24 April 2013

Facebook Home, Manjakan Pengguna

(Suara Merdeka – Rubrik Konek, Senin 15 April 2013)

facebook-home1 Beberapa media massa sempat menduga Facebook akan meluncurkan ponselnya sendiri ketika mereka menerima undangan untuk mengunjungi rumah (home) baru Facebook. Ternyata, ketimbang membuat ponsel sendiri, Facebook memilih untuk membuat semua smartphone menjadi gadget berbasis Facebook dengan meluncurkan Facebook Home pada 4 April yang lalu.

Facebook Home, yang baru saja diluncurkan di kantor pusatnya di California tersebut merupakan jawaban dari rumor yang selama ini beredar di masyarakat mengenai ketertarikan Facebook untuk membuat ponsel sendiri.

Aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh gadget berbasis Android ini akan mengubah layar gadget pada saat aktif maupun terkunci dengan tampilan dari Facebook yang disebut sebagai Cover Feed.

Dengan adanya tampilan tersebut, gadget akan menampilkan kabar terbaru yang biasanya muncul di halaman beranda dari akun Anda di Facebook disertai gambar atau foto yang memenuhi layar dan tulisan mengenai kabar baru tersebut.

Meskipun tampil di layar terkunci, Anda tidak harus membuka kunci gadget terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi tersebut karena semuanya ditampilkan secara otomatis mengikuti perkembangan terbaru dari akun Anda di Facebook.

Komentar atau aktivitas menyukai status dapat langsung dilakukan di tampilan tersebut dengan menggunakan sentuhan dua kali (double tap). Bahkan ketika Anda sudah melepas kunci gadget dan masuk ke dalam folder aplikasi, Cover Feed tetap berjalan seperti biasa sebagai latar belakang dari tampilan gadget.

Meskipun sudah tampil di kedua layar yang biasanya dipandangi dan diakses oleh pengguna gadget, inovasi Facebook tidak berhenti sampai di situ. Ketika ada pesan baru melalui Facebook Chat, notifikasi akan ditampilkan dengan memunculkan foto teman di tampilan atas layar.

Anda dapat langsung menanggapi pesan baru tersebut dengan menyentuh foto teman untuk membuka tampilan obrolan dan berbicara lebih lanjut di dalam fitur yang disebut dengan Chat Heads.

Dominasi Facebook

Semua fasilitas yang ditambahkan di dalam Facebook Home tersebut membuat gadget Android kita serasa seperti keluaran dari Facebook. Dominasi aktivitas di Facebook sangat terasa dari awal layar terbuka sampai di setiap aktivitas dalam gadget yang kita gunakan.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi pengguna yang masih aktif di Facebook sampai saat ini dan selalu mengikuti perkembangan berita di beranda Facebook. Integrasi tampilan dari layar terkunci sampai di dalam folder aplikasi sangat memudahkan penggunanya dalam memantau aktivitas teman-temannya di Facebook, baik secara sengaja maupun sepintas lalu.

Namun bagi pengguna gadget yang bukan tergolong aktivis di dalam Facebook atau mempunyai teman-teman yang sering menampilkan status atau gambar-gambar yang tidak pantas, fitur-fitur di dalam Facebook Home tentu saja cukup mengganggu.

Semua aktivitas terbuka secara transparan baik di layar aktif maupun pada saat terkunci. Kecuali jika Anda memutuskan untuk tidak mengikuti atau tidak menampilkan berita dari teman-teman tersebut, dengan mematikan tanda cek Show in News Feed pada saat menekan tombol Friends di halaman profile teman tersebut.

Keleluasaan Facebook untuk mendominasi tampilan layar tidak lepas dari keterbukaan Android dan tidak ketatnya pengawasan dari Google sebagai pengembang system operasi Android. Berbeda dengan Apple yang sangat ketat dalam mengontrol konten yang ada di iOS.

Sehingga selain dibutuhkan kemitraan, Facebook juga harus rela untuk menerima apapun yang diputuskan oleh Apple, termasuk menghapus atau menghilangkan fitur yang sudah dikembangkan di sistem operasi lain.

Ponsel Pendukung

Namun Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook juga belum memberikan kepastian akan adanya pengembangan Facebook Home untuk sistem operasi Windows Phone dan BlackBerry yang tentunya lebih terbuka dibandingkan iOS.

Selain Windows Phone, BlackBerry, dan iOS, tampaknya beberapa gadget Android juga harus bersabar menunggu karena dukungan Facebook Home baru tersedia untuk beberapa tipe smartphone tertentu seperti HTC One, HTC One X, Samsung Galaxy SIII, dan Samsung Galaxy Note.

Selain HTC dan Samsung, pengembangan berikutnya dipastikan akan berlanjut untuk smartphone Sony yang juga telah ikut menjalin kerjasama dengan Facebook untuk penyediaan aplikasi tersebut.

Pada saat peluncuran aplikasi Facebook Home, HTC First yang mulai diedarkan di Amerika pada 12 April, diklaim sebagai smartphone pertama yang menyertakan Facebook Home secara langsung.

Namun pengguna tetap diberikan kebebasan untuk terus menjalankan Facebook Home atau mematikannya jika tidak dibutuhkan melalui menu pengaturan yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Jika Anda mempunyai gadget dengan merek-merek tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunduh Facebook Home yang mulai tersedia secara gratis di Google Play mulai 12 April 2013.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan segera muncul beberapa aplikasi Facebook Home yang dikustomisasi sendiri oleh orang-orang kreatif di internet untuk mendukung instalasi aplikasi tersebut di berbagai gadget lain berbasis Android.

Facebook juga merencanakan untuk melakukan update secara rutin setiap bulan untuk memperbarui versi Facebook Home serta menambah dukungan terhadap gadget-gadget yang lain untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut. (Ridwan Sanjaya)

Download: Suara Merdeka 15 April 2013

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...