24 November 2008

Komunikasi Video di Dalam Gmail

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 23 November 2008)

Kejutan Google tidak hanya berhenti dengan menambahkan bahasa Indonesia sebagai pilihan penerjemahan di dalam translate.google.com. Baru-baru ini, Google menambahkan fitur komunikasi video di dalam Gmail.

image Dengan begitu, Anda dapat membaca e-mail di dalam Gmail sekaligus melakukan aktivitas video-chating. Sebelumnya, fasilitas chating di dalam Gmail hanya menyediakan fitur komunikasi berbasis teks.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu melakukan instalasi software tambahan yang terletak di http://mail.google.com/videochat/?hl=en atau melalui link yang terletak di kanan atas Gmail.

Namun sayangnya, software tambahan ini hanya disediakan untuk pengguna Windows XP dan di atasnya. Sampai saat ini sistem operasi lain belum didukung penuh oleh Google dalam komunikasi video di dalamnya. Namun pengembangan tampaknya belum berhenti sampai di sini. Terdapat kemungkinan dukungan terhadap sistem operasi lainnya di dalam fasilitas terbaru dari Gmail ini.

Setelah program instalasi dijalankan, kotak chat di dalam Gmail akan mempunyai satu tambahan link dengan nama Video & More. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan fitur tersebut hanya dengan menambahkan perangkat keras webcam ke dalam komputer Anda.

Sebetulnya fasilitas video-chating sudah sangat umum disediakan oleh berbagai software Instant Messenger seperti Yahoo!Messenger, Skype, MSN, dan lain sebagainya. Namun yang istimewa dengan Google, mereka menyediakannya di dalam layanan e-mailnya yang berbasis web.

Kejutan satu ini tentunya semakin menambah rasa penasaran dan cinta dari penggunanya. Para penggemar Google semakin menunggu-nunggu produk selanjutnya yang akan dihasilkan dari lab Google yang kaya dengan ide.

3 komentar:

Satrio said...

coba kalo conffrence video nya bisa multiplrotokol ya pak... ga sebatas gmail doang...

Anonymous said...

artikelx ok banget

eko said...

info yg bagus mas, thanks

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...