20 February 2002

Bikin Browser Pengganti Ponsel dengan M3gate

(PCPlus 66/III/2002 - rubrik plusHardware: Ponsel)

Internet Mobile mulai menggejala. Dengan dukungan GPRS, akses internet melalui ponsel menjadi kian murah. Indosat-M3 menawarkan kerjasama bagi hasil untuk programmer yang mampu menyediakan content menarik khusus internet mobile. Sedangkan Ericsson menyediakan situs Mobility World untuk peningkatan pengetahuan. Namun seringkali masih terdengar kesulitan untuk membuat situs WAP karena keterbatasan dana.
Kata siapa bikin situs WAP harus punya ponsel? Terbukti banyak program yang sifatnya gratis, bertebaran di internet. Sedangkan untuk melihat hasil kerja dari script yang dibuat, programmer WAP tidak perlu mengeluarkan pulsa, apalagi memiliki ponsel khusus. Keraguan ini muncul di kalangan programmer muda atau calon-calon programmer di banyak sekolah komputer. Di beberapa email yang saya terima, mereka mengungkapkan keraguannya melihat masa depan WAP jika dikaitkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempelajarinya.
Padahal, jika mereka hanya melihat dari sisi biaya, para programmer muda ini hanya akan menjadi pengekor yang terus ketinggalan. Ketika suatu saat (dan tidak lama lagi!) era internet via ponsel sudah mewabah, dan harga ponsel WAP sudah tidak lagi mahal, mereka baru akan mempelajarinya. Tentu saja hal ini akan menjadikan mereka terus kalah dalam persaingan. Jika dibikin analogi, ketika tertarik dengan kehebatan mobil sport, mereka baru belajar naik sepeda. Suatu ketinggalan yang sangat keterlaluan.
Kesulitan-kesulitan untuk mempunyai ponsel yang akan digunakan untuk eksperimen pembuatan situs WAP sebetulnya tidak perlu dirisaukan. Apalagi dunia internet telah memberikan cukup banyak kemudahan yang dapat menjadi jawaban atas kesulitan memiliki ponsel WAP. Kemudahan tersebut antara lain dengan diciptakannya berbagai WAP browser yang bentuknya mirip dengan banyak ponsel terkenal saat ini. Semuanya dapat dijalankan melalui PC. Dan tidak harus melakukan koneksi jika sekedar untuk eksperimen lokal.
Cara kerjanya juga tidak berbeda dengan web browser seperti Internet Explorer dan Netscape Communicator, yang selama ini digunakan untuk web surfing. Cukup menuliskan lokasi file yang dimaksud, maka script yang ditulis dapat ditampilkan. Jika penulisan script betul, yang tampil di atas WAP browser akan sesuai dengan yang diinginkan. Ponsel yang dimiliki juga bisa lebih dari satu dan cukup bervariasi. Jika Anda bosan dengan ponsel yang tampil di layar monitor, Anda dapat menggantinya dengan bentuk lain.
M3Gate merupakan salah satu dari sekian banyak WAP browser yang bertebaran di internet. Untuk memperolehnya juga tidak dikenai bayaran. Semuanya gratis dan bisa diperoleh di http://www.numeric.ru/m3platform/m3gate. Freeware ini terintegrasi dengan Internet Explorer dan Netscape Communicator, seperti halnya web browser cantik NeoPlanet. Ketika Anda menyimpan alamat-alamat favorite di M3Gate, akan tersimpan pula pada Internet Explorer atau Netscape Communicator. Begitu pula dengan koneksi internet, M3Gate menggunakan setting yang sudah dibuat pada kedua web browser tersebut. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pengaturan kembali setelah instalasi selesai. Suatu kemudahan bagi Anda yang baru mulai mempelajarinya.
Bentuk-bentuk ponsel yang Anda inginkan dapat diperoleh melalui alamat http://www.numeric.ru/m3platform/m3gate/skins/. Dari URL tersebut, Anda akan mendapatkan file instalasi bentuk-bentuk terbaru yang besarnya 1,5 MB. Dari merek Nokia, Siemens, sampai Ericsson. Download dan jalankan skin tersebut. Semuanya akan dijadikan satu dengan M3Gate yang sebelumnya harus Anda instalasi terlebih dahulu.

