27 May 2009

Facebook Untuk Pemasaran yang Kreatif

(disajikan pada seminar E-commerce : The solution for your business, Jogja Information Technology Session (JOINTS) 2009, Himpunan Mahasiswa Komputer Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 23 Mei 2009)

Facebook merupakan situs pertemanan yang menjadi luar biasa populer di Indonesia saat ini. Bahkan popularitasnya mampu mengalahkan sejarah popularitas situs pertemanan Friendster, yang lebih dahulu ada. Bukan hanya anak muda saja, pengguna dewasa dan orang tua juga aktif terlibat di sana.
seminar-di-UGM Teman-teman lama yang telah bertahun-tahun tidak terdengar kabarnya, muncul dan bertemu di situs tersebut. Tak pelak, rencana-renana reuni akhirnya tercipta melalui situs pertemanan tersebut. Manfaat positif tentang Facebook tersebut yang disampaikan dari mulut ke mulut, membuat situs ini kebanjiran anggota baru.
Tidak heran dalam waktu yang singkat, jumlah pemilik akun Facebook di Indonesia saat ini telah menembus angka 2 juta pengguna. Bahkan di dalam salah satu halamannya, terlihat bahwa jumlah tersebut hanyalah merupakan pengguna di atas 18 tahun saja. Jumlah total pengguna untuk semua pengguna yang tinggal di Indonesia bisa mencapai 3 juta orang.
Padahal pada awal tahun 2009, jumlah orang Indonesia yang memiliki akun Facebook baru mencapai 1 juta pengguna saja. Terjadi peningkatan pengguna yang luar biasa di Indonesia. Hal ini juga ditunjukkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2008 menyebutkan bahwa tingkat pertumbuhan pemilik akun Facebook di Indonesia mencapai 645 persen atau total 831 ribu orang. Angka tersebut mengalahkan Malaysia, India, Thailand, Singapore, dan bahkan China.

