20 July 2009

Main Facebook Pakai Ponsel

(dari HP Jadul sampai HP Canggih)

 

cover Pada saat roadshow buku Creative Facebook for Business tiga kota di Yogyakarta, muncul pertanyaan dari pendengar radio Sonora FM mengenai penggunaan Facebook melalui ponsel. Meskipun sebetulnya sederhana, namun pertanyaan tersebut mengundang minat saya untuk mengetahui lebih lanjut seberapa besar minat dan ketertarikan pengguna Facebook bermain-main melalui ponsel.
Ternyata, hasilnya cukup mengejutkan. Sebagian besar teman-teman, terutama yang tinggal di kota besar, menyatakan cukup senang dengan akses Facebook melalui ponsel. Mereka mengatakan biaya internet yang semakin terjangkau, membuatnya tidak ragu-ragu lagi menggunakan Facebook melalui ponsel canggihnya.


Namun bagaimana dengan mereka yang tidak mempunyai ponsel canggih? Ponsel yang selama ini digunakan hanya bisa untuk telepon dan SMS. Apakah diberikan hak yang sama dalam mengakses Facebook?

Facebook rupanya sudah berjalan pada arah bisnis yang benar. Jumlah pengguna ponsel saat ini sudah beberapa kali lipat dari jumlah pengguna komputer dan internet. Bahkan sebagian besar pengguna ponsel pernah menggunakan SMS dalam hidupnya. Dengan menyediakan fitur SMS, maka makin banyak masyarakat yang bisa dijaring ke dalam Facebook.
Meskipun belum banyak operator ponsel yang bekerjasama dengan Facebook, ternyata banyak juga yang telah mencoba dan merasakan bisa menikmati layanan itu. Bahkan rela berganti kartu SIM untuk bisa mengakses Facebook melalui SMS.
Hanya saja, informasi yang tidak tersebar merata ini membuat masyarakat berpikir bahwa pengaturan Facebook melalui SMS tidaklah mudah. Iklan yang dipasang di jalan-jalan maupun di internet tidak cukup menjelaskan fasilitas ini.
Untuk itulah, buku ini disusun. Diharapkan, dengan adanya buku ini, pembaca dapat mengetahui teknis penggunaan fitur-fitur di dalam Facebook melalui ponsel, baik ponsel canggih dengan fitur lengkap maupun ponsel jadul dengan fitur SMS saja.

Toko Online yang bisa dikunjungi:

5 komentar:

escoret said...

aku juga pke hp kok om..buat main2 FB..hahhahaha

om .selamat ulang tahun ya..???

*telad*

Ridwan Sanjaya said...

Hehehe Thanks mas Pepeng...

rekan dan sahabat bisnis online | purwokerto said...

yaaah syukuri aja bos...kita masih bisa pake lewat hp kok, kalo yang belum punya hp dengan fasilitas internet, ya maen ke warnet..hehehhehe....

riezs said...

chatingan /obrolan di fb pake hp...? siapa bilag ga bisa.., bisa kok!!! download aja aplikasi ebuddy untuk hp kamu, trus chating deh.

Ridwan Sanjaya said...

@mas Riezs: Betul. Informasinya bisa dibaca pada http://blogridwan.sanjaya.org/2009/07/facebook-chat-di-dalam-ponsel.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...