File instalasi M3Gate versi 0.6 yang terbaru dengan ukuran 1,9 MB ini, cukup bagus untuk sarana mempelajari pembuatan situs WAP di lokal server (komputer sendiri) maupun internet. Ketelitiannya cukup tinggi, sehingga memaksa kita untuk membuat situs WAP dengan tingkat kesalahan yang cukup rendah. Di samping itu, browser ini juga dapat digunakan untuk melihat situs-situs WAP yang ada di internet melalui menu Open URL. Jika tertarik dengan salah satu situs, Anda dapat mempelajari script-nya melalui menu View Source yang disediakan M3Gate.

Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mengatakan mahal bagi pengetahuan ini. Untuk mempelajari pembuatan situs WAP, terbukti kita tidak harus mengeluarkan uang. Pembuat situs WAP tidak harus melakukan pengecekan melalui berbagai ponsel. Semuanya bisa dilakukan dengan freeware tersebut. Internet mobile memang diciptakan untuk menjembatani keinginan user untuk mengakses internet dari perangkat ponsel. Namun, situs WAP tidak hanya diakses melalui ponsel saja. (Ridwan Sanjaya)

17 komentar:

Anonymous said...

Nama saya Farid,saya ingin download file M3Gate koq ga bisa didownload. Saya ingin sekali belajar WAP, tapi saya ingin punya file M3Gate,tolong bapak berikan solusinya, saya harus download M3 Gate-nya di alamat mana? E-mail saya di mifmilan21@yahoo.com. Terima kasih banyak.

Ridwan Sanjaya said...

Mas Farid bisa download di http://numeric.ru/distribbin/m3stp12.exe

Anonymous said...

Mas Ridwan
Nama Saya Andri.
Saya ingin menanyakan klo membuat situs wap boleh dilakukan offline(tanpa koneksi internet)memakai emulator m3gate dan alamatnya di localhost atau harus selalu online.
terima kasih

Anonymous said...

nama saya mawar
saya ingin menanyakan kalo mengembangkan situs wap harus online apa offline menggunakan localhost + m3gate sebagai browsernya
terima kasih

Anonymous said...

Pak ridwan, saya farid. Saya mempunyai file berekstensi .wml dan file tersebut mau saya lihat di browser m3gate. Saya mengalami kesulitan dalam konfigurasi settingannya agar file tersebut dapat saya lihat dalam browser m3gate, langkah apa yang harus saya lakukan? Terima kasih banyak sebelumnya. email saya mifmilan21@yahoo.com

basit said...

Saya ingin belajar WAP, apakah bapak punya e-book tutorial bhs indonesianya, terutama cara upload dan akses secara online.

Terima kasih.
Basit

basit said...

Saya ingin belajar wap, apakah bapak punya e-booknya bhs indonesianya.

email saya basitid@yahoo.com

apakah saya boleh minta script website bapak ini, saya suka sekali dengan web bapak.

terima kasih.
Basit

Anonymous said...

Pa' Ridwan
saya Raiyan, saya punya sedang mencoba membuat wap dengan script PHP dan MySQL. Saya tidak bisa menampilkan file wap saya pada localhost gmana penempatanya ya !
e-mail saya raiyanfadhi@yahoo.com
Terima kasih

Anonymous said...

Alo Mas Ridwan, gua ipung, nih, barusan gua download m3gate, but skin nya gak punya yang untuk siement dan nokia, down load di mana makasih.

dewa said...

alo mas ridwan, nama saya dewa
saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang web dan wap.
saya ingin menanyakan bagaimana caranya mengupload (hostingnya) agar nantinya bisa online.
saya sudah mencoba dengan awardspace tapi belum bisa.
tolong ya mas ridwan email saya di dewa_escudo@yahoo.co.id
makasih banyak atas bantuannya.

Anonymous said...

Thx mas ridwan..! saya sudah cari software ini di beberapa rental tapi tidak nemu, ahirnya ketemu juga disini

Anonymous said...

Mas Punya software M3gate nya ga??.kirim ke evolizer_04@yahoo.com dong.makasih....

Anonymous said...

saya aif udah di coba di alamat http://numeric.ru/distribbin/m3stp12.exe tapi ga bisa juga??,upload za ke email evolizer_04@yahoo.com.Makasih banget...

Ridwan Sanjaya said...

Silahkan akses ke
http://pojokkita.com/m3gate/

Terima kasih

Andri Kurniawan said...

Akhirnya jadi juga ngabil buat bikin info kampus pake WML yg bisa koneksi ke mysql :), ayooo siapa yg ikut masarin produk ini ??? :D

Anonymous said...

mas...
ada m3gate skin versi baru selain v0.6 ga???

klo d kirimin yah ke rh4f_r@yahoo.co.id

makasich

DDN said...

wah mantap bang cobain yah. btw buat situs wap gmn bang caranya ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...