25 September 2010

Berbagi Lokasi dengan Foursquare

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 29 Agustus 2010)
Semakin banyak media sosial yang diciptakan oleh pengembang aplikasi di dunia. Jika sebelumnya kita hanya mengenal Friendster, MySpace, Facebook, Twitter, Plurk, dan beberapa lainnya yang mempunyai tampilan sejenis. Kini Foursquare mulai ramai digunakan oleh pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia.

Foursquare01-Halaman Muka Foursquare atau sering disingkat 4SQ ini dikembangkan oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai, yang sebelumnya telah mengembangkan aplikasi sejenis namun dibeli oleh Google pada tahun 2004. Dengan berbagai perbaikan, akhirnya Foursquare berhasil menarik perhatian banyak pengguna.
Inti aktivitas di dalam Foursquare adalah berbagi keberadaan atau lokasi Anda saat ini. Anda bisa memberikan tip-tip atau peringatan tertentu pada lokasi yang sedang dikunjungi. Sehingga bisa menjadi panduan bagi pengguna lainnya ketika berkunjung ke lokasi tersebut. Namun jika sedang tidak ingin berbagi lokasi dan tip, Anda tetap bisa menuliskan status seperti halnya pada Facebook, Twitter, dan situs sejenis.
Berbeda dengan media sosial lainnya, Foursquare umumnya hanya digunakan pada perangkat bergerak saja. Pada umumnya pengguna ponsel dapat menggunakan Fourquare dengan mengakses foursquare.com/mobile di dalam web browser yang telah terpasang di dalamnya. Sedangkan bagi pengguna BlackBerry, iPhone, dan Android, tersedia aplikasi khusus yang harus diunduh.
Kalaupun pengguna komputer tetap ingin menggunakan, maka ia dapat mengakses foursquare.com/mobile dari browser web yang ada di komputer. Tentu saja tampilannya tampak minimalis seperti tampilan aplikasi ponsel pada umumnya. Namun hal ini tidak mengurangi keasyikan jika terlanjur terbiasa menggunakan layanan ini.
Bagi pengguna gadget yang mendukung GPS seperti halnya BlackBerry, iPhone, dan Android, Anda akan dimudahkan dalam berbagi keberadaan. Karena aplikasi akan otomatis mendeteksi keberadaan Anda dan memberikan daftar lokasi-lokasi yang berdekatan dengan posisi Anda saat ini.
Namun jika tidak tersedia dukungan atas GPS, terdapat fungsi pencarian lokasi yang akan mempermudah pengguna Foursquare dalam memilih lokasi saat ini. Sehingga fungsi utama layanan ini, yaitu berbagi keberadaan, tetap bisa berjalan dengan baik.
Yang menarik, setiap aktivitas Anda di dalam Foursquare mendapatkan penghargaan-penghargaan tertentu yang disebut badge. Penghargaan tersebut diberikan ketika Anda menggunakan Foursquare pertama kali, mengunjungi lokasi yang sama sebanyak 3 kali, 10 lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi. Sedangkan pengguna dengan kunjungan terbanyak pada suatu lokasi akan disebut sebagai mayor.
Selain itu, Foursquare bisa dihubungkan dengan Facebook dan Twitter. Sehingga setiap kunjungan ke lokasi baru di dalam Foursquare, akan dipublikasikan juga melalui kedua media sosial tersebut. Namun publikasi ke Facebok dan Twitter bersifat opsional. Anda harus menentukan terlebih dahulu, apakah posisi terbaru akan dipublikasi melalui Facebok dan Twitter atau tidak.
Layanan baru ini layak untuk dicoba, apalagi menjelang musim mudik pekan depan ketika banyak orang bepergian ke luar kota sehingga kita bisa berbagi lokasi-lokasi menarik. (Ridwan Sanjaya)

Buku Terkait:
Foursquare (Elex Media Komputindo)

1 komentar:

sewa mobil murah said...

nice info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...