22 January 2010

Buka Praktik Konsultasi di Internet

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 17 Januari 2010)

Anda punya pengalaman di suatu bidang? Atau memiliki pengetahuan di bidang tertentu? Punya waktu luang dan bersedia membantu sesama? Pertanyaan ini tidak terkait dengan iklan lowongan pekerjaan namun berbicara mengenai fasilitas internet yang sedang naik daun, yaitu formspring.

formspring03-revisiFasilitas dari formspring.me untuk membuat ruang konsultasi saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh aktivis-aktivis di dunia maya. Tujuannya adalah untuk menjembatani pertanyaan-pertanyaan yang seringkali dilontarkan oleh penggemarnya atau orang-orang di sekitarnya.

Ada yang membahas mengenai politik, teknologi, keluarga berencana, atau bahkan hal-hal pribadi. Meskipun awalnya terkesan serius, namun mainan baru ini tampaknya cukup menarik perhatian banyak pengguna internet. Apalagi fasilitas ini bisa dihubungkan dengan Blogger, Facebook, dan Twitter.
Selain itu terdapat fitur yang ada di Twitter dan jejaring sosial lainnya, untuk mengikuti akun orang lain di formspring. Sehingga Anda juga bisa memantau perkembangan tanya jawab di teman-teman pemilik akun formspring lainnya.
Anda bisa mencoba tengok ruang tanya jawab formspring.me/yahyakurniawan yang dikelola oleh Yahya, seorang penulis buku-buku TI. Meskipun bergelut di bidang teknologi, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan lebih banyak terkait dengan vasektomi.
Sedangkan di dalam formspring.me/tikabanget dan formspring.me/faniez yang dikelola oleh Tika dan Fanny, Blogger dari Jakarta dan Semarang, pertanyaan-pertanyaan yang terlontar lebih terkait dengan hal-hal pribadi dan rumah tangga. Bahkan dikemas dalam jawaban-jawaban yang kocak sehingga membuat pembacanya ikut terhibur.

Siapapun Bisa
Bagi guru, dosen, dan penyuluh tentunya fasilitas ini sangat cocok untuk menjembatani mereka dengan komunitasnya. Namun bukan berarti tidak cocok untuk yang lain. Pecinta hobi yang ingin berbagi pengalamannya juga cocok dengan layanan ini. Asalkan Anda punya waktu untuk menjawab, layanan ini akan penuh dan diikuti oleh banyak orang.
Namun dari beberapa contoh yang ada, Anda perlu mempromosikannya di kalangan teman-teman agar ruang tanya jawab bisa terasa hidup. Kalau tidak, maka layanan ini hanya akan terasa menarik dalam waktu yang singkat.
Bagi tokoh-tokoh yang telah terkenal atau mempunyai massa yang aktif di internet, tentunya terasa lebih mudah. Namun jika jawaban-jawaban yang diberikan tidak berbobot atau tidak menghibur, lambat laun ruang konsultasi menjadi sepi.
Untuk itu perlu kombinasi yang seimbang antara promosi dan kualitas jawaban-jawaban, jika Anda ingin ruang tanya jawab selalu ramai. Sama halnya ketika Anda mengelola akun Blog, Facebook, Twitter, Plurk, atau layanan jejaring sosial lainnya.
Dibandingkan dengan Twitter atau Plurk, formspring tentunya lebih bebas karena tidak membatasi pertanyaan dan jawaban dalam 140 karakter saja. Selain itu, dengan fitur yang jelas-jelas untuk tanya jawab, layanan ini terasa sederhana dan mudah dipahami.

Ruang Konsultasi Sendiri
Jika Anda tertarik untuk membuat ruang konsultasi sendiri di internet, Anda bisa mencoba layanan ini di http://www.formspring.me. Selanjutnya lakukan pendaftaran melalui link Sign Up Now. Isilah formulir pendaftaran dan profil Anda dalam 2 langkah.
Setelah selesai, Anda bisa mencoba melihat contoh pertanyaan yang ada di kotak pesan. Jika kursor mouse diarahkan ke sisi kanan pertanyaan, akan muncul link Respond untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Anda bisa memilih menjadi sosok yang serius, cerdas, humoris, atau yang lain melalui jawaban-jawaban yang diberikan. Hal tersebut akan berdampak pada citra diri yang Anda bangun di ruang konsultasi tersebut. Selamat Mencoba! (Ridwan Sanjaya)

3 komentar:

Oom Yahya said...

Duh, habis ini formspringku bisa diserbu banyak orang nih (doh)

Kang Basthoni said...

seep ... patut dicoba ni pak ridwan

salam kenal pak dari basthoni alumni Internetclub Unisbank (kepengurusan periode 2006-2009)

intothepresence.com said...

thanks, i will asking you sometime master

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...