna tidak bisa mengirim file kepada lawan bicaranya ketika sedang aktif. Sehingga pemanfaatannya terbatas pada komunikasi berbasis teks saja.
Terdapat alternatif selain Meebo.com yang memiliki fungsi sama dalam mengelola banyak account namun tetap mempunyai kemampuan transfer file yang umumnya dibutuhkan oleh sesama pengguna IM. Alternatif tersebut antara lain Trillian, yang dapat diunduh melalui http://www.trillian.cc dan Gaim, yang dapat diunduh melalui http://gaim.sourceforge.net.
Berbeda dengan Meebo.com, keduanya merupakan perangkat lunak yang harus diinstalasi di dalam komputer pengguna. Selain itu, bukan hanya enam account saja yang dapat dikelola oleh kedua program tersebut. Gaim dapat mengelola lebih banyak lagi, antara lain Yahoo!, MSN, Jabber atau Google Talk, ICQ, AIM, IRC, QQ, Lotus Sametime, Simple, SILC, GroupWise, dan Gadu-Gadu. Namun Trillian hanya mengelola sejumlah account yang lebih terbatas, antara lain Yahoo!, MSN, ICQ, AIM, dan IRC.
Selain jumlah account yang dapat dikelola oleh Gaim dan Trillian, sistem operasi yang didukung juga merupakan faktor pembeda antara keduanya. Jika pada awalnya Gaim dibuat untuk sistem operasi GNU/Linux, saat ini Anda sudah dapat menemukannya untuk sistem operasi Microsoft Windows, FreeBSD, SkyOS, Qtopia, dan Mac OS X. Karena ketersediaan untuk berbagai sistem operasi inilah, Gaim mulai disukai oleh pengguna dari berbagai sistem operasi.
Apalagi Gaim juga dapat dijalankan secara portable dari Flash disk. Informasi mengenai instalasi Gaim dalam media Flash disk dapat Anda temukan pada beberapa situs antara lain http://gaim.sourceforge.net/win32/index.php#portable, http://portableapps.com/apps/ internet/chat/portable_gaim, dan http://www.winpenpack.com. Dengan adanya Gaim portable, Anda tidak perlu menginstalasi program ke dalam komputer dan cukup hanya menggunakan media Flash disk saja.
Dengan berbagai kelebihan di atas, keputusan untuk mencoba Gaim sebagai pengganti banyak software IM merupakan pilihan yang tepat. Berbagai percobaan yang telah dilakukan menunjukkan koneksi yang dilakukan oleh Gaim cukup cepat dan mudah, meskipun di belakang proxy sekalipun. Performa Gaim bahkan dapat diadu dengan software dari masing-masing account IM. Tertarik untuk mencoba?

6 komentar:

dendi said...

di gaim 2.0(beta) bahkan yahoo privacy setting-nya sudah di implementasi..
wooohooo..
sekarang bisa sembunyi dari temen-temen jayus di gaim
:-p

Sumodirjo said...

ditempat saya gag bisa pake gaim mas. kalau mau connect ada pesan dari gaim proxy gak mengijinkan tunneling ke port 5001. mana adminya dudul lagi. fuhhhhh.

didit said...

Mas Ridwan, di kantor say Yahoo Messenger di block ama Admin. Apakah dengan aplikasi Meebo jadi bisa tembus?

Anonymous said...

Pak Ridwan,
Selain meebo ada ngga chat room lain yang berbasis web?
Thanks untuk infonya.

Aryo

Anonymous said...

ini nih pake ini aja Selain Meebo

Bali Hotels said...

Nice Post ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...