27 December 2011

Peluang Besar Industri Games

(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 18 Desember 2011)
Peluang Besar Industri Games
Sampai saat ini cukup banyak dari kita melihat Game hanya sebatas program pengisi waktu di kala suntuk, menunggu antrian, atau mengisi waktu luang. Sehingga kesan yang muncul, Game bukanlah sesuatu yang serius apalagi bisa dijadikan sebagai masa depan.
Padahal ada peluang yang besar di dalam industri kreatif Game tanah air. Bukan hanya dari sisi pasokan karena jumlah industri Game yang masih sedikit di tanah air, tetapi juga dari sisi permintaan karena kebutuhan akan Game-Game baru yang tak pernah berhenti dan terus berkembang.
Hal tersebut yang juga membuat perusahaan Game global dari Prancis, GameLoft, tertarik menanamkan modalnya di Indonesia. Mereka bahkan mengakui kebutuhan akan tenaga programmer dan animasi di bidang Game masih cukup tinggi, guna memenuhi permintaan pasar Game dunia yang kian berkembang.
Program-program permainan yang akan dihasilkan masih banyak, namun sumber daya manusia yang fokus di bidang tersebut masih terbatas. Sementara kebutuhan produk-produk hasil industri kreatif ini makin tak terbendung karena potensi keuntungan finansial yang semakin besar.
Jika melihat dari jumlah industri Game di tanah air yang masih sedikit, maka besar harapan dan peluang bagi lulusan-lulusan di bidang Teknologi Informasi (TI) untuk bisa ikut mengisi kebutuhan di dalamnya, baik sebagai tenaga ahli maupun wirausaha di bidang Game.
Dukungan Pemerintah
Pemerintah tampaknya juga menyadari peluang besar di bidang industri kreatif ini, terutama jika dilihat dari kontribusi produk domestik bruto (PDB) dari industri kreatif yang telah mencapai angka tujuh persen.
Dukungan kepada industri kreatif Game juga dinyatakan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang dalam implementasinya diwujudkan dengan pemberian insentif terhadap industri kreatif dan dukungan beasiswa bagi pelajar yang berminat di bidang tersebut.
Diprediksi kebutuhan tenaga ahli dan wirausaha di bidang ini akan terus berkembang dalam jangka waktu yang lama, seiring dengan penetrasi ponsel, tablet, dan laptop yang makin meluas ke masyarakat. Apalagi saat ini peningkatan kebutuhan Game juga dirasakan oleh bidang-bidang lain, seperti pendidikan dan kedokteran.
Di dalam buku Stimulasi Kecerdasan Anak Melalui Teknologi Informasi, keberadaan Game sebagai media belajar sangat membantu penyampaian pengetahuan kepada anak-anak secara menyenangkan. Sedangkan untuk di bidang kedokteran, Game dibutuhkan sebagai media terapi untuk pasien.
Dampak Positif
Dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester di New York disebutkan bahwa dampak positif Game yang dapat dirasakan oleh para penggunanya antara lain adanya peningkatan fokus dan kemampuan visual, serta kemampuan dalam mengelola strategi. Melihat manfaat-manfaat tersebut, akan terbuka kemungkinan kebutuhan dari bidang-bidang yang lain.
Industri kreatif Game secara nasional maupun global merupakan masa depan yang menjanjikan bagi lulusannya. Jika ditambah dengan keahlian wirausaha, maka bukan tidak mungkin, industri kreatif Game di tanah air dapat berkembang dan bersaing dengan negara lain.
Beberapa universitas di Indonesia juga mulai mengikuti perkembangan tersebut, dengan membuka bidang studi Game Technology di bawah Fakultas Komputer, Arsitektur, ataupun Teknik. Di Semarang, Unika Soegijapranata termasuk salah satu perguruan tinggi yang mendukung bidang ini.
Ke depannya, akan banyak produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh tangan-tangan kreatif bangsa kita. Selain itu juga diharapkan mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian Indonesia. (Ridwan Sanjaya)

4 komentar:

Anonymous said...

Hallo mas bro, boleh minta tolong ajarin cara bikin blog seperti ini, http://blogridwan.sanjaya.org

Blognya bagus banget, domain .org
juga unik, mohon japri via email di: johamdani@yahoo.com

O iya rubrik mas ridwan di Suara Merdeka masih ada ga? thx

Nila said...

Anw, Angry girds februari 2012 kemaren jadian sama facebook ya gan? :)

kresnasikecil said...

Ada peluang berkarir di Gameloft Indonesia pak Ridwan, sila di cek dimari:

http://gameloft-sea.com/recruit

Location: Yogyakarta.

Ridwan Sanjaya said...

@anonymous: Rubrik Konek pindah hari Senin. Mangkalnya di halaman 19 ^_^

@Kresna: Thanks Pak... Kami akan informasikan ke mahasiswa GameTech Unika

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...