Arti Besar dalam Pemasaran

Jumlah massa di dalam dunia pemasaran tentunya mempunyai arti yang cukup besar. Hal ini bisa menjadi peluang dalam viral marketing atau pemasaran word of mouth. Di dalam Facebook, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut tanpa harus melanggar etika komunikasi di dalam dunia internet.
Melalui mekanisme standar yang disediakan di sana, Anda tidak mungkin dianggap mengganggu privasi orang lain ataupun menjadi spammer ketika melakukan aktivitas tersebut. Mekanisme standar tersebut meliputi penulisan status, pemasangan koleksi foto dan video, pembuatan grup dan halaman penggemar.
Pengguna Facebook umumnya telah terbiasa berbagi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan saat ini melalui kotak status “What's on your mind?”. Setiap saat, teman-teman pengguna dapat memantau perkembangan yang sedang terjadi melalui penulisan status tersebut.
Bagi pengguna-pengguna Facebook yang kreatif, penulisan status di dalam halaman profil mampu menciptakan perhatian dari sesama pengguna. Sehingga mereka bukan hanya turut urun komentar, tetapi juga sekaligus melihat konten iklan yang dilampirkan bersama dengan status yang ditulisnya.
Banyak yang menyebut aktivitas ini sebagai soft-marketing atau pemasaran yang halus. Iklan tersebut diakses dan dilihat bukan karena paksaan, tetapi lebih karena ketertarikan pembaca akan hal-hal yang sedang ditayangkan atau dibahas di halaman tersebut. Semakin banyak jalinan pertemanan, semakin besar efek yang dihasilkan oleh pemasaran seperti itu.
Pemasaran yang Kreatif
Ibu-dan-Facebook Penulisan status bukan hanya satu-satunya mekanisme yang dapat digunakan untuk aktivitas pemasaran yang kreatif. Anda juga bisa menggunakan foto dan video yang diunggah ke halaman Facebook untuk menarik perhatian pengguna lainnya. Sebagai contoh, video Ibu dan Facebook yang tersebar ke seluruh pengguna Facebook.
Meskipun pada awalnya tanpa intensi untuk pemasaran, akhirnya semua orang menjadi tahu bakat yang dimiliki oleh Serafina Ophelia dalam berpuisi. Video tersebut bukan hanya dilihat oleh orang-orang yang mengenal ibunda Serafina, Reko Alum. Hampir seluruh pengguna Facebook di Indonesia pernah melihat dan tertawa terbahak-bahak melihat bakat anak tersebut.
Efek dahsyat yang sama seperti di atas tentunya dapat Anda ciptakan jika terdapat kreatifitas yang unik. Melalui Facebook, kesempatan untuk menciptakan pemasaran yang kreatif bisa muncul setiap saat dan seketika itu juga.
Adanya fitur notifikasi atau rekaman aktivitas orang lain di dalam Facebook, membuat pengguna lainnya tidak akan pernah ketinggalan meskipun mereka sedang tidak mengakses Facebook pada saat Anda menayangkan konten pemasaran.
Apabila hal tersebut juga dikombinasikan dengan fitur album foto, grup, dan halaman produk, tentunya efek pemasaran yang dihasilkan juga semakin dahsyat. Semua fitur mampu digerakkan untuk aktivitas pemasaran yang kreatif.
Cindera Mata Virtual
Send Indomie Selain status, foto, video, grup, dan pembuatan halaman, terdapat aplikasi-aplikasi yang menarik di dalam Facebook dan dapat digunakan untuk aktivitas pemasaran yang kreatif. Sebagai contohnya adalah pemberian cindera mata virtual.
Apabila cindera mata tersebut menarik dan unik, maka akan tercipta efek duplikasi penyebaran yang dahsyat. Karena setiap pengguna Facebook akan mengirimkan kembali cindera mata yang diterima ke teman-teman lainnya.
Jika cindera mata ini berupa tampilan produk, seperti Indomie, Blackberry, McDonalds, dan lain sebagainya, maka akan banyak konten iklan yang disebar tanpa paksaan oleh pengguna-pengguna Facebook.
Pengirim cindera mata seringkali bukan berasal dari penggemar produk tersebut saja. Tetapi juga dari pengguna-pengguna yang melihat cindera mata tersebut sebagai sesuatu yang unik dan menarik.
Yang menarik, pembuatan cindera mata ini dapat dilakukan oleh Anda sendiri, tanpa bantuan ahli-ahli di bidang pemrograman. Hal ini bisa terjadi karena telah tersedia alat bantu pembuatan cindera mata di dalam Facebook, yang dapat digunakan oleh orang-orang tanpa latar belakang TI.
Melalui aplikasi Gift Creator yang bisa diakses melalui http://apps.facebook.com/giftcreator, setiap orang dapat membuat cindera mata virtual yang sesuai dengan produk masing-masing. Terdapat langkah-langkah yang rapi dan mudah diikuti untuk membantu Anda dalam membuat cindera mata virtual melalui aplikasi tersebut.
Sama halnya ketika awal-awal perkembangan Blog, melalui pemanfaatan yang positif di dalam dunia pemasaran, efek-efek negatif yang selama ini dikhawatirkan oleh banyak orang akan semakin dapat diminimalisir. Dan bangsa ini dapat merasakan manfaat dari semua fitur yang tersedia. (Ridwan Sanjaya)
Link terkait:
Download Link:

Penulis adalah dosen Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang dan penulis freelance Elex Media Komputindo Jakarta. Bisa dihubungi melalui http://ridwan.sanjaya.org atau email mail2ridwan@gmx.net
Panduan Cepat FB Bisnis Creative FB

4 komentar:

satch said...

wah, ada foto saya! yah...saya memang tampan, hahayyy...

pasang iklan tanpa daftar said...

nice post.....
emang bener facebook untuk pemasaran yang kreatif
salam kenal :P

Info Gaptek said...

Thanks utk postingnya.
Saya lagi nyari2 info tambahan ttg pemasaran melalui facebook.

Saswin said...

Trims artikelnya, ini akan memperkaya bahan penulisan saya di blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...