20 April 2012

E-Banking Seharusnya Bisa Tangkal Penipuan di Internet

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 15 April 2012)

BERBAGAI masalah penipuan di internet sudah membuat kerisauan bagi para pelaku bisnis di dalamnya. Bukan hanya merisaukan pembelinya tetapi juga penjual yang benar-benar melakukan transaksi dengan jujur. Peningkatan kasus penipuan dapat menurunkan keper cayaan pembeli dalam melakukan transaksi di internet.

e-bankingMekanisme transaksi di internet saat ini bergantung pada kepercayaan pembeli kepada toko-toko online yang semakin bertambah akhir-akhir ini. Umumnya, konsumen lama telah mempunyai langganan toko-toko tertentu yang sudah dapat dipercaya. Apabila terdapat kebutuhan yang di luar barang dagangan toko langganan, maka mereka baru akan mencari toko lainnya.

Meskipun sudah beberapa kali melakukan pembelian, konsumen seringkali juga tidak bisa mendapatkan toko online yang sama seperti langganannya. Terlebih jika konsumen tersebut baru pertama kali melakukan transaksi pembelian atas barangbarang tertentu. Bukan hanya tidak selalu memahami ciri-ciri penjual yang jujur, tetapi juga harga yang wajar untuk barang-barang tersebut.

Alhasil, banyak konsumen yang tertipu karena harga jual yang murah namun tidak masuk di akal. Di sisi lain, ada juga toko online yang memasang harga jual masuk di akal namun barang tersebut juga tidak pernah sampai ke pembelinya. Trauma pascapembelian bukan hanya membuat pembeli jera melakukan transaksi di internet, tetapi juga menyebarkan word of mouth yang negatif terhadap transaksi di internet.


Proses Verifikasi

Toko online yang telah mempunyai riwayat kejujuran transaksi cukup lama akan banyak tertolong karena testimoni pelangganpelanggan setianya. Namun bagi toko-toko online yang baru, terutama usaha kecil menengah, akan sulit masuk ke dalam bisnis online. Perlu ada solusi agar kepercayaan terhadap transaksi di internet dapat tetap tumbuh.

Sebetulnya dunia perbankan dapat membantu memecahkan kebuntuan tersebut melalui layanan e-banking yang dapat menjembatani pembayaran di toko-toko online. Hanya penjual-penjual yang telah diverifikasi oleh bank, yang dapat menerima pembayaran melalui e-banking. Dengan begitu, bank bukan saja berfungsi menyalurkan pembayaran tetapi juga memeriksa keberadaan bisnis tersebut.

Pada layanan e-banking di salah satu bank di Indonesia, tersedia menu Pembayaran E-Commerce. Apabila pilihan tujuan pembayaran sudah dipilih, maka nasabah akan melihat nilai tagihan yang harus dibayarkan melalui e-banking. Nilai pembayaran tersebut merupakan proses final dari transaksi yang telah dilakukan di dalam toko online.

Jika dalam kurun waktu tertentu tagihan tersebut tidak dibayarkan di situs e-banking, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis. Namun ketika transaksi tersebut dibayarkan, maka proses transaksi dapat diselesaikan.

Melalui cara ini, pembeli akan berkurang satu kekhawatiran yaitu kebenaran transaksi yang baru saja dilakukan. Hanya saja, informasi mengenai layanan pembayaran e-commerce yang ada di dalam e-banking belum tersosialisasi secara meluas.

Diperluas

Informasi mengenai mekanisme pendaftaran agar bisa terlibat di dalam fitur e-commerce tampaknya tidak terdistribusi sampai kantor cabang bank tersebut, sehingga harus melakukan kontak ke kantor pusat di Jakarta.

Jika fitur tersebut dapat diaktifkan secara meluas, bukan hanya untuk bisnis yang berlokasi di Jakarta, maka akan banyak usaha kecil dan menengah di daerah yang akan terbantu dalam menepis sisi negatif dari kepercayaan dan keamanan transaksi di internet.

Selain itu, dengan ikut meverifikasi toko-toko online yang masuk ke dalam fitur pembayaran e-commerce di dalam e-banking maka akan bisa mempersempit ruang gerak pelaku penipuan berkedok toko di internet.

Ke depannya, konsumen akan lebih nyaman melakukan transaksi di toko-toko online yang pembayarannya dijembatani oleh ebanking. Transaksi pembayaran melalui ebanking juga akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya transaksi di tokotoko onlineyang tergabung dalam fitur tersebut.

Dengan begitu akan tercipta hubungan saling menguntungkan antara pengguna internet, toko online, dan perbankan. Pengguna internet merasa aman dalam melakukan transaksi dan pembayaran karena melalui fitur perbankan yang terjamin. Di sisi toko online, keberadaan fitur pembayaran e-commerce dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnisnya. Sedangkan perbankan tentunya akan diuntungkan karena dana yang masuk melalui transaksi di internet. (Ridwan Sanjaya)

Kliping: Suara Merdeka Cetak

2 komentar:

Reno Rasiwara said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Bisnis.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai Bisnis.Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

ebook panduan teknisi komputer terlengkap said...

salam admin
Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya Terima kasih untuk berbagi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...