25 September 2010

Portal untuk UKM

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 19 September 2010)

Mempercayai internet sebagai media dalam pemasaran dan penjualan adalah hal yang sulit pada awal Milenium yang lalu. Apalagi pada saat itu banyak terjadi kisah kejatuhan perusahaan dot com. Namun jika Anda melihat pada tahun-tahun terakhir ini, kepercayaan terhadap internet sebagai media bisnis yang handal tampaknya mulai bangkit.

UKM-Sentral Kondisi bisnis berbasis internet saat ini bisa dikatakan jauh berbeda dengan kondisi pada saat kejatuhan bisnis dot com menjelang tahun 2000. Infrastruktur yang lebih lengkap, terjangkaunya biaya penggunaan teknologi, mulai meratanya edukasi atas teknologi informasi pada masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan hubungan bisnis yang lebih luas, menjadi faktor-faktor pendukung dalam bisnis online sekarang ini.
Banyak usaha-usaha kecil dan menengah yang mulai menggunakan berbagai media di internet untuk memasarkan dan menjual produk-produknya. Media yang mulai marak digunakan antara lain Blog, Facebook, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi.
Semua media tersebut bisa dihubungkan satu sama lain. Sehingga gabungan media-media tersebut telah menjadikan internet sebagai kekuatan pemasaran dan transaksi bisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
Jika gabungan berbagai tersebut bisa dikelola di internet secara maksimal, maka pembeli akan dengan mudah mencari dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Informasi yang Anda publikasikan di internet bisa saja menjadi salah satu pilihan dalam kebutuhan konsumen dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi konsumen potensial Anda dari waktu ke waktu.

Ikuti Perkembangan
Jika dahulu pemanfaatan internet masih menjadi salah satu alternatif jalur pemasaran dan transaksi, kini telah berkembang menjadi jalur pemasaran dan transaksi yang sangat diperhitungkan.
Berbagai informasi terbaru yang dimiliki dalam waktu yang sangat cepat telah terpublikasi di media bisnis mereka di internet. Sehingga setiap orang dapat mengikuti perkembangan terbaru yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Terlebih lagi saat ini penggunaan media-media tersebut serasa dimudahkan oleh berbagai penyelenggara layanan. Tanpa pengetahuan teknis sebelumnya, seseorang bisa saja memiliki sebuah website bisnis dalam waktu yang singkat. Bahkan fitur-fitur di dalamnya cukup lengkap dalam menunjang pemasaran dan transaksi bisnis di dalamnya.
Salah satu layanan tersebut adalah portal UKM Sentral yang beralamatkan di www.UKMSentral.com. Situs tersebut merupakan web portal usaha kecil dan menengah yang berbasis di Indonesia.
Dibandingkan layanan sejenis, UKM Sentral mempunyai kelebihan dalam hal fitur e-commerce yang siap sedia digunakan, fitur kontak dengan konsumen melalui e-mail yang mudah dipasang, dan fitur berbagi artikel ke media sosial Facebook, Twitter, dan Blog.
Kelebihan lainnya, situs portal juga didukung oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan UNIKA Soegijapranata, yang secara tidak langsung bisa menjadi penjamin atas situs-situs yang terdaftar di dalamnya.

Jembatan
Sesuai dengan ide awalnya, pengembangan portal UKM Sentral dimaksudkan untuk menjembatani para pengusaha kecil dan menengah dengan berbagai pihak dalam hubungan yang saling menguntungkan.
Pihak-pihak tersebut adalah UKM itu sendiri, konsumen, pemasok, distributor, penyedia kredit untuk UKM (micro finance), pembina UKM, atau bahkan UKM lain yang ingin bekerja sama.
Setiap aktivitas yang dipublikasikan melalui website masing-masing secara otomatis akan ditampilkan di halaman depan web portal UKM Sentral. Dengan begitu, berbagai pihak yang terkait dengan UKM dapat memantau informasi terbaru dari masing-masing UKM melalui halaman utama web portal.
Dengan konten di atas dan dukungan promosi secara bersama-sama, tentunya web portal ini dapat menjadi salah satu media andalan dalam melakukan pemasaran dan transaksi bisnis melalui internet. (Ridwan Sanjaya) 

Referensi:
cover Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Blog (Elex Media)

3 komentar:

azarya said...

wah.. makasih infonya, pak. . . hehe

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

kunjungan perdana... iya nih kawan... memang bisnis internet dewasa ini semakin subur saja.. salam kenal dari saya... kalau berkenan mampir juga ke gubug reyot aku ya kawan..:D

Bisnis Pulsa said...

Lam kenal.. Buku Menciptakan Passive Income melalui Blog-nya bagus tuh.. Semoga banyak calon enterpreneur tercipta

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...