30 December 2009

MujMail, Pengelola E-mail untuk Semua Ponsel

(Suara Merdeka Minggu - Rubrik Konek 27 Desember 2009)

Biaya internet mobile saat ini sudah semakin terjangkau dan kompetitif. Berbagai paket berlangganan ditawarkan dengan cara yang variatif. Bahkan ada juga operator ponsel yang menawarkan paket internetnya dalam batasan kuota tertentu yang berlaku dalam jumlah hari tertentu.

mujmail03
Pelanggan diberi kesempatan untuk tidak harus berlangganan dalam rentang waktu satu bulan, tetapi sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Dengan pilihan produk yang sangat customize ini, masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.
Banyak pengguna internet yang saat ini tidak ragu lagi menggunakan ponsel untuk berkoneksi ke internet, bahkan untuk aktivitas sehari-hari sekalipun. Bukan hanya untuk keperluan update status Facebook, tetapi juga untuk kepentingan lain. Salah satunya, surat elektronik atau surel.
MujMail merupakan salah satu aplikasi pengelola e-mail yang ringan namun hebat. Program ini bisa diunduh melalui www.mujmail.org. Karena berbasis Java dan telah didukung luas oleh berbagai ponsel, Anda bisa menggunakannya di semua ponsel yang dijual saat ini.
Dengan ukuran program yang hanya sebesar 100 kilobyte, MujMail bekerja sangat efektif. Tidak ada komputer yang menjadi jembatan antara aplikasi ini dengan server e-mail, sehingga koneksi dari ponsel langsung menuju ke server e-mail. Hal ini tentunya sangat berarti bagi kecepatan akses dan privasi e-mail Anda.
Tidak seperti aplikasi e-mail berbasis ponsel lainnya, MujMail tidak memerlukan registrasi. Anda bisa langsung menggunakannya setelah mengisi konfigurasi POP3 dan SMTP e-mail yang digunakan. Jika dibutuhkan, aplikasi ini akan memeriksa e-mail Anda secara periodik. Sehingga ketika ada e-mail baru, Anda akan diberi tahu melalui bunyi notifikasi.
Yang menarik, Anda bisa mengelola lebih dari satu akun e-mail di dalam MujMail. Jika Anda menggunakan aplikasi sejenis, Emoze, fasilitas ini hanya diberikan pada pengguna pro yang berbayar. Meskipun banyak e-mail dikelola, Anda tidak perlu khawatir dengan bandwidth yang digunakan. Aplikasi ini dapat mengunduh hanya bagian judul e-mail saja. Isi lengkapnya akan diunduh ketika Anda ingin melihat membaca e-mail tersebut. Bukan hanya waktu memeriksa e-mail yang berkurang, tetapi juga biaya untuk bandwidth yang digunakan.
Selain itu, MujMail menyediakan pilihan untuk bisa menyimpan e-mail di dalam ponsel Anda apabila Anda menggunakan ponsel-ponsel terbaru yang telah dilengkapi dengan memori penyimpanan. Sehingga sewaktu-waktu, e-mail dapat dilihat tanpa harus memerlukan koneksi internet lagi.
Kelebihan lainnya, program ini menyediakan fasilitas penyimpanan alamat e-mail ke dalam buku alamat (address book) dan dukungan untuk server e-mail yang menggunakan keamanan SSL, seperti halnya pada Google Mail.
Keperkasaan aplikasi ini terasa semakin dahsyat dengan adanya kemampuan untuk mengunduh ulang surat-surat yang rusak sekaligus memperbaikinya. Cukup menarik, bukan?
Dengan tampilan yang sederhana, Anda akan merasakan kemudahan dan suasana seperti saat menerima dan berkirim pesan melalui SMS. Dengan MujMail, berkirim e-mail di dalam ponsel tidak lagi menjadi aktivitas yang asing. (Ridwan Sanjaya)

2 komentar:

Paman Sam said...

boleh di berikan panduan cara settingnya gak bro...

Ridwan Sanjaya said...

untuk Gmail, cukup masukan konfigurasi pop3 gmail (server: pop.gmail.com, use SSL, port: 995) di menu tab bergambar catatan dan konfigurasi smtp gmail (server: smtp.gmail.com, use SSL, port: 465) di menu tab bergambar kunci

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...