28 September 2007

Pemasaran melalui Blog Lebih Efektif

Suara Merdeka, 28 September 2007
Link: http://www.suaramerdeka.com/harian/0709/28/eko04.htm

SEMARANG-Dunia pemasaran saat ini semakin tidak bisa dipisahkan dari dunia internet. Dengan adanya web log atau yang lebih dikenal dengan blog, pemasar (marketer) makin dipermudah dalam mengoptimalkan aktivitas mereka.
Demikian diungkapkan Ridwan Sanjaya, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katholik Soegijapranata dalam acara Gathering Indonesia Marketing Association (IMA) Jateng bertema "Blog Marketing: The New Era of Cyberspace", di Borobudur Ball Room Hotel Santika Premier Semarang, Kamis (27/9).
Itulah sebabnya, lanjut Ridwan, bagi pemasar yang ingin sukses mau tidak mau harus mengambil manfaat dari teknologi ini bagi kepentingan bisnisnya. "Pemanfaatan blog tak lagi terbatas pada kalangan individu semata. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, IBM, Kecap Bango, Elexmedia telah memanfaatkan untuk kepentingan bisnis mereka. Ini merupakan perkembangan positif dari fungsi blog sekaligus membuktikan bahwa blog tidak kalah dengan website."
Menurut Ridwan, blog adalah sahabat mesin pencari seperti Yahoo dan Google. Selain itu, blog juga bisa sebagai alat komunikasi langsung dengan konsumen dan membangun citra. "Blog merupakan media dan public relation yang bagus."
Banyak fitur dalam blog yang mendukung pemasaran. Diantaranya sebagai viral marketing. "Pemasaran melalui mulut ke mulut lebih efektif dibanding iklan seindah apapun. Lagipula memasarkan melalui blog itu iklan tanpa batas wilayah," tambah Ridwan.
Selain itu, blog mudah ditulis, mudah dicari, dan lebih mudah dalam membangun jaringan dengan konsumen. "Bayangkan jika ada 100 orang yang melihat blog. Itu berarti ada komunitas baru. Dan itu sangat bermanfaat untuk promosi yang mudah dan murah," jelasnya. (J8-59)

Materi Presentasi:
Versi PDF

10 komentar:

Erwan Suksmono Hendarto, SE said...

Saya Erwan salah satu peserta IMA Seminar ttg Blog Marketing, mungkin Pak Ridwan masih ingat. Saya senang sekali ternyata dlm seminar itu ada banyak hal yg saya blm tahu seputar blogging, dan Bapak memaparkannya dgn cukup jelas, sayang sekali kita dibatasi oleh waktu hehehehe....OK terus menulis ya Pak.

Erwan
erwansh.blogspot.com

Erwan Suksmono Hendarto, SE said...

Saya Erwan salah satu peserta seminar IMA ttg Blog Marketing, mungkin Bapak masih ingat. Saya senang sekali ternyata banyak yg saya blm meegerti dan Bapak dpt memaparkannya dgn cukup jelas. Terus menulis ya Pak, dan mohon tdk keberatan apabila saya banyak bertanya seputar masalah Blogging :) Sukses selalu...

erwansh.blogspot.com

Erwan Suksmono Hendarto, SE said...

Saya Erwan salah satu peserta seminar IMA dgn tema Blog Marketing, mungkin Bapak masih ingat. Senang sekali ternyata banyak hal yg saya bisa dapat dan pelajari pd seminar Bapak. Terus menulis ya Pak, sukses selalu...

erwansh.blogspot.com

escoret said...

bener adanya mas..!!!!
saya dukung..!!!!

Ridwan Sanjaya said...

Terima kasih banyak atas apresiasinya

Jemerson Sinaga said...

Mau download lagu, film terbaru saat ini. Nonton langsung juga bisa.

Langsung Anda masuk aja ke Link ini.

Pembahasan lebih lanjut masalah SPMB juga tersaji dalam blog ini.

Download segala software yang baru maupun lama juga tersedia.

http://jemersonsinaga.blogspot.com

Bolehkan kan mas, saya numpang numpahin uneg2 saya. Saya juga berharap kita dapat tukeran Link.

Terima kasih saya ucapkan.

Anonymous said...

salam kenal aja dari saya ade yg kmrn ikut seminar diyogyakarta saya banyak belajar blog dari buku-buku anda terimakasih

http://kontraktorrumah.blogspot.com

empat sehat said...

Mas Ridwan saya punya blog gratisan di blogspot.com htp://empat-sehat.blogspot.com, tetapi saat ini jika link tersebut di klik yang muncul malah halaman iklan negeri.ads mohon solusinya Mas supaya blog saya pulih kembali seperti semula

Ridwan Sanjaya said...

@Empat Sehat: Sepertinya gadget negeriads.com yang menyebabkan. Silahkan coba dihapus.

iklan iklan said...

setuju banget nih sama tulisannya, melalui blog promosi lebih mudah dan murah